Wonderful Indonesia Cook Book By Turi – Catatan Jejak Rasa Nusantara

Wonderful Indonesia – Tak banyak resto atau hotel yang mau membuka rahasia dapurnya sendiri. Apalagi membuat buku resep makanan andalan lalu dibagikan kepada banyak orang namun tidak bagi Turi Beach. Resort yang berada di kawasan Nongsa blak-blakan menguliti tiap kisah rasa di buku bertajuk Wonderful Indonesia Cook Book By Turi .

Sejak tahun lalu   General Manager Turi Beach Resort Sumantri Endang berencana membuat dua proyek promo wisata yang bertujuan lebih memperkenalkan wisata Indonesia ke mancanegara . Pertama karnaval  di atas jeti dan  kedua buku resep  yang inspirasinya datang dari menu makanan di Sari Taming Cafe.

Semua menu makanan Sari Taming Cafe  didata hingga melahirkan 16 masakan Indonesia  pilihan yang terdiri  makanan pembuka, hidangan utama, dan penutup. Dalam setahun jumlah tamu mancanegara  resto ini mencapai 24.203 orang. Jadi bisa dikatakan menu terpilih adalah masakan yang paling disukai wisatawan mancanegara.

Masakan Indonesia yang kaya rempah dan lahir dari keanekaragaman budaya  mengundang rasa penasaran tamu penghobi kuliner. Jadi tak berlebihan jika Turi Beach Resor akhirnya merangkum 16 cita rasa dalam buku setebal 40 lembar.

Buku resep yang dibidani oleh Sumantri Endang turut melibatkan Amalia Amanda Kasih sebagai copy editor, Yosua Audi Paparang sebagai fotografer dan designer. Serta beberapa koki handal : Chef Landes Lubis, Chef Muhammad Falikul Arkham dan koko Jusro. Dibutuhkan  waktu sekitar 6 bulan untuk meneliti, melakukan studi , tes cita rasa, pemotretan hingga hingga pengeditan materi

Ketika pertama kali membuka buku bersampul hitam dengan ornamen sayur mayur saya langsung tersenyum, melihat beberapa menu favorit saya  ada di dalamnya.

Meski hanya sayuran rebus dengan bumbu kacang berempah tampilan gado-gado di Sari Taming Cafe benar-benar menggoda. Sayuran ditata apik dalam ruam potongan tahu-tempe dan bumbu kacang.

gado gada ala Tameng Sari Cafe , Turi Beach Resort
gado gada ala Tameng Sari Cafe , Turi Beach Resort

Favorit lainnya di Sari Taming Cafe adalah sop buntut . Meski tampilannya biasa biasa saja tapi soal rasa , mungkin yang terbaik di kota Batam. Jadi jika berlibur ke Turi Beach Resort tak akan sempurna jika tidak mencicipi sop buntutnya.

Sop buntut dengan campuran emping sayang dilewatkan
Sop buntut dengan campuran emping sayang dilewatkan

Rendang gurih pedas manis ini rasanya tak bisa saya lupakan ketika melewati makan siang di Sari Taming Cafe. Daging yang diolah pas ini berbalut bumbu spesial yang rasanya “ramah” untuk semua orang. Jika biasanya rendang terasa menggelegar pedas di lidah, di Sari Taming Cafe rasanya begitu pas. Jadi tidak mengherankan menjadi salah satu favorit wisatawan mancangera.

rendang manis pedas
rendang manis pedas

15 Oktober 2016, malam peluncuran Wonderful Indonesia Cook Book By Turi  terbilang unik dan seru. Selain diajak menikmati menu-menu khas nusantara. Beberapa tamu turut serta berkompetisi  memasak nasi goreng.

salah satu pasangan peserta lomba nasi goreng
salah satu pasangan peserta lomba nasi goreng
peserta lomba beraksi
peserta lomba beraksi

Sekitar setengah jam , tiga tim beraksi meracik  bahan makanan terbaik menjadi sajian penggoda iman nasi goreng. Penampilan peserta  live cooking ala seleb chef di televisi , mengundang antusias penonton yang kebanyakan media , blogger dan fotografi.

Aroma bumbu  ditumis serta beragam bahan olahan lainnya seperti telur dan  aneka seafood membuat saya tak bergeming dari arena lomba. “Wuih sedapnya…” Lubang hidung saya kembang kempis.

3

Meski hanya bermodal wajan dan sutil perlombaan ini tak kalah sengit. Buktinya sang dewan juri keningnya berkenyit keras berpikir untuk menentukan siapa pemenangnya. Namun siapapun pemenangnya semua peserta happy karena dapat menampilkan masakan terbaiknya malam ini.

Endang Sumantri mengumumkan pemenang lomba
Endang Sumantri mengumumkan pemenang lomba
kru Turi Beach Resort
kru Turi Beach Resort

5

Dan yang paling menjadi pusat perhatian tamu ini adalah booth “Yummi Wall”. Saatnya bergaya ala Chef lengkap dengan celemek dan topi kokinya :D.

chef cilik siap beraksi
chef cilik siap beraksi

Buk yang dibuat dalam bahasa Inggris ini sangat tepat untuk dikoleksi atau dijadikan buah tangan . Ah besok kalau saya travelling ke luar negeri , akan membawanya beberapa. Agar teman-teman bule saya dapat memasak kuliner Indonesia.

Paling penting semua resep yang ada dibuku ini cita rasanya sudah disesuikan dengan selera Internasional , jadi jangan ragu untuk memberikannya kepada siapapun.

Harga buku ini 50 ribu rupiah dan maaf hanya  dapat kamu dapatkan hanya di Turi Beach Resort.  ”

Tapi tidak menutup kemungkinan jika laris dan dicetak ulang buku Wonderful Indonesia Cook Book By Turi   akan tersedia di toko buku ” , ujar General Manager Turi Beach Resort , Sumantri Endang

Jejak rasa terbaik nusantara kini tak hanya kamu dapat nikmati di Sari Taming Cafe tapi bisa kamu buat sendiri di rumah :D. Selamat memasak !

blogger Kepri bersama Endang Sumantri
blogger Kepri bersama Endang Sumantri

Turi Beach Resort 
Nongsa, Batam
Tel +62-778 761 080
Fax +62-778 761 279
Email reservations@turibeach.com
SkypeMe turibeach

Mailing Address
Jl. Hang Lekiu, Nongsa
Batam – 29465, Indonesia

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

6 pemikiran pada “Wonderful Indonesia Cook Book By Turi – Catatan Jejak Rasa Nusantara

  1. Gado2nya cantik banget mas :))
    Menurut saya sih utk makanan tertentu walaupun ada resepnya, tetap aja Enak/enggaknya tergantung tangan yg masak jg.. mgkn itu pertimbangan mereka utk berbagi resep

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s