Jambi, Kuliner

Mampir di Sate Amir

sate padang dengan aroma rempah melimpah
sate padang dengan aroma rempah melimpah

Kerinci memiliki kemiripan budaya dengan Sumatra Barat. Hal ini dikarenakan letak geografisnya berdekatan. Mayoritas pendatang di Sungai Penuh adalah orang Minang. Tidaklah heran jika secara budaya dan kebiasaan masyarakatnya sangat dengan budaya Minang.

sate amir tempat bebruru cita rasa dan nostalgia lama
sate amir tempat bebruru cita rasa dan nostalgia lama

Jadi tidak heran jika kuliner yang ada di sini mirip dengan yang ada di Sumatra  Barat  seperti sate padang atau dendeng batokok . Salah satu sate padang yang terkenal di Sungai Penuh  adalah sate Amir. Konon usaha ini sudah ada sejak 50 tahun yang lalu dan sekarang memasuki generasi ketiga. Tak heran jika hari raya tiba, raya warung sate yang berada di jalan Muradi ini dipenuhi pengunjung dari luar kota.  Selain cita rasanya yang lezat , warung ini dijadikan tempat untuk   bernostalgia bagi penduduk Sungai Penuh yang merantau.

sate padang amir diracik dengan 19 macam bumbu
sate padang  Amir diracik dengan 19 macam bumbu

Seperti kebanyakan masakan Sumatra Barat, rasa sate padang kaya akan bumbu dan rempah. Konon kuah kaldu kental yang mendampingi daging khas dalam ,  diracik  19 macam bumbu. Pantas saja rasanya sangat lezat dan aroma rempah yang melimpah.

Keunikan sate padang asal Kerinci ini, arang untuk memanggang bukan berasal dari batok kelapa tapi dari kayu manis. Inilah yang membuat cita rasa sate Amir berbeda dan khas dibandingkan sate padang di tempat lain.

Selain saus padang kental, di sini juga menyediakan sate dengan saus kacang manis pedas. Tak berlebihan jika saya merekomendasikan warung ini jika anda berkunjung ke Sungai Penuh. Soal harga relatif murah seporsi sate dengan lontong dihargai sepuluh ribu rupiah saja.

Rasanya tidak berlebihan jika warung Sate Padang Amir saya sebut warung sate penuh cita rasa dan romansa nostalgia. Mari mampir di sate Amir.

 

 

RELATED STORIES
Ikan Bakar Danau Kerinci
Si Manis Kayu Kerinci
Keramba Danau Kerinci
Makan Gulai Ikan Danau Kerinci?
Mampir di Sate Amir
Melayang di Bukit Khayangan
Hang Out Ala Sungai Penuh

Ranah Kayu Embun
Sawah, Danau dan Awan
Dendang Dendeng Batokok
Sensasi Soto Semurup
Masjid Kuno Kota Tua
Masjid Agung Pondok Tinggi
Batu Rajo
Masjid Keramat Tuo Lempur Mudik
Persawahan Lolo, Kerinci
Janji Leluhur, Danau Lingkat
Kayu Aru Runaway
Lunch Time Kayu Aru
Rainbow and Waterfall

23 tanggapan untuk “Mampir di Sate Amir”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar