Tips Ke Bandara Changi Dari Batam Via Laut

Bandara Changi kerap menjadi pilihan warga Batam untuk berpergian ke luar dan dalam negeri. Saat harga tiket pesawat domeatik tak logis akibat libur  sekolah atau hari raya, beberapa warga sengaja memilih memutar ke Singapura untuk sampai ke kampung halaman. Walau kadang hanya lebih murah sekitar 500 ribu saja tapi lumayan kan untuk beli oleh-oleh dan lebih lumayan lagi bisa tambah cap paspor.

Horang kaya mah bebas,  mudiknya bisa dari Singapura, Amerika atau Alaska. *manggul kardus*

1. Perbedaan waktu

Waktu di Singapura lebih cepat 1 jam  dibandingkan waktu di  Indonesia, artinya pukul 6 di Batam artinya sama dengan pukul 7 di Singapura. Jadi putar arloji maju satu jam  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena mengandalkan di ponsel rekan saya ketinggalan pesawat di airport karena ternyata jam  di ponselnya tidak otomatis mengikuti waktu Singapura dan akhirnya ia harus membeli tiket baru.

Selain memperhitungkan waktu transportasi darat dan laut calon penumpang menghitung waktu antri di imigrasi
Selain memperhitungkan waktu transportasi darat dan laut calon penumpang menghitung waktu antri di imigrasi

2. Jam & Terminal Keberangkatan Pesawat

Sedari awal harus mengetahui jam dan terminal keberangkatan pesawat agar dapat mengestimasi jam berapa harus naik kapal feri dari Batam. Kalau saya pribadi memilih naik kapal feri 5 jam sebelum keberangkatan pesawat karena ada tiga  pintu imigrasi yang harus dilewati (keluar Indonesia, masuk Singapura dan keluar Singapura), transportasi darat antara pelabuhan di Singapura – bandara Changi, bandara Changi yang sangat luas. Bayangkan ada puluhan gate, kalau waktu kamu mepet dan mendapat gate paling ujung. Akankah kamu berlari seperti atlet olympiade?

Perhatikan jadwal keberangkatan, terminal dan gate sesuaikan juga dengan waktu di Indonesia
Perhatikan jadwal keberangkatan, terminal dan gate sesuaikan juga dengan waktu di Indonesia

3. Pelabuhan Feri Mana

Batam memiliki 5 pelabuhan feri internasional tapi yang jadwal kapalnya paling banyak Batam Center Feri Internasional. Dan berysukurnya sekarang dari Batam Center sudah ada kapal feri ke pelabuhan Tanah Merah. Kok tanah merah? Iya Pelabuhan Feri Tanah Merah dekat dengan bandara Changi dengan menggunakan bis hanya 15 menit. Bandingkan jika kamu turun di turun di pelabuhan Harbourfront lalu menyambung dengan MRT untuk sampai ke Changi Airport selama 1 jam. Ini belum termasuk antrian di imigrasi Singapura jelang akhir pekan bisa 2 jam lebih.

Ini lho jadwal penyebrangan salah satu operator feri di kapal menuju Tanah Merah
Ini lho jadwal penyebrangan salah satu operator feri di kapal menuju Tanah Merah

Selain dari pelabuhan Batam Center kamu bisa naik feri ke  Tanah Merah dari pelabuhan Feri Internasional Nongsapura di Nongsa. Tapi sekali lagi yang perlu diperhatikan jadwal keberangkatan, jangan sampai sudah jauh-jauh ke Nongsa ternyata sudah tidak ada kapal.

Kemarin ada promo beli tiket feri dapat free shutlle bus ke bandara dari pelabuhan Tanah Merah
Kemarin ada promo beli tiket feri dapat free shutlle bus ke bandara dari pelabuhan Tanah Merah

4. Dokumen Lengkap

Meski kamu ke Singapura hanya untuk transit saran saya lengkapi semua dokumen perjalanan. Itenerary perjalanan, visa, tiket pesawat pp, sampai cetakan pemesanan hotel kalau perlu dibawa dan dijadikan satu. Ini untuk memudahkan saat melewati imigrasi Singapura yang terkenal super rewel. Kalau perlu siapkan mata uang negera tujuan dan kartu kredit. Agak lebay sih. Tapi inilah Singapura ketika kamu dianggap tidak logis untuk melakukan perjalanan jarak jauh maka kamu akan diinterogasi habis-habisan.

5.  Kartu Identitas Selain Paspor

Memang paspor belum cukup? Bagi pemegang paspor baru biasanya petugas imigrasi Singapura akan meminta untuk menunjukan KTP. Jika dicurigai berpotensu  menjadi tenaga kerja ilegal di luar negeri maka akan dilakukan pemeriksaan. Untuk melewati proses interogasi yang melelahkan saran saya tunjukan  kartu karyawan/pegawai yang menjamin kita akan kembali ke Indonesia karena memiliki pekerjaan tetap di Indonesia.

6. Penampilan

Meski tujuan berpergian untuk kegiatan agama (umroh atau ziarah) jangan mengenakan atribut keagamaan secara berlebihan. Bukannya tidak boleh tapi dalam batas wajar, misal jenggot panjang tapi tetap rapih, mengenakan cadar tapi sedari awal mengantri imigrasi berkomunikasi dengan petugas agar diperiksa oleh yang semuhrim.

7. Mengahadapi  Petugas Imigrasi

Jika terciduk pegawai imigrasi untuk diinterogasi tetaplah santai ( tidak gugup) dan jawab pertanyaan seperlunya dengan jujur serta tetap santun. Karena random check bisa terjadi pada siapa saja termasuk kamu yang tidak berpotensi untuk menjadi TKI ilegal.

Biasanya kalau  rombongan haji/umroh salah satu dari anggota rombongan akan di- random check, jadi persiapkan semua orang untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Jangan sampai ditanya nama dan alamat agen perjalanan  kamu tidak tahu.

Hapus semua jejak/rekam digital yang berhubungan dengan isu SARA dan politik karena  petugas imigrasi akan mengulik isi ponsel seperti  foto, situs yang pernah dibuka, percakapan di whatss app sampai e-mail.

8. Tranpsortasi Darat

Perhatikan jadwal dan ketersediaan transportasi masal darat seperti MRT atau bis. Waktu beroperasi MRT  05:00-23:00 dan ada setiap 15 menit sekali sedangkan  jadwal bis Tanah Merah – Changi sebagai berikut.

Jadwal shuttle bus, jangan memaksakan menunggu bus jika waktu tak cukup
Jadwal shuttle bus, jangan memaksakan menunggu bus jika waktu tak cukup

Lalu bagaimana jika jadwal penerbangan pagi hari, dinihari sudah tidak ada kapal feri, bis dan MRT. Saran saya saya datang lebih awal lalu tidur di bandara. Apakah aman tidur di bandara? Aman tapi tidak terlalu nyenyak karena tidak ada ruang tidur khusus kecuali tidur di hotel bandara. Tapi jangan khawatir bagi yang berjiwa ngemper seperti saya bisa senderan di karpet dekat konter check in. Jelang dinihari tempat ini akan sepi dan cukup nyaman dijadikan tempat sandaran hati, eh pundak.

8. Kemungkinan Terburuk

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga selama perjalanan siapkan uang lebih. Andai kamu ketinggalan bis atau MRT terakhir ke bandara Changi dan harus naik taksi. Perlu dicatat  tarif taksi dinihari  Singapura dua kal lipat tarif biasa.

Jika memungkinkan lakukan check in online sebelum keberangkatan untuk mempermudah proses check in di bandara.

Berdasarkan pengalaman beberapa waktu yang lalu ke Changi dari Batam, saya apes karena terjebak dua kali imigrasi , Indonesia dan Singapura akibatnya saya tidak memiliki waktu untuk membeli makanan di food court. Beruntung saya membawa makanan kecil jadi tidak terlalu lapar sampai menunggu makan di pesawat.

9. Jangan Terlena

Orang yang pertama kali mengunjungi bandara Changi biasanya akan terlena menemukan tempat  instgramable dengan wifi gratis bertebaran dimana-mana. Hanya dengan men-scan paspor atau mendaftar via sms mendapat wifi gratis 2 jam. Agar kamu terhindar dari godaan ini ketika sampai bandara bersegeralah check in lalu masuk ke terminal dan mencari gate.

Tempat kaya gini yang suka bikin lupa waktu
Tempat kaya gini yang suka bikin lupa waktu

10. Barang Bawaan

Meski statusmu hanya transit alias lewat tetap   memperhatikan barang apa saja yang tidak boleh masuk Singapura. Beberapa barang yang dilarang mutlak dibawa ke Singapore adalah :

  • Permen karet
  • Rokok dan produk sejenis termasuk rokok elektonik
  • Hal-hal yang mengandung rokok atau nikotin
  • Lighter rokok berbentuk senjata atau pistol
  • Obat-obatan terlarang
  • Petasan atau kembang api
  • Makhluk hidup yang tergolong kategori dilindungi
  • Yang bernuansa pornografi
  • Produk bajakan dalam bentuk rekaman seperti CD, kaset, dan sejenisnya
  • Materi materi yang menghasut melawan pemerintah
  • dll

Jika untuk dikonsumsi rokok bisa dibawa masuk ke Singapura misalnya hanya  beberapa batang atau sebungkus yang sudah dibuka. Tapi aturan  resmi melarang sama sekali,  jadi  petugas imigrasi atau bea cukai berhak memberi denda pelanggarnya.

11. Jangan Malu Bertanya

Jika merasa bingung di feri terminal Singapura atau bandara Changi kamu dapat bertanya kepada petugas. Meski konon orang Singapura tidak seramah orang Indonesia tapi mereka sangat melayani konsumen .

12. Terminal Empat Changi Airport

Sekali lagi ini bukan menakut-nakuti tapi agar kita lebih waspada, konon (saya juga belum pernah naik pesawat dari terminal 4) semua proses check in dilakukan tanpa petugas manusia. Keren ya! Iya tapi kalau kamu ada masalah nggak mudah untuk melakukan aduan. Belum lagi tidak ada panggilan yang mengingatkan penumpang, jadi kita dituntut mandiri dan disipilin. Duh kalau begini kadang rindu dengan bandara Indonesia yang petugasnya yang teriak-teriak memanggil nama calon penumpang.

Ketika masuk ke negara yang lebih moderen banyak hal yang harus di-adjust di diri kita agar tidak terjadi culture shock. Ealah Mas repotnya cuma mau mudik lewat negara tetangga. Namanya juga numpang lewat rumah orang, kita harus menghormati dan menghargai yang punya rumah. Jangan sampai dibilang kita nggak punya sopan santun dan tata krama. Kalau nggak dikasih lewat gimana? Hayooo…

Bagaimana apakah tips di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin ke bandara Changi dari Batam atau kamu punya tips lain yang bermanfaat silakan berbagi di kolom komentar.

 

7 pemikiran pada “Tips Ke Bandara Changi Dari Batam Via Laut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s