Lontong Sayur Sungai Penuh

lontong sayur berlauk sala lauak
lontong sayur dan sala lauak

Tiap daerah memiliki keunikan kuliner. Judul makanan boleh sama “lontong sayur” tapi cita rasa dan penyajian bisa berbeda. Seperti yang saya jumpai pagi ini di Sungai Penuh, kota berhawa sejuh di sebelah barat propinsi Jambi.

Cita rasanya cenderung hampir sama dengan   masakan Padang yang pedas .  Pembeli bisa memilih kuah lontong yang diinginkan yaitu: sayur nangka muda atau pakis. CaraUntuk penyajiannya biasanya diberi sedikit mie kuning  serta kerupuk merah. Jika anda  suka bisa menyantapnya bersama Sala Lauak.

kedai lontong sayur di simpang Jl RE Martadinata dan Jl Depati Parbo
kedai lontong sayur di simpang Jl RE Martadinata dan Jl Depati Parbo

Pertama kali menyantap Sala Lauak ,mengira bahwa bola-bola gurih ini berasal dari ubi. Tapi setelah mencari beberapa referensi ternyata berbahan dasar tepung beras. Proses pembuatanya hampir mirip dengan pembuatan empek-empek ada’an. Tapi tentu saja Sala Lauak tanpa ikan dan untuk rasa hanya mengandalkan bumbu-bumbu. Untuk memperkuat rasa sebelum digoreng adonan bola-bola ini dicampur dengan potongan daun kunyit.

bola-bola Sala Lauak
bola-bola Sala Lauak

Keunikan lain lontong sayur di sini adalah bungkusnya. Biasanya lontong dibungkus dengan daun pisang berbentuk lonjong memanjang dan kedua ujungnya diberi biting (tusuk gigi dari daun kelapa). Tapi lontong di sini berbentuk kerucut kecil. Jumlah kerucut yang disajikan di piring tentu saja sesuai dengan selera. Tanpa di potong-potong lontong ini digulingkan di atas piring lalu disirim dengan kuah sayur. Cara menikmatinya sedikit demi sedikit lontong kita potong dengan sendok lalu disantap.

lupis manis panganan dari beras ketan
lupis manis panganan dari beras ketan

Selain menyediakan menu lontong sayur beberapa warung sarapan di kota Sungai Penuh juga menyediakan menu alternatif bagi anda yang tidak suka pedas. Makanan ini dikenal dengan nama lupis, sesuai dengan bentuknya segitiga. Terbuat dari beras ketan berbungkus daun pisang lalu di beri lumuri kelapa parut dan saus gula merah.

Setiap daerah memiliki keunikan kuliner masing-masing baik cita rasa dan penyajian. Dan pastinya akan memperkaya pengalaman kuliner bagi penikmatnya. Seperti pengalaman baru saya pagi ini ketika pertama kali menjejakan kaki di Sungai Penuh.

7 pemikiran pada “Lontong Sayur Sungai Penuh

  1. hahaha lupis yach tetep sama, cm kmrn nemunya yg ketan merah yach, biasa di padang ada yg ketan hitam jg, kalo dikota lain gw nemunya plg yg dari ketan putih doank …
    gw lupa ngajakin, kmrn di pasar ada gerobak yg jual “kampiun” lho, campuran beberapa bubur (kacang padi, pulut hitam, sumsum, lupis, pulut + srikaya, kolak pisang) … mantrapss, my fave itu yg di pasar Solok ama di pasar Padang Panjang … di padang sendiri gak tau dimana yg enak 😀
    **xixixi, ketauan tukang ubek2 pasar yach ^.^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s