Curahan

Merangkum 7 Tahun Perjalanan Mangrove di Danone Digital Academy 2021

Saya sempat bingung ketika harus melaporkan progres tugas akhir DDA 2021, karena saya tidak merasa yakin dengan tema yang dipilih, “Kak boleh nggak saya ganti tema, sepertinya saya punya tema lain yang lebih dekat dengan saya… Hutan mangrove.”

Beruntung sang mentor setuju dan malam itu saya langsung mengorek-ngorek koleksi video perjalanan 7 tahun yang tertimbun di hardisk untuk kisah visual bertajuk, “Menebar Energi Baik di Hutan Mangrove”.

Danan Ikutan Danone Digital

Saya tidak pernah menyangka akan menjadi salah satu dari 50 konten kreator yang beruntung mengikuti kelas Danone Digital Academy, sebuah kegiatan edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman seputar isu kesehatan dan lingkungan di dunia digital.

DDA 2021 merupakan program kolaborasi Danone Indonesia dan KG Media sejak tahun 2017. Biasanya dilakukan secara offline dengan mengundang vlogger dan blogger untuk menghadiri sesi kelas dan kunjungan ke lapangan lalu membuat konten sebagai tugas akhir. Tapi tahun ini semuanya dilakukan secara daring alias online.

Awalnya saya iseng mendaftar DDA 2021 sebagai vlogger dengan mengumpulkan karya video daur ulang sampah plastik, program CSR kantor tempat saya bekerja. Karena program ini banyak diminati oleh konten kreator dari seluruh Indonesia. Siapa sih yang tidak mau, mendapat kesempatan belajar sekaligus jalan-jalan bertabur hadiah kece.

Email notifikasi masuk tanggal 15 Oktober 2021, dan saya harus melakukan registrasi dan memastikan tanggal 18-20 Oktober 2021 bisa menghandiri kelas online dari pagi sampai sore. Jeng… Jeng… Padahal tanggal 18 Oktober 2021 saya masih ada pekerjaan di Bintan walau status di kantor WFH (working from home). Tapi saya menguatkan hati saja semoga semua dipermudah walau hari pertama saya benar-benar tidak fokus karena harus melakukan shooting (cieee ngartis) dan perjalanan pulang melewati laut kadang blank spot.

Tapi Danan harus ikutan Danone Digital Academy ya!

Dangdutan Bareng Kelompok 4

Kelas daring? Duh masa sih sudah meeting online dari pagi sambung kelas online dari pagi sampai sore, apa nggak ngantuk? Mana materinya lumayan berat untuk ukuran konten kreator seperti saya yang isi blog dan vlognya nggak jauh-jauh dari , Hip Hip – Hura Hura dan La La Ye Ye.

Tema kesehatan dan lingkungan yang diusung dilatarbelakangi pada konteks lingkungan hidup adalah kesatuan antara makhluk hidup & non-hidup membuat saya harus mikir. Emang tadinya nggak mikir Kak bikin konten jalan-jalan ceria. Ya mikir tapi nggak seberat ini, karena usai presentasi narasumber yang kece-kece, setiap kelompok diwajibkan presentasi.

Untung sih aku punya teman-teman keren yang asik buat bekerjasama. Hari pertama kita masih malu-malu, apalagi aku. Hari ke dua bonding makin kuat, tanpa perintah detail kita tahu tugas masing-masing. Selama pemaparan materi sudah ada yang langsung merangkum, nyicil membuat tampilan presentasi sampai mendesain info grafis. Jelang hari ke tiga rasanya sudah pada nggak ada urat malu, eh malu-malu. Disuruh bikin yel-yel kita malah dangdutan bareng.

Rasanya belajar online 3 hari terasa sangat singkat, sejujurnya ini seperti ajang reuni bangi konten kreator (blogger dan vlogger). Ya kami sudah lama tidak ada famtrip sejak pandemi melanda.

Oh iya untuk materi tidak hanya isu kesehatan dan lingkungan hidup tapi bagaimana memaksimalkan vlog dan blog kita agar dilirik pembaca. Bagaimana membangun branding diri, ada juga beberapa kajian teknik ngevlog Raditya Dika. Pokoknya pematerinya keren-keren, nggak kaleng-kaleng kata orang Betawi :D.

Karya Akhir

Perjuangan membuat konten dimulai, setelah proses mentoring kami diberikan waktu tiga hari saja, kami diberikan waktu 4 hari saja untuk memproduksi karya. Tanggal 22 Oktober 2021 ada proses konsultasi mentor masing-masing kelompok.

Kalau boleh curhat, minggu itu adalah saat sibuk di kantor karena ada beberapa pekerjaan perbaikan coating pipa di lapangan dan menjadi witnes survei pelabuhan khusus. Beberapa kelas online dan proses konsultasi pernah saya lakukan di tengah lautan atau pulau.

Pulang dari lapangan malamnya mulai menyortir beberapa video yang akan diedit. Jujur saya tidak punya waktu untuk melakukan pengambilan gambar untuk projek tugas akhir. Beruntung punya koleksi video perjalanan 7 tahun yang siap untuk diaduk.

Beruntung saya terbiasa cepat mengedit video, jelang 12 jam sebelum deadline video sudah diunggah dipublish di kompasiana bersama artikel yang saya buat. Saya tak berharap banyak dari tugas akhir ini karena memang usaha teman-teman vlogger lain luar biasa.

Hari kelulusan yang dinanti akhirnya tiba. Walau dilakukan secara virtual tetap dong vlogge dan blogger semangat, apalagi bertabur hadiah dan games seru. Tapi lagi-lagi aku nggak fokus kak, nyambi kerja.

This image has an empty alt attribute; its file name is index3-1.jpeg

Makanya ketika diumumkan mendapat juara favorit kaya bangun tidur, kurang nyambung karena sedang rapat virtual lain :D. Alhamdulilah di tengah pandemi mendapat kesempatan belajar dan berkarya.

Video bertajuk ” Menebar Energi Baik di Hutan Mangrove” , sebuah kegelisahan melihat hutan mangrove di sekitar area kerja lalu terinspirasi sebuah perjalanan energi ke Cirebon. Seperti merangkai sebuah puzzle video berdurasi 5 menit ini tidak hanya menyajikan kisah indah tapi juga seacar visual.

Nggak sia-sia kerja bawa kamera dan duduk nungguin kamera untuk bikin video timelapse.

Terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberi kesempatan belajar saat pandemi, hingga tahun ke dua pandemi lebih berwarna. Terimkasih teman teman Danone Digital Academy 2021, terutama kelompok 4 yang bocor abis …

Semoga dapat segera meet up dan bikin video tik tok bareng.

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s