Liburan Sehat Singapura Dengan NParks Coast To Coast Trail

Beberapa tahun belakangan sport tourism menjadi tren baru di industri pariwisata dunia. Jadi nggak heran lagi kalau iven olahraga massal yang diikuti pecinta olahraga dari seluruh penjuru dunia seperti triathlon atau lari marathon laris manis. Nah buat kamu yang ingin tantangan yang sedikit berbeda cobain yuk NParks Coast to Coast Trail.

Jadi NParks Coast To Coast Trail merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu download di gawai apple atau android. Melalui aplikasi ini kamu diajak untuk menyelsaikan petualangan dari pantai Barat hingga pantai Timur Singapura. Serunya kamu akan diajak untuk menyambangi taman nasional negeri Singa yang banyak memiliki koleksi tumbuh-tumbuhan dan burung.

Ada 10 check point yang haru diselesaikan di jalur petualangan sejauh 36 km. Kalau kamu bosan dengan wisata Singapura dan aktivitas sport tourism tidak ada salah mencoba NPark Coast to Coast Trail.

Mulai Petualangan Dari Jurong Lake Garden

Bersama beberapa rekan traveler saya memulai petualangan Jurong Lake Garden yang berada di barat Singapura. Karena saya dan teman menginap di dari timur untuk sampai ke daerah ini kami menggunakan taksi.

Targetnya kami ingin memulai misi ini sepagi mungkin dan beruntung tepat pukul 6 kami sampai di Jurong Lake Garden. Sejujurnya misi kami juga nggak ambisus karena rencananya kami akan menyelesaikan tantangan 36 km selama dua hari.

Saya tidak pernah membayangkan jika Jurong Lake Garden seluas ini dan seasik ini untuk lari pagi. Danau luas dengan beberapa pulau kecil di tengahnya memiliki area publik yang memanjakan pengunjung.

Bayangkan aneka taman bermain anak, tempat nongkrong, fasiltas olahraga dan fitnes tersebar di setiap sudut.

Selain ini di sini banyak pohon dan tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai sarana edukasi. Nggak heran kita dapat menemukan beberapa buah jadul seperti genitu, gandaria, jamblang, kemang, kemunting dan lainnya.

Taman-taman di Singapura merupakan tempat tinggal beragam jenis burung yang memang dilindungi. Jadi tidak mengherankan taman-taman ini menjadi salah satu spot fotografi bagi pecinta lensa tele dan birding.

Karena keasikan menjelajah Jurong Lake Garden kami sampai lupa mencari check point pertama. Apalagi setelah melihat beberapa penduduk singapura berkebun di lahan mini.

Jadi untuk dapat bercocok tanam di lahan seluas 1 x 2 meter mereka harus menyewa lahan 130 SGD per tiga tahun. Dengan minimnya luas dan kondisi lahan maka beberapa penghobi pertanian ini menggunakan teknologi pertanian seperti hidroponik.

Waktu menunjukan pukul 11:00 tapi kami masih berputar-putar di danau depan Chinese Garden. Lalu dengan alasan lelah dan ingin cepat sampai ke check point selanjutnya kami cheating ke Bukit Timah dengan menggunakan taksi. Parah ya?

Late Breakfast di Bakery Brera

Selain jogging manja, kita ada misi lain untuk memenuhi hasrat kulineran. Jadi teman gua merekomendasikan salah satu toko roti di pasar Empress bernama Brera Bakery.

Toko roti sederhana ini menempati ruko di belakang pasar dengan memaksimalkan pelatarannya sebagai tempat nongkrong. Jangan heran kalau kebanyakan konsumennya ekspatriat alis bule. Karena keotentikan rasa roti dan pastry di sini bikin susah move on.

Jadi walaupun tempat makannya nggak representatif tetap aja ramai dan salah satu favoritnya adalah cruffins (croisant muffin). Kata teman gua yang sering wara-wiri ke luar negeri, roti-roti di sini tuh rasanya sama banget dengan di negara asalnya.

Jadi kalau kamu googling bakal banyak banget food blogger yang mereview Bakery Brera & Fine Foods dan menobatkannya di 10 besar toko roti terbaik di Singapura.

Usai late breakfast plus lunch akhirnya kami memutuskan untuk menyelesaikan misi sementara dan piknik ke Sentosa Island, menyaksikan pameran pasir bertajuk Sentosa Sandsation Starwars Edition.

Hari ke 2 Menuju Coney Island

Walau beberapa check point tidak tersambangi tapi di hari ke dua ini kami optimis akan menyelesaikan misi Nparks Cost to Coast Trail di Coney Island.

Tanpa membuang waktu, pagi-pagi kami berbegas menuju Pungol tepatnya Punggol Waterway Park. Sumpah begitu menyusuri sungai dengan taman-taman besar hati jadi baper. Kapan sih Indonesia punya jogging track seindah ini?

Bayangkan di antara gedung apartemen menjulang kamu menemukan sungai bersih berkelok membelah kota dengan pepohonan rindang di sisi jalan.

Dan hebatnya lagi sungai ini bersih tanpa bau karena di beberapa tempat diberikan motor pengaduk air agar kandungan oksigen di sungai tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan bau yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri an aerob di sungai.

Wah sepertinya gubernur Jakarta harus sering studi banding ke Singapura. Tapi studi bandingnya jalan kaki atau jogging agar bisa melihat lebih detail.

Setelah berjalan kira-kira satu jam saya menemukan check point pertama hari ini atau check point ke delapan NParks Coast to Coast Trail.

Perjalanan hari ini harusnya lebih fokus dari kemarin karena kami sengaja menjauhkan diri dari mall dan tempat nongkrong. Tapi siapa sangka usai membuka bekal sarapan kamu tergoda untuk sarapan lagi.

Ketika menyusuri sungai di Pungol yang asri kami menemukan foodcourt yang ternyata harganya lumayan murah untuk ukuran singapura. Bayangkan untuk dua buah telor setengah matang, roti srikaya dan segelas kopi susu cukup membayar 25 ribu rupiah atau 2,5 SGD.

Bagi kamu yang pertama kali jogging di Singapura jangan takut kesasar jika ingin mengikuti saya menyelesaikan misi Coast to Coast Trail, karena hampir di sepanjang jalan dipasang petunjuk jalan dan peta. Jika kamu bingung dapat menscan barcode untuk mengetahui posisi kamu.

Tidak terasa Coney Island satu kilometer lagi dan misi ini akan selesai. Eit tapi jangan lupa untuk memudahkan jalan-jalan di pulau kecil di timur Singapura menyewa sepeda.

Harga sewa sepeda bervariasi antara 10-20 SGD per jamnya sedangkan untuk modelnya beragam dari sepeda mini, sepeda gunung sampai sepeda tandem. Kalau ini biasanya untuk keluarga atau couple, buat yang jomblo nggak usah banyak ngarep.

Sekitar pukul 11 siang saya sampai di pulau Coney dan menyelesaikan misi. Duh ternyata nggak semudah itu bermain dengan aplikasi Coast to Coast Trail.

Pulau coney merupkan pulau kecil tak berpenghuni dan pernah direncanakan akan dibangun resor di sini tapi tidak jadi. Karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan wilayah negara lain, di beberapa titik pulau terdapat area terbatas.

Belakangan saya lebih menyukai wisata seperti ini jika menyambani Singapura, karena beberapa destinasi sudah sangat mainstraim. Selain murah berwisata seperti ini lebih murah dan sehat.

Nah kapan kamu ikutan aku untuk menyelesaikan misi Coast to Coast Trail di Singapura? Untuk informasi destinasi dan taman nasional yang tercantum kamu dapat membacanya di situs resmi NParks Coast to Coast Trail.

4 Comments on “Liburan Sehat Singapura Dengan NParks Coast To Coast Trail

  1. Mantap nih. Sering-sering aja melakukan wisata seperti ini. Nggak ada vlognya ya?
    Saya belum pernah coba trail ini. Yang pernah saya jalani baru rute Southern Ridges Trail sepanjang sekitar 10 km mulai dari HarbourFront sampai Science Park Drive di daerah Clementi.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: