10 Gelaran Wisata Kepri Favorit Wisatawan Mancanegara

Tidak terasa sudah 4 tahun tinggal di pulau Batam yang secara administratif bagian dari propinsi Kepulauan Riau. Saya tidak menyangka tinggal di batas negara akan seseru ini dan menyaksikan beragam gelaran wisata.

Tahukah kamu bahwa beberapa atraksi wisata di Kepulauan Riau, tidak hanya menarik wisatawan domestik namun melibatkan wisatawan mancanegara sebagai pesertanya. Jadi tidak mengherankan beberapa atraksi wisata lebih dikenal wisatawan mancanegara ketimbang wisatawan domestik, bahkan ditunggu-tunggu kehadirannya. Berikut 10 atraksi wisata favorit perbatasan Kepulauan Riau.

  • Nongsa Regatta – Batam
    Perlombaan adu cepat kapal yacht yang memanfaatkan angin utara ini berlangsung di Selat Singapur. Awalnya Perlombaan ini bertajuk Singapore Straits Regatta namun kini menjadi Nongsa Regatta dan menjadi agenda wisata tahunan Indnesia yang paling ditunggu oleh penghobi yacht di Asia Tenggara, terutama Singapura. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan wisata bentang bahari Indonesia yang kini menjadi primadona di kalangan pecinta olahraga bahari.
  • Kenduri Melayu – Batam
    Pesta seni yang diinisiasi sejak tahun 1999 semakin mengukuhkan Kepulauan Riau sebagai tempat lahirnya akar budaya Melayu. Negara-negara yang memiliki garis budaya yang sama rutin hadir di gelaran yang mempertontonkan aneka pentas seni seperti : tari, musik, puisi dan drama. Selain itu acara ini menjadi ajang silaturahmi negara-negara yang memiliki akar budaya sama, seperti : Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand, Kamboja serta Indonesia. Menyaksikan pagelaran ini langsung, saya semakin makin yakin bahwa pertautan hati memang berasal dari pertautan budaya
  • Kenduri Laut Pulau Pemping
    Pulau yang berbatasan dengan wilayah Singapura ini sebagian besar penduduknya adalah nelayan. Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada Yang Maha Kuasa, warga Pemping mengadakan kenduri laut dengan makan bersama di pinggir pantai dan menggelar aneka perlombaan kapal tradisional. Dalam kegiatan tidak hanya warga Pemping saja yang hadir namun warga dari pulau sekitar seperti Belakang Padang, Kasu, Buluh, Bulang dan Batam turut memeriahkan pesta rakyat yang digagas oleh pemerintah daerah.
  • Ironman 70.3 – Bintan
    Sebagai perlombaan triathlon bergengsi tingkat dunia, Ironman 70.3 yang berlangsung di Lagoi Bintan melibatkan atlet dari 52 negara masuk dalam 10 besar kalender iven wisata Indonesia karena mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Kompetisi adu kekuatan fisik ini menempuh jarak 70,3 mil atau setara dengan 112,9 kilometer. Pada etape pertama, peserta akan berenang sejauh 1,9 kilometer. Lalu mereka akan bersepeda sepanjang 90 kilometer dan lari sepanjang tiga lap menjangkau jarak 21 kilometer. Dan gelaran ini merupakan series triathlon tingkat dunia yang nanti pengumpul poin tertinggi berhak untuk mengikuti perlombaan final di Amerika Serikat. Jadi tidak mengherankan pesertanya ribuan dan berasal dari berbagi penjuru dunia
  • Festival Pulau Penyengat – Tanjung Pinang
    Pulau yang merupakan akar budaya bahasa Melayu ini memiliki festival tradisional yang wajib ditonton. Aneka perlombaan tradisional seperti: kuliner melayu, membaca puisi serta pantun hingga permainan tradisional hadir dalam sepekan dan membawa kita seolah berada di pulau Penyengat tempo dulu. Tapi favorit saya adalah permainan tradisional seperti : tangkap bebek, perahu jong, gasing dan gebuk bantal.
  • Festival Layang Layang – Bintan
    Tahukah kamu dengan destinasi wisata kekinian gurun pasir Busung di Bintan? Selain sedang ngehits tempat wisata bekas tambang pasir ini kini menjadi tempat festival layang-layang yang diikuti oleh 5 negara. Selain mempertontonkan keindahan warna dan bentuk layang-layang, adu tangka layang-layang dengan benang gelasan menjadi partai yang dipertandingkan. Seru kan, bayangkan langit biru dan gurun pasir putih dihiasi aneka layang warna-warni.
  • Festival Jong Batubesar – Batam
    Jong adalah perlombaan perahu layar replika tradisional khas Melayu. Tanpa awak dan tanpa mesin kapal layar mini ini dapat berlayar di atas lautan. Konon ada ritual mistis dalam pembuatan dan memainkannya namun pada kenyataannya semuanya mengandalkan presisi desain perahu dan merupakan teknologi tradisional dari nenek moyang yang masih diterapkan hingga saat ini. Tidak mengherankan beberapa penghobi jong dari negara tetangga belajar membuat perahu Jong ke Batubesar. Penasaran dengan festival perahu jong terbesar, kamu dapat melihatnya di Batubesar Batam, Kepulauan Riau.
  • Festival Bahari Kepri – Tanjung Pinang
    Salah satu perlombaan favorit di festival ini adalah perlombaan perahu naga yang berlangsung di sungai Carang Tanjungpinang. Dulunya sungai Carang merupaan pusat perdagangan dan kebudayaan di Riau yang tersohor, tidak mengherankan di kawasan ini masih ditemukan bukti arkeologi seperti potongan keramik China dan beberapa batu bata bekas bangunan kerajaan. Jika ratusan tahun lalu kapal dari berbagai negeri datang untuk berdagang di sungai Carang, kini perahu datang untuk berlaga membuktikan siapa yang tercepat
  • BaJafash (Batam Jazz Fashion) – Batam
    Tidak banyak yang tahu Batam memiliki gelaran musik jazz yang dikombinasikan dengan peragaan busana. Musisi yang hadir tidak hanya berasal dari dalam negeri dan Asia Tenggara, beberapa musisi internasional seperti Incognito hadir di acara yang kini digelar setiap tahunnya. Gelaran ini juga mempromosikan produk fashion dan desainer Indonesia dikancah internasional, hal ini dibuktikan dengan beberapa nama desainer yang semakin terkenal sejak berpartisipasi di Bajafash. Belakangan panitia juga mengadakan workshop musik yang dibimbing oleh musisi jazz kenamaan tanah air. Wow Batam keren banget kan?
  • Nongsa Carnival – Batam
    Terinspirasi dari Jember Carnival dan Batam Carnival, Nongsa Carnival hadir di kawasan resor premium pulau Batam. Uniknya pagelaran busana fantasi ini menggunakan run away jeti sepanjang 220 meter dan langsung menghadap Selat Singapura. Seperti sebuah fashion show “spesial”, Nongsa Carnival selalu dinanti oleh wisawatan dari negeri tetangga yang penasaran dengan budaya Indonesia.

Atraksi wisata Kepulauan Riau memang unik dan berbeda dengan tempat lain di nusantara. Letak geografis yang strategis memang memungkinkan Kepri menjadi salah satu destinasi wisata atraksi dan iven berskala internasional.

Lalu kira-kira di tahun 2019 bakala ada gelaran seru apalagi di Kepri. Semakin penasaran dengan Kepri, mari bertandang ke Kepri dan nikmati wisata atraksinya.

Referensi

  1. https://dananwahyu.com/2018/02/01/3rd-wonderful-indonesia-nongsa-regatta-dentuman-adrenalin-di-atas-rona-circa/
  2. https://dananwahyu.com/2016/09/13/kisah-foto-wonderful-indonesia-ironman-70-3-bintan-2016/
  3. https://dananwahyu.com/2016/02/23/balik-lensa-festival-pulau-penyengat/
  4. https://dananwahyu.com/2016/10/24/festival-bahari-kepri-2016-geliat-naga-air-sungai-carang/
  5. https://dananwahyu.com/2017/04/03/incognito-asia-tour-2017-menikmati-jazz-akhir-pekan-batam/
  6. https://dananwahyu.com/2016/09/23/3rd-nongsa-carnival-2016-fantasi-atas-air-menghadap-dua-negara/

31 Comments on “10 Gelaran Wisata Kepri Favorit Wisatawan Mancanegara

  1. festival festival yang paling kece menurutku Ironman
    paling banyak nelen fisik dan mental tuh kak..
    btw baju batik karnivalnya Solo banget heheh

    Suka

  2. wah seruuu. aku penasaran sama Kenduri Laut Pulau Pemping .. kalau di jawa labuhan laut atau petik laut namanya

    Suka

  3. omg are they really catch the duck ? so colorful on the sea.. what a nice traditional game.. i saw white man also there. is it open to all countries to take part ? hmmph the outfit look amazing too.. just WOW !

    Suka

  4. Wah! banyak juga acaranya ya.

    Dan untuk Nongsa Regatta nanti, saya telah dijemput oleh pihak Tourism Batam untuk bersama-sama dalam acara ini pada 5-7 Februari nanti. Kamu turut ada di sana?

    Suka

  5. wahhh nice picture, semua acara nampak sangat menarik, Saya ingatkan di Sarawak sahaja ada pesta Regatta..

    Suka

  6. wow! semua nampak sangat menarik! x sangka pulak banyak activiti kat sini yee

    Suka

  7. Oh meriahnya pelbagai pesta dan acara ya. Pastinya aktiviti semacam ini merancakkan aktiviti pelancongan dan ekonomi setempat selain mempopuparkan budaya yang unik ๐Ÿ˜

    Suka

  8. Saya pernah hadiri acara musi triboatton tahun lepas dan tahun ini inshaAllah saya akan berada di Lingga Neptune Renggata. Tak sabar nak tengok acara ini ๐ŸŒธ

    Suka

  9. Sis belum berkesempatan ke Batam. Best juga kalau kesana musim acara sebegini, boleh penuhkan masa melihat aktiviti yang menarik ini..Harap satu hari saya dapat kesana juga

    Suka

  10. Meriah ya festival di sana. Saya jugak teringin nak pegi batam. Ramai saja kenalan indonesia disini dari negara sana.. selalu cerita..

    Suka

  11. Cantiknya Batam. Aku belum pernah ke sana. Hopefully one fine day dapat sampai ke sana. I wanna explore the nature and culture there. Cannot wait for my turn

    Suka

  12. First of all,, I would to say that, Batam is beautiful! I never go to Batam and I really don’t know about these thing. When I came here, then now I know and it such a wonderful and good information for me. Thanks for the great sharing here! Hoping for one fine day, I can go there to explore more!

    Suka

  13. I’ve never been to Batam before but a lot of friend suggest me to visit there too. They say it’s a beautiful place. and this list of event, they look awesome!

    Suka

  14. seems like there’s many activities going on in Batam, i have not been there but i would love to go there someday! the layang layang looks so special and cute! haha

    Suka

  15. Wahhhh ternyata Batam merupakan salah satu destinasi wajib dilawati kalau ke Indonesia ya. Banyak sungguh tempat2 yang menarik boleh dilawati dan cantik untuk bergambar. Mahu lh ke sana nanti.

    Suka

  16. My! My! Who would have thought that there will be so many different types of interesting festivals and activities for everyone to enjoy. I personally would prefer the cultural ones. ๐Ÿ˜€

    Suka

  17. oh wow the event is so so nice. colorful, exciting, beautiful! It must be an enjoyable one hehe. I like all your pics here, very nice taken hehe

    Suka

  18. Insyaallah awal Februari nanti saya dan kawan-kawan akan ke Batam atas jemputan untuk hadiri satu acara. Insyaallah kalau berkesempatan bisa ketemu

    Suka

  19. Batam ni dekat je kan dengan Malaysia? Tapi i xpernah sampai lagi. Mt friends ada yg sampai ke sana untuk holiday. Banyak yang cakap best.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: