Jambi, Travelling

Hang Out Ala Sungai Penuh

naik bendi keliling kota juga seru
naik bendi keliling kota juga seru

‘”Ga ada Mall? Terus kita hang out di mana?” Mungkin ini pertanyaan muncul ketika seorang Anak Baru Gede asal kota besar kita ajak ke kota kabupaten. Bagi mereka yang terbiasa hidup dengan fasilitas serba ada “one stop living” seperti Mall , kota kecil bukanlah tempat yang asik untuk bersenang-senang. Tapi coba kita lihat bagaiamana anak muda di sini bisa bersenang-senang dimanapun asalkan kreatif, termasuk di Sungai Penuh Jambi.

Kincai Plasa. Mungkin pusat perbelanjaan ini tidak senyaman mall di kota besar dengan pendingin udara. Tapi di sini kamu bisa mendapatkan beragam barang kebutuhan  terutama fashion. Untuk harga juga relatif murah asal pandai menawar. Kualitas barang juga tidak kalah dengan yang ada di mall. Apalagi barang-barang khas tradisional seperti bordir asal Bukit Tinggi.

tugu adipura
tugu adipura
tempat pasar malam dan jajanan rakyat di malam hari
tempat pasar malam dan jajanan rakyat di malam hari

Menyebrang satu blok dari Kincai Plasa, kamu akan menemukan sebuah tanah kosong dengan monumen patung Mayjen H.A. Thalib. Pejuang asal bumi sakti alam kerinci yang hidup pada tahun 1918 sampai 1973. Pada malam hari tanah kosong ini di sulap menjadi arena pasar malam dan pusat jajanan selera rakyat. Kamu bisa mengajak adik atau keponakan yang berusia balita untuk bersenang-senang. Beragam wahana seperti istana balon, pemancingan ikan anak-anak dan lokomotif mini tersedia dari sore sampai malam hari.

suasana kota Sungai Penuh
suasana kota Sungai Penuh
wall climbing arena dan jam gadang disamping lapangan merdeka
wall climbing arena dan jam gadang disamping lapangan merdeka

Lapangan besar di tengah kota atau yang di sebut alun-alun merupakan pusat aktivitas warga. Beragam aktivitas mulai dari olahraga, hiburan, keagamaan (sholat Ied), sampai aktivitas pemerintah (upacara ) bisa dilakukan di sini. Ternayat bisa juga menjadi spot anak muda untuk melakukan aktivitas. Lihat saja di satu ujung lapangan dekat jam gadang, sebuah papan wall climbing tersedia untuk aktivitas outdoor anak muda yang kreatif.

terminal kota Sungai Penuh
terminal kota Sungai Penuh

Masih bingung mau hang out kemana? Coba ke daerah perkebunan teh di Kayu Aru atau daerah Lempur yang memiliki keunikan bangunan lama tempo dulu. Masih bingung juga karena tidak punya kendaraan pribadi. Nah di dekat pasar Tanjung Bajure kan dari terminal  dari situ kamu bisa naik kendaraan umum ke tempat wisata yang ada kota Sungai Penuh dan kabupaten Kerinci.

So tunggu apalagi. Siapkan diri kamu buat berlibur ke Sungai Penuh dan bersenang-senang di sana.

 

 

RELATED STORIES
Ikan Bakar Danau Kerinci
Si Manis Kayu Kerinci
Keramba Danau Kerinci
Makan Gulai Ikan Danau Kerinci?
Mampir di Sate Amir
Melayang di Bukit Khayangan
Hang Out Ala Sungai Penuh

Ranah Kayu Embun
Sawah, Danau dan Awan
Dendang Dendeng Batokok
Sensasi Soto Semurup
Masjid Kuno Kota Tua
Masjid Agung Pondok Tinggi
Batu Rajo
Masjid Keramat Tuo Lempur Mudik
Persawahan Lolo, Kerinci
Janji Leluhur, Danau Lingkat
Kayu Aru Runaway
Lunch Time Kayu Aru
Rainbow and Waterfall