Bangka Belitung, Travelling

Kelenteng Sang Dewi Laut

Sebetulnya tujuan perjalan hari ini adalah mengikuti jejak napak tilas laskar pelangi. Mengunjungi tempat-tempat yang ada di novel Laskar Pelangi , terutama SDN Muhamadiyah Gantong. Namun karena perjalanan melewati daerah Manggar rasanya tak ada salahnya mampir ke Kelenteng Dewi Kwan Im yang terohor merupakan kelenteng terbesar di Belitung Timur.

Keunikan kelenteng ini adalah letaknya , dibangun 200 meter di atas permukaan lain. Membuat kelenteng ini terlihat menonjol di daerah perbukitan. Dengan arsitektur khas china dan warna merah menyala dengan patung naga berwarna hijau di pilar-pilarnya.

Kelenteng yang memiliki usia lebih dari 253 tahun dibangun oleh para perantau cina untuk menghormati Dewi Laut agar perjalanan mereka dalam pelayaran selalu dilindungi Oleh Dewi Kwan Im.

Sayang sekali kali ini kami tidak bisa berlama-lama di Kelenteng yang berada di Kampung Mengkubang, Burung Mandi. Karena sore ini beberapa rekan dari Jakarta harus mengejar pesawat. Walaupun rasa pegal perjalanan 100 km dari Tanjung Pandan-Manggar  belum hilang, petualangan napak tilas sang laskar pelangi harus dilanjutkan.

 

RELATED STORIES

20 tanggapan untuk “Kelenteng Sang Dewi Laut”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar