Swiss-Belhotel Jambi , Peraduan Sempurna Tanah Pesako Bertuah

Dananwahyu.com – Hamburan udara panas tanggal satu Ramadhan bagai ujian pertama bulan penuh hikmah dan barokah. Ia seolah menarik seluruh cairan keluar dari tubuh lalu menyisakan bulir keringat dan rasa haus di tenggorokan. Tak aneh jika kebanyakan orang memilih untuk tidur seharian,  berhibernasi menghemat energi sampi beduk magrib bertalu.

Namun beda dengan takdir kami, walau sekarang hari Sabtu saya harus berpanas ria menantang sinar matahari. Merunut berlahan  jalur panjang helikopter dari Batam sampai ke Jambi. Dan ketika kaki menyentuh Tanah Pesako Bertuah intuisi menuntun mencari tempat ternyaman di kota  Jambi.

 

Pemandangan kota Jambi dari atas helikopter
Pemandangan kota Jambi dari atas helikopter
Narsis dulu setelah mendarat bandara Sultan Thaha
Narsis dulu setelah mendarat bandara Sultan Thaha

Tanpa berpikir panjang saya dan Ganang (rekan kerja) langsung memanggil taksi ketika mendarat di bandara Sultan Thaha lalu meluncur ke Soemantri Brojonegoro. Ternyata air patrol saat puasa lumayan menguras tenaga, bayangkan dengan lambung kosong setelah hampir 12 jam kosong kamu harus terayun-ayun di udara. Kalau fisikmu tak prima asam lambung akan terpancing  keluar lalu melahirkan rasa mual hingga ke ulu hati.

Meja kerja santai di kamar Swiss-BelinHotel Jambi
Meja kerja santai di kamar Swiss-BelinHotel Jambi

Setelah 3 tahun meninggalkan kota ini ternyata banyak hotel baru, dari yang konsepnya tempat singgah, buget sampai  resor cantik. Salah satunya Swiss-Belhotel Jambi yang lokasinya  bersebelahan dengan toko buku jaringan . Tepat di depannya beridiri kafe paling hits dan berkelas kota Jambi. Tempat sempurna  untuk perjalanan bisnis atau luxury travelling.

Ranjang di kamar Swiss-BelinHotel Jambi nyaman banget
Ranjang di kamar Swiss-BelinHotel Jambi nyaman banget

Secara posisi hotel ini sangat strategis, terutama bagi pecinta kuliner. Jajanan kaki lima sampai tempat nongkrong gaul berkelas tersebar di jalan Soemantri Brojonegoro. Mau merasakan nuansa khas nongkrong murah meriah ala Jambi , jalan saja ke simpang Puley. Gerai pempek yang tersohor dan sate paling enak di Jambi bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Jendela besar di dekat kamar hotel
Jendela besar di dekat kamar hotel

Kamar Berjendela Besar

Desain interior kamar tak jauh berbeda  dengan hotel Swiss-Belhotel lainnya, furniter minimalis dengan fungsi maksimal dan warna-warna pastel yang menenangkan. Tapi tetap masih ada lemari berdaun pintu bukan hanya rak-rak bertingkat yang membuat kamar tak terlihat terlalu rapi.

Bilik ini juga dilengkapi beragam fasilitas pendukung mulai dari safe deposit, wifi super kencang, televisi plus saluran tv kabel dan paling asik jendela super besar. Begitu gorden dibuka pemandangan kota Jambi terpampang, langsung dong saya  ambil kamera dan tripod lalu bikin video timelapse. *eeh*

Meja kerja lengkung tepat di bawah  televisi memang terkesan sangat minimalis tapi sangat nyaman untuk  duduk menyelesaikan tugas kantor, eh ngeblog dink.  Apalagi sebuah kursi putar dengan warna biru eye catching setia menemani.

Perlengkapan tempur yang berantakan di kamar
Perlengkapan tempur yang berantakan di kamar

Karena hari ini puasa pertama menjelang sore saya tak banyak melakukan aktivitas, hanya tiduran manja di ranjang.  Maunya sih berenang di lantai santai  atau nongkrong di lounge tapi takut mengurangi nilai ibadah. Menjaga pandangan kak, coba bayangin kalau tetiba di kolam renang ada bikini wara-wiri, batal deh ibadahnya.

Penampakan kamar mandi Swiss-Belinhotel
Penampakan kamar mandi Swiss-Belinhotel

Hotel ini  memiliki 136 kamar mewah yang luas dari Deluxe, Business Deluxe, Executive Suite, Premier Suite dan President Suite. Mau pilih yang mana. Plis jangan nanya lagi kamu bobo sama siapa, itu ranjangnya dua kok sendirian. Cukup-cukup aku sudah lelah mendapatkan pertanyaan seperti itu, apalagi jelang Idul Fitri.

