Kepulauan Riau, Kuliner, Video

Pengalaman Kuliner Ramadan 1439 H

Idul Fitri datang menjelang membawa kemenangan setelah sebulan penuh menahan hawa nafsu. Alhamdulilah tahun ini bisa bertemu dengan bulan penuh rahmat lagi. Salah satu hal yang nyenengin dari bulan Ramadan adalah buka puasa bersama dengan teman-teman serta menemukan kuliner yang tidak ada di hari biasa.

Pengalaman kuliner selama bulan Ramadan saya rangkum ke dalam video. Maklum bloggernya lagi malas menulis jadi video saja. Bukankah video lebih bercerita. Jadi kalau kamu jadi ngiler ketika melihat video-video beirkut artinya pesan saya tersampaikan dengan baik. Tapi maaf kalau kamu jadi eneg karena yang terlihat  di-video bukan makanan tapi muka saya. *ngakak*

1. Allium Hotel Batam

Setelah bertahun-tahun menghadirkan konsep Kampung Ramadan di setiap jamuan berbuka puasa, kini Allium Hotel Batam menghadirkan suasana  lebih forman namun tetap intim. Dengan masih mengandalkan menu tradisional sebagai jagoannya Allium tak hanya menampilkan cita rasa dan nuansa tapi juga pengalaman kuliner tak terlupakan. Makanan-makanan yang disajikan live cooking membuat buka puasa kali ini menjadi lebih seru.

Favorit saya melihat pertunjukan masak membuat martabak telor yang terlihat begitu eksotis dengan pengambilan video mode slowmotion.

2.  Dua Gaya Buka Puasa Radisson Hotel

Seolah ingin menjangkau semua pasar Radisson Hotel menghadirkan dua paket buka puasa yaitu internasional dan tradisional. Menu makanan internasional hotel ini memang tidak perlu diragukan lagi karena sang Chef berasal dari mancanegara. Lalu bagaimana dengan menu paket puasa tradisionalnya?

Ada kejutan di Radisson Hotel jelang Ramadan tahun ini, bagaimana ball room hotel disulap menjadi restoran bergaya timur tengah lengkap dengan  air mancur dan onta. Dan yang lebih mengejutkan harga paket buka puasanya lebih terjangkau dibandingkan paket  internasional.

Kali ini Radisson Hotel membidik pasar kaum milenia yang lebih mengutamakan pengalaman berfoto selfie saat berbuka puasa dibandingkan kenikmatan kuliner. Kamukah salah satunya?

3. Jalan Mudik di Harris Batam Center

Hotel yang lokasinya hanya sepeminuman teh dari kantor saya menghadirkan menu berbuka ala Kampoong yang membuat rindu kampung halaman dan mudik. Dengan menu yang berganti setiap harinya, saya bilang varian makanan di sini luar biasa banyaknya sampai tak ada ruang di lambung saya untuk menikmati semuanya.

4. Berbuka Sunset di Nongsa Point Marine & Resort

Salah satu jagoan berbuka puasa di Nongsa Point Marine & Resort adalah nuansa romanntis yang mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Bayangkan kamu berbuka di pinggir pantai dengan pemandangan yacht-yacht pribadi dalam temaram surya tenggelam.

Suasana itu menjadi lebih intim dan bersahabat ketika malam datang menjelang, bayangkan indahnha makan dalam temaram lampu ala candle light dinner.

5. Tak Sengaja Buka Puasa di Tea Garden Batam

Ini ceritanya bukan puaa setengah hari ya. Jadi di satu sore yang cerah gemilang saya bersama seorang rekan berencana buka puasa di Tanjung Uma. Tapi tiba-tiba di tengah jalan hujan mengguyur jalanan Batam dengan derasnya. Maksud hati hanya ingin berteduh di resto yang menyediakan menu makanan China tapi akhirnya kami berbuka puasa di sini .  Parahnya kami baru beranjak dari resto jelang pukul 10 malam.

6. Berburu Putu Piring di Pasar Tanjung Uma

Selama 4 tahun di Batam yang belum kesampaian yaitu berburu buka puasa di pasar Ramadan Tanjung Uma yang konon banyak menyediakan menu aneka seafood dan kue tradisional. Dan akhirnya setelah drama kehujanan sampai juga ke sini bersama rekan kerja. Video perburuan  putu piring panganan tradisional khas Melayu ini wajib kamu tonton jika kamu menyukai jajanan tradisonal.

7. Buka Puasa di Ketinggian Vanilla Hotel Batam

Melihat bangunan hotel yang hampir menyentuh bahu jalan memang terkesan agak memaksakan tata kota. Tapi coba jangan buru-buru menilai, ternyata hotel ini memiliki roof top dengan pemandangan langsung ke jalan raya. Karena posisi yang mepet jalan raya dan roof top yang menjorok ke jalan, seolah olah kita berada di atas jalan raya.

Bagi yang phobia ketinggian memang terasa ngeri-ngeri sedap tapi yakinlah pemandangan dari atas sini indah mulai dari sore, jelang matahari tenggelam dan malam hari kala lampu mobil serta gendung berpendar.

Sebetulnya selain pengalaman kuliner di atas ada beberapa pengalaman kuliner lain bulan Ramadan tahun ini yang berkesan seperti buka puasa di atas  bis Johor-Melaka atau berburu kuliner Melaka untuk sahur. Tapi karena dokumentasinya tidak lengkap tidak bisa menghadirkan untuk anda semua pemirsa. Semoga tahun depan kita dapat bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat

Melalui tulisan ini saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin semoga tahun depan kita bisa buka puasa bersama sekaligus menikmati kekayaan kuliner di kota Batam.

 

4 tanggapan untuk “Pengalaman Kuliner Ramadan 1439 H”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s