Kepulauan Riau, TIps, Video

Vlog – Pengalaman Membuat Paspor dengan Aplikasi M-Paspor di Kantor Imigirasi Kelas I Batam

Bagi teman-teman yang ingin membuat (baru) atau perpanjang paspor di kantor imigrasi kelas 1 Batam, silakan membaca/ menonton artikel berikut. Vlog ini dibuat semudah mungkin untuk memberikan gambaran bahwa membuat/memperpanjang paspor jaman now gampang banget Bestie.

Setelah mati setahun lebih karena expired dan tidak diperpanjang, akhirnya bulan Agustus ini saya resmi memiliki paspor (masih) hijau setebal 48 halaman. Saya baru tahu kalau sekarang mengurus perpanjangan paspor hanya menggunakan e-ktp dan paspor lama saja . Kondisi ini berlaku untuk paspor keluaran di atas tahun 2009. Jadi bagi yang sudah pernah membuat paspor di bawah tahun 2009 tetap membawa berkas yang lumayan banyak seperti : ijasah , surat menikah , kartu keluarga, e- ktp , surat keterangan kerja, surat domisili dan lain lain.

Aplikasi M-Paspor yang terintegrasi dengan semua kantor imigrasi di seluruh Indonesia juga memudahkan pembuatan paspor. Kalau dulu hanya beberapa kantor imigrasi di Indonesia yang sudah melakukan digitaliasi, pendaftaran pembuatan paspor dengan menggunakan aplikasi whatss up.

Sekarang semuanya di satu aplikasi. Cukup memasukan biodata dan mengunggah softkkopi yang disyaratkan kita dapat melakukan pengajuan pembuatan paspor. Jenis paspor pun tergantung ketersediaan dan bisa dilihat dimana saja yang bisa memberikan pelayanan pembuatan e-paspor.

Waktu dan lokasi interview bisa disesuaikan dengan waktu kita. Dari sistem kita bisa melihat jumlah kuota masing-masing kantor imigrasi dan kita berada diurutan ke berapa. Setelah diberikan kode billing, pembayaran dilakukan secara online. Jangan lupa untuk membawa bukti pembyaran , berkas syarat pembuatan paspor dan pernyataan kevalidan data yang didownload di aplikasi.

Datang lebih awal ke kantor imigrasi sesuai undangan paspor yang diberikan, jangan lupa untuk mendownload atau mengcapture bar code atau mencatat kode pendaftaran yang nantinya akan digunakan untuk mengambil antrean di imigrasi.

Saat datang ke imigrasi kenakan pakaian rapih dan sopan , kemeja berkerah untuk laki-laki, alas kaki sepatu, untuk wanita tidak menggunakan celanan pendek atau rok mini.

Kantor Imigrasi Kelas I Batam

Banyak yang berubah dengan kantor imigrasi kelas I Batam terutama fasilitasnya yang makin kece. Detailnya tonton video berikut ya.

Tapi untuk ketatnya prosedur kantor imigrasi ini luar biasa, tapi bisa dimaklumi karena Batam merupakan pintu gerbang Indonesia ke luar negeri dan banyak kasus perdagangan manusia. Jadi maaf bagi teman-teman melakukan tindakan manipulatif untuk membuat paspor bisa ditindak secara hukum, misal menggunakan dokumen dan informasi palsu saat wawancara.

Lima tahun lalu saya pernah melihat seorang wanita ketahuan menggunakan kartu keluarga palsu saat wawancara. Ditenggarai beberapa data pribadi seperti tempat dan tanggal lahir di masing-masing dokumen berbeda-beda. Ternyata yang membuat kartu keluarga palsu oknum ketua RT tempat ia tinggal.

Dan sekali lagi maaf kemungkinan pembuatan paspor tidak diluluskan akan terjadi jika dicurigai pembuatan paspor untuk bekerja secara ilegal di luar negeri atau mengunjungi teman/pacar/gebetan/pacar halu di luar negeri yang disinyalir aktivitas perdagangan manusia.

Mohon maaf sekali, hal seperti ini banyak terjadi di Batam. Banyak yang bucin atau benar-benar sengaja membucinkan diri demi segenggam berlian dan sesuap nasi. Jadi jangan kaget jika ada persyaratan tambahan untuk memperpanjang paspor seperti surat keterangan kerja atau surat keterangan domisili untuk menghindari hal-hal di atas.

Berikut vlog perpanjangan paspor di kantor imigrasi kelas 1 Batam , semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar.

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s