Sunset Carnival Beach Blast

3rd Nongsa Carnival 2016 – Fantasi Atas Air Menghadap Dua Negara

Wonderful Indonesia – Karnaval Nongsa tahun ini  mengusung sesuatu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bayangkan, pagelaran busana fantasi bertajuk Sunset Carnival Beach Blast  berlangsung di atas jeti (dermaga) kayu sepanjang 220 meter. Mungkin ini  yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Karnaval di atas air dengan pemandangan Laut China Selatan.

Sunset Carnival Beach Blast
Sunset Carnival Beach Blast
Ini lho catwalk di atas air sepanjang 220 meter
Ini lho catwalk di atas air sepanjang 220 meter

Para model berjalan di atas catwalk yang langsung berhadapan dengan negeri Jiran  ,  Singapura dan laut China Selatan. Sesekali kapal feri dari dan menuju Johor Malaysia terlihat hilir mudik di antara eloknya perairan internasional.  Wah kalau saya menjadi penumpang kapal feri pasti akan penasaran dengan kemeriahan di sini.

para model bersiap di ujung jeti Turi Beach Resort
para model bersiap di ujung jeti Turi Beach Resort

Sunset Carnival Beach Blast sebetulnya merupakan pilot project  Nongsa Carnival dan dijadikan kegiatan pembuka 3rd Nongsa Carnival 2016 yang berlangsung 17-19 September 2016. Tujuan acara ini untuk  mengundang lebih banyak wisatawan mancanegara ke Kepri pada umumnya dan Batam khususnya.

Secara geografis kawasan Nongsa berada di utara Batam sangat  berdekatan dengan Johor Bahru dan Singapura. Bukan mustahil jika nantinya Karnaval Nongsa yang digelar  rutin menjadi ikon baru kota Batam dan menjadi andalan wisata Kepri.

Tepat pukul 17:00 WIB lima belas model berjalan menyusuri run away dari ujung jeti hingga Island Bar . Puluhan fotografer, media dan blogger bersiap untuk mengabadikan momen berharga dengan kamera.

Silvia Hilda dalam balutan busana ratu laut selatan
Silvia Hilda dalam balutan busana ratu laut selatan

Silvia Hilda berjalan memimpin parade dengan pakaian berwarna hijau emas . Dalam balutan jarik dan kebaya  warna senada pemilik Silhouette Batam Model Agency membawa tongkat berkepala  bulan dan bintang. Bagai ratu  dari laut selatan,  inspirator dunia fashion di Batam ini membuka pagelaran dengan sangat apik.

lenggak lenggok perahu lancang kuning di atas jetty
lenggak lenggok perahu lancang kuning di atas jetty
9
para model sesekali berpose di tengah jeti

Berikutnya wanita berpakaian serba kuning dengan hiasan kepala bentuk kapal melangkah tak kalah anggun. Katanya desain baju ini terinspirasi dari kapal Lancang Kuning khas Melayu.

2 3

Jika diulik lebih dalam hampir semua desain mengusung ornamen dan desain khas Melayu. Seperti pakaian yang dikenakan oleh Endang Sumantri , GM Turi Beach Resort. Menggambarkan salah satu tokoh yang ada di dalam Mak Yong ,  merupakan teater khas Melayu.

Meski berakar pada budaya yang sama kesenian Mak Yong yang berkembang di Indonesia berbeda dengan Malaysia. Mak Yong yang berkembang di Bintan dan Batam menggunakan topeng untuk memperkuat  karakter dayang, raja , puteri, penjahat, setan, dan menggambarkan semangat. Jadi tidak mengherankan jika dalam beberapa pakaian karnaval disertakan topeng sebagai hiasan.

10
desir angin laut melambaikan gaun sang model
11
merekam ekpresi lebih dalam sang model melalui lensa tele

Jelang senja,  Sunset Carnival Beach Blast makin seru. Atlit flying board turut meramaikan suasana dengan mendemontrasikan kepiawaan di sisi jeti. Berjungkir balik dan bersalto di udara dalam temaram senja magenta. Ah atraksi akrobatik dan karnaval dua kombinasi pertunjukan luar biasa.

12
run away panjang di atas pantai Turi Beach
13
lentik jemari model bak penari di atas pentas

Tak ayal lagi, semua penonton yang kebanyakan media dan fotografer kebingungan menjatuhkan pilihan momen apa yang akan direkam. Tenang , semua momen bisa kamu rekam dengan mudah karena berdekatan lokasinya.

16

17

Saya sebagai blogger yang hobi membuat video cukup  kesulitan untuk mengambil gambar dan  video sekaligus. Karena semua momen begitu berharga dan sayang untuk dilewatkan. Beruntung kali ini saya berkolaborasi dengan Jekko Dessen dari planetheli.com untuk mengambil video dari udara.  Jangan lupa untuk menyimak videonya di bawah ini.

18
saat malam tiba bulan purnama menyinari pantai Turi Nongsa
19
atraksi atlet flying board di pantai Turi

Pesta baru dimulai teman, jangan pulang dulu. Malam harinya para tamu  dihibur dengan penampilan DJ seksi dan pesta kembang apir. Maaf ya nggak ada fotonya, takut  kalian para cowok gagal fokus lalu aku diceramahin emak netizer sedunia karena memajang foto tak senonoh.

Jangan lupa ya, ini baru hari pertama 3rd Nongsa Carnival , masih ada dua acara seru lagi yaitu : Indonesia Night dan Jong Race.

3rd-nongsa-carnival_1a_marcomm-002

8 pemikiran pada “3rd Nongsa Carnival 2016 – Fantasi Atas Air Menghadap Dua Negara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.