Nuansa Foto Hitam Putih

Sepanjang koridor menuju kamar tergantung foto-foto hitam putih dengan ukuran dan frame tak seragam. Terkadang beberapa ukuran foto tak lazim , seperti foto panorama panjang yang tergantung di dinding kamar.

Foto hitam putih tergantung di sepanjang lorong kamar
Foto hitam putih tergantung di sepanjang lorong kamar

Foto-foto ini tak hanya mengisi luasan dinding tapi juga memberikan ornamen unik yang membuat tamu seolah-olah berada di galeri. Apalagi beberapa koridor langsung menghadap ke dinding kaca. Dalam bentangan karpet warna abu-abu kaki saya melangkah berjalan pelan menyusuri tiap koridor layaknya di sebuah galeri.

Tempat Kongkow Seru

Jambi memang bukan kota besar seperti Jakarta, sebagian  penduduknya hobi nongkrong di cafe menanti kemacetan lalu-lintas  terurai. Namun seiring berjalannya waktu, budaya nongkrong  di kafe  menjadi bagian gaya hidup warga Jambi. Meski tak terlalu dominan, beberapa orang menyempatkan diri untuk bertemu klien atau teman di tempat yang nyaman dan cozzy.

The View Cafe & Resto , lokasi kongkow di roof top bangunan Swiss-Belinhotel
The View Cafe & Resto , lokasi kongkow di roof top bangunan Swiss-Belinhotel

The View Cafe & Resto salah satu nongkrong seru di hotel ini. Menempati roof top bangunan memiliki pemandangan 360 derajat kota Jambi. Pagi hari saat saya berkunjung kafe ini masih sepi, maklum saja jam beroperasinya dimulai pukul 11 siang. Apalagi siang  ini hujan menguyur deras kota Jambi, orang memilih tidur daripada ngafe.

Jika menginginkan kongkow bersama  teman dalam suasana yang lebih ciamik dan berkelas, di lantai satu dekat tangga lobi terdapat The Bar & Lounge. Televisi layar besar dan sound system berkualitas terpasang apik di ruangan ini. Membuat acara nonton bareng atau arisan menjadi lebih seru. Apalagi di salah satu sudut ruangan tersedia panggung mini tempat sajian live music beraksi.

Tempat nongkrong favorit saya balkon lantai dua, dekat pintu ruang rapat yang berjajar. Sepertinya ruang terbuka ini diperuntukan bagi perokok. Dari atas sini terlihat kolam renang dengan air berwarna biru yang menenangkan.

Masih di lantai yang sama terdapat pusat kebugaran dengan dinding sebagian besar kaca, jadi terlihat lebih lapang meski aslinya tak terlalu luas. Tapi jangan khawatir peralatan fitnes di sini cukup lengkap dan nyaman. Bagi kamu yang selalu peduli dengan kesehatan dan kebugaran tak perlu ragu untuk tinggal sini.

Bagaimana dengan makanannya. Wah maaf karena ketika  menginap di sini saat bulan Ramadhan jadi tidak sarapan. Dan karena waktu sahur  saya agak malas makan  jadi beberapa menu makanan  terabaikan. Padahal dari semua hotel yang saya singgahi selama Ramadhan, hanya Swissbelhotel yang menyediakan menu paling lengkap dan disajikan buffet.

Setelah tinggal sehari di hotel ini dan mencoba mengulik semua fasilitasnya, saya memberikan nilai 7 dari 10. Alasannya karena saya belum mencicipi seluruh sajian kuliner atau minuman baik di cafe maupun di lounge. Namun secara umum untuk  kebersihan, keamanan dan kenyamanan, Swissbelhotel Jambi di atas rata-rata untuk hotel sekelas di kotanya.

Fasilitas

• 5 Ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 300 orang
• 1 Ballroom dengan kapasitas hingga 1,200 orang
• Swiss-Café Restaurant
• Laundry and Dry Cleaning
• Valet Parking
• Akses Internet kecepatan tinggi di area lobby
• Business Centre
• 24-jam Room Service
• Spa and Sauna
• Gym and Health Centre
• Kolam renang dewasa dan anak
• Shuttle Service to and from Airport

Jangan lupa untuk menyimak ulasan video hotel di atas dan memberikan komentar serta like.

Swiss-Belhotel Jambi  
Alamat: Jl. Sumantri Bojonegoro, Payo Lebar, Jelutung, Kota Jambi, Jambi 36124, Indonesia
Telepon: +62 741 5913388
jambi-sbja@swiss-belhotel.com
http://www.swiss-belhotel.com/en-gb/swiss-belhotel-jambi

4 pemikiran pada “Swiss-Belhotel Jambi , Peraduan Sempurna Tanah Pesako Bertuah

  1. Hotelnya dekat dengan tempat kuliner ya? Ehmmmmm sangat menarik, terutama bagi saya yang akan kerap menarik kaos ke bawah dan ke samping…. Oh TIDAK! Body da ke mana-mana….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s