Kepulauan Riau TIps Travelling

Piknik Murah Dari Batam ke Lagoi Dengan Bus Damri

Kini  wisata terpadu Lagoi lebih ramah dengan wisatawan domestik tapi apakah ramah dengan traveler berbujet tipis banget? Soalnya untuk sampai di kawasan wisata terpadu tidak disediakan kendaraan umum, mau tidak mau harus menyewa kendaraan atau mengambil paket wisata. Kalau pergi bersama rombongan bisa berhemat dengan patungan menyewa kendaraan tapi kalau sendiri?

Ya ampun Mas malangnya  nasibmu, sudah jalan-jalan bujet tipis ala sobat misqueen, jomblo pula nggak ada teman.

pantai berpasir salah satu daya tarik Lagoi sebagai destinas wisata kelas dunia
pantai berpasir salah satu daya tarik Lagoi sebagai destinas wisata kelas dunia

Tapi alhamdulilah sekarang sudah ada bis damri yang rutenya melewati Lagoi. Walau baru rute perintis, sehari dua kali saja tapi kita harus berterimakasih kepada dinas perhubungan propinsi Kepri. Tujuan transportasi masal ini memang bukan hanya untuk mengantar kaum misqueen jalan-jalan ke Lagoi tapi juga sarana transportasi kabupaten Bintan dan kota Tanjungpinang yang wilayahnya cukup luas.  Berikut pengalaman pribadi saya menggunakan transportasi umum sampai ke Lagoi dari Tanjung Uban, Batam

Perhatikan jadwal trayek bis damri Lagoi, Tanjung Pinang dan Tanjung Uban. Baru membuat itinerary perjalanan!
Perhatikan jadwal trayek bis damri Lagoi, Tanjung Pinang dan Tanjung Uban. Baru membuat itinerary perjalanan!

Jadwal Kapal

Jika melihat jadwal bis  di atas maka untuk sampai di Lagoi bisa melalui pelabuhan  Tanjung Uban atau Tanjung Pinang. Fleksibelitas ini didukung juga dengan jadwal kapal dari Telaga Punggur Batam, ingin lewat Tanjung Uban atau Tanjung Pinang. Dengan alasan kepraktisan dan waktu  menyebrang, saya memutuskan naik kapal cepat ke Tanjung Uban pertama pukul 07:00 WIB.

Sekitar pukul 07:20 WIB saya sudah sampai di pelabuhan Tanjung Uban sedangkan jadwal bis damri pukul 08:30. Lumayan masih ada waktu satu jam untuk sarapan, jadi nongkrong santai dulu sarapan di warung dekat pelabuhan.

Pukul 08:25 ngopi dulu di Tanjung Uban
Pukul 08:25 ngopi dulu di Tanjung Uban

Bis Tanjung Uban – Lagoi

Bisa Damri Tanjung Uban – Lagoi parkir  di pelabuhan kapal Roro Tanjung Uban. Karena saya naik kapal feri alias kapal cepat jadi harus jalan kaki ke pelabuhan kapal roro. Sebetulnya bis damri melintas di pintu gerbang pelabuhan kapal feri tapi karena takut tidak dapat tempat duduk saya berjalan ke pelabuhan kapal roro.

Bis damri parkir di depan kantor bukan di tempat kendaraan
Bis damri parkir di depan kantor bukan di tempat kendaraan

Masuk area pelabuhan sempat bingung tempat damri parkir,  ternyata dia mangkal di depan kantor pelabuhan (dekat pintu gerbang ke arah kapal roro) dan bukan di area parkir kendaraan pada umumnya. Karena tidak banyak penumpang pukul 08:35 bis damri bergerak ke Tanjung Pinang melewati Lagoi.

Ternyata rute bis ini bukanlah rute tercepat menuju Lagoi atau Tanjung Pinang tapi agak sedikit memutar dan jauh. Ya maklumlah namanya juga transportasi umum sebisa mungkin menjangkau daerah-daerah yang luas.

Walau perjalanan menuju Lagoi agak sedikit lebih lama tapi seru apalagi melewati daerah barat dan utara Bintan.

Suasana di dalam bis damri, tak banyak penumpang
Suasana di dalam bis damri, tak banyak penumpang

Cuma Lewat Lagoi

Awalnya saya berpikir kalau ada bis damri ke Lagoi tiap jam, duh asiknya bakal sering-sering ke Lagoi. Tapi maaf sobat misqueen, bis damri hanya lewat saja.  Harusnya kita  bersyukur ketika masuk Lagoi  tidak diwajibkan menunjukan KTP seperti wistawan domestik masuk ke sini sepuluh tahun lalu.

Titik pemberhentian bis di Lagoi dekat hotel Grand Lagoi
Titik pemberhentian bis di Lagoi dekat hotel Grand Lagoi

Bis damri akan berhenti di dua titik yaitu di Lagoi Bay dan Pujasera. Lalu bagaimana kalau tujuan saya adalah resor-resort manjah di Lagoi, akankah bis ini mengantar sampai depan lobi. Tidak sobat misqueen!

Kalau tujuan kamu ke resor  sebaiknya kamu turun di Pujasara karena ada shutle bus yang akan mengantar ke resor tapi jangan lupa dengan menunjukan bukti pemesanan dan kartu identitas diri. Karena kalau niat kamu cuma main-main saja di resor tanpa menginap,  sudah dapat dipastikan akan diusir oleh petugas keamanan.

Singgah di Lagoi Plasa

Setelah berdiskusi dengan teman akhirnya kami memutuskan untuk singgah di Plasa Lagoi. Niatnya sih mau jalan-jalan keliling Lagoi dan kembali ke Pujasera dengan shutle bus tapi ternyata  fasilitas ini khusus untuk tamu hotel yang menginap di Lagoi. Jika tidak mengenakan gelang khusus tidak diperkanankan naik bis hotel.

Terus ngapain 5 jam di Plasa Lagoi? Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari sarapan, nongkrong santai di food gram. Karena di Bintan sedang musim durian, pekan ini di Plasa Lagoi sedang ada Festival durian lengkap dengan live music.

Plasa Lagoi memang didesain sangat instagramable untuk memenuhi hasrat anak zaman now yang ingin eksis di media sosial. Belum puas di lokasi foto gratisan, ada rumah imaji yang menyajikan foto ilusi 3 dimesni dari rumah terbalik sampai latar foto fantasi. Tiket masuknya cukup terjangkau hanya 50 ribu rupiah termasuk voucher di food gram senilai 25 ribu rupiah.

Sebetulnya kalau ingin foto dengan latar belakang yang agak berbeda bisa melipir ke danau buatan yang berada di dekat pintu masuk. Tapi karena cuaca sedang panas kami memutuskan gegoleran santai di bawah pohon cemara udang dekat pantai.

Bis ke Tanjung Pinang

Berdasarkan jadwal bis ke Tanjung Pinang akan datang pukul 15:00 tapi ditunggu sampai jam tiga lewat belum datang, duh saya jadi khawatir kalau tidak datang bagaimana ke pelabuhan.  Namun security Grand Lagoi memastikan bis damri tiba paling lambat pukul 16:00. Wah kalau dihitung-hitung apakah  terkejar kapal feri terakhir dari Tanjung Pinang.  Beruntung pukul 15:20 bis damri yang kami tunggu datang dengan jumlah penumpang tak sampai 10 .

Bis damri datang sekitar pukul 15:20 WIB
Bis damri datang sekitar pukul 15:20 WIB

Perjalanan Lagoi – Tanjung Pinang memakan waktu cukup lama karena melewati rute yang agak sedikit jauh melewati gunung Bintan. Mungkin bagi orang Bintan atau Tanjung Pinang adalah hal yang biasa. Tapi bagi saya yang jarang ke Bintan sangat menikmati perjalanan panjang ini.

Melewati kampung-kampung dan lahan pertanian di kabupaten Bintan. Cukup menarik karena secara geografis pulau Bintan berbeda dengan pulau Batam. Bintan masih memiliki hutan lebat yang teduh dan tanahnya tidak terlalu tandus.

Kembali ke Batam

Awalnya saya mengira bahwa bis damri akan berhenti di pelabuhan tapi ternyata bis menurunkan kami di terminal Batu 9 Tanjung Pinang. Tanpa menunggu lama angkutan umum memberikan tumpangan kami ke pelabuhn Sri Bintan Pura dengan ongkos 10 ribu rupiah. Tarifnya beda tipis dengan bis damri Lagoi – Tanjung Pinang 16 ribu rupiah. Ya iyalah bis damri kan disubsidi pemerintah sedangkan angkutan umum BBM-nya tanpa subsidi.

Harus naik angkot untuk sampai dipelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang
Harus naik angkot untuk sampai dipelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang

Oh gitu ya, aku baru tahu kalau BBM tidak di subsdi lagi oleh pemerintah.  Hmmm ini pasti salah presiden itu ya?

Ya semua salah presiden karena kaum misqueen seperti kita nggak bisa piknik mewah di Lagoi gratis.

Masa presiden tidak bisa memakmurkan rakyatnya.

Bener Kak!

Rakyat misqueen harus bersatu kita bikin partai.  Rebut kembali NKRI harga mati!

Pokoknya #2019GantiPresiden.

Daripada ganti presiden mending ganti nasib dengan rajin bekerja keras dan berdoa.

*lalu hening….*

Beruntung masih terkejar feri ke Telaga Punggur Batam pukul 17:15 dan pukul 18:15 sampai di pulau Batam dan alhmadulilah piknik ke Lagoi bersama bis damri selesai.  Berikut rincian  biaya transportasi Batam ke Lagoi pulang pergi dengan menggunakan bis damri dan kapal cepat. Murah atau mahal itu relatif.

WAKTU  Deskripsi Biaya (Rp)
07:00 – 07:20 Penyebrangan Telaga Punggur – Tj Uban 60000
08:30 – 09:00 Damri Tanjung Uban – Lagoi 12000
15:30 – 17:00 Damri Lagoi – Tanjung Pinang 16000
17:00 – 17:15 Angkutan Umum ke Pelabuhan Sri Bintan 10000
17:15 – 18:15 Feri Tj Pinang – Telaga Punggur 52500
Jumlah  150500

Biaya belum termasuk makan siang dan wahana di Plasa Lagoi

Menjelang magrib sampai di Pelabuhan Punggur Bintan
Menjelang magrib sampai di Pelabuhan Punggur Bintan

Bagi traveler tunggal mungkin ini biaya transportasi termurah menuju Lagoi dari pulau Batam tapi jika berpergian dengan rombongan biaya dapat dipangkas dengan menyewa kendaraan atau membawa kendaraan pribadi dari Batam.

Namun kelemahannya kita tidak leluasa menyambangi destinasi lain di Lagoi. Saran saya sih kalau mau lebih asik dan leluasa dapat menyewa sepeda di Lagoi dan menginap satu malam.

Memang ada kamar murah dengan bujet 100 ribu di Lagoi? Coba kamu googling Bintan Lodge Hostel di sana kamar per malam 100 ribuan saja kok. Hemat kan, dengan bujet 300 ribu sudah bisa menginap semalam di Lagoi dan berfoto manja untuk stok instagram satu bulan ke depan.

Tips Traveling Murah ke Lagoi Dari Batam

  1. Cari informasi jadwal kapal dan bis damri.
  2. Cari informasi rute dan lokasi naik turun penumpang bis damri.
  3. Ketika naik bis damri  informasikan tujuan kepada kondektur atau supir.
  4. Ketika naik bis damri minta nomor telepon supir dan kondektur untuk memastikan jadwal kedatangan bis jika ada keterlambatan.
  5. Bawa makanan dan minuman agar lebih hemat.
  6. Karena sehari hanya ada dua kali bis damri yang masuk ke Lagoi, jangan sampai ketinggalan bis damri. Jika tertinggal maka resikonya akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk menginap atau menyewa kendaraan sampai ke pelabuhan Sri Bintan Pura atau Tanjung Uban.

Berharap trayek bis damri Tanjung Pinang-Lagoi-Tanjung Uban lebih banyak karena selain memudahkan kaum misqueen piknik juga membantu masyarakat di pulau Bintan  mendapatkan fasilitas transportasi umum dengan harga terjangkau.

catatan = misqueen istilah kekinian  yang artinya miskin. 😀

5 komentar

  1. kalau bis damri nya gak ada / jadwal nya kelewat gimana cara balik ke batam yaa..?? apa bisa gocar atau pakai grab car gt karena kami rencana ada berempat orang nih..?? trims 🙂

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s