Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017

Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017

Pesona Indonesia – Masjid berwarna kuning dengan empat menara menjulang merupakan sedikit kisah dari pulau Bertuah Penyengat. Bagai sebuah legenda dari negeri Melayu seolah ia tak pernah ada. Namun hadirnya nyata menjadi bagian dari sejarah kata dan bahasa  Indonesia dan negeri Melayu.

Meski setiap tahun ada festival di sana, masih banyak orang yang belum tahu ada banyak kisah dan petuah di Penyengat. Mari berjalan menyusuri tiap sisi pulau sambil melafalkan Gurindam Dua Belas, menyapa kearifan lokal dengan mengenal budayanya lebih dekat.Rebranding pulau Penyengat! Festival yang rutin diadakan setiap tahunnya tak hanya menambah kata-kata “Syawal Serantau” saja tapi juga lebih syahri. Dengan mengusung  tema syariah yang menjadi tren industri wisata halal.

Banyaknya kunjungan wisatawan asal Timur Tengah ke Indonesia bahkan seluruh dunia, melahirkan potensi pasar baru yang layak untuk diulik. Apalagi destinasi wisata yang kita memiliki kedekatan budaya dengan agama Islam, seperti masjid tua bersejarah, peninggalan sejarah masuknya Islam ke negeri ini.

Teaser di atas merupakan cuplikan video gelaran Festival Pulau Penyengat 2017.

Tepat di bulan Syawal Festival Pulau Penyengat hadir dengan nama FPPSS 2017  (Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau) 2017. Rencananya acara puncak akan berlangsung selama tiga hari penuh 22-24 Juli 2017 dengan menghadirkan beragam lomba dan gelaran budaya seperti Muslim Fashion Carnival, Pentas Seni dan Klinik Sastra. Bagi kamu yang bermint untuk menghadiri acaranya di akhir pekan ini , catat jadwal gelaran FPPSS 2017  berikut.

Acara Puncak Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017
Acara Puncak Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017

Festival kali tak hanya menghadirkan euphoria festival namun menggandeng pelaku bisnis wisata di daerah perbatasan ( Malaysia ,  Singapur, Thailand dan Brunai) untuk memperkenlkan potensi wisata budaya Kepri yang memiliki ikatan historis dan budaya yang kental dengan negara tetangga. Diharapkan dari kegiatan ini akan lebih banyak wisatawan melancong ke pulau Penyengat.

Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017

Meski acara puncaknya akhir pekan ini, namun sesungguhnya Festival Ekonomi Syariah sudah berlangsung sejak tanggal 2 Mei 2017.  Aneka lomba bertemakan Syariah pun digelar , seperti Tour Pattern Penyengat Halal Competition, Short Film Net Competition , Senandung Anak : Video Penyengat Hunting Photography Competition dan lainnya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Makin penasaran dengan keseruan Festival Pulau Penyengat, datang saja ke pulau kecil di sebalah barat kota Tanjungpinang. Pastikan kamu membawa kamera dengan baterai dan memory card yang cukup karena banyak objek menarik yang dapat kamu abadikan. 😀

6 pemikiran pada “Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017

  1. Hemmm… jadi teringat sekitar dua tahun lalu saat Trip Wisata bareng Kompasiana nyeberang pake Pongpong ke Pulau Penyengat, naik becak motor, makan Gong gong, dan tentu saja ke masjid bercat serba kuning itu; konon bahannya berasal dari telur :). Gurindam 12 yang ada di buku pelajaran bisa saya saksikan kala itu. Moga Wisata Syariah di Kepri makin berkembang Mas Danan W. Sumirat. Selamat menggemakan Syawal Serantau 2017. Congrat! Salam hangat.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s