#PenyengatFest – Festival Pulau Penyengat 2016

Bahagia rasanya mendengar kabar sebuah Festival akan berlangsung di Pulau Penyengat, Kepuluan Riau. Senandung Gurindam Dua Belas sastra karya Raja Ali Haji akan dilantunkan dalam perayaan akbar.

Pintu Gerbang Masjid Sultan Riau Penyengat yang tersohor
Pintu Gerbang Masjid Sultan Riau Penyengat yang tersohor

Penyengat memang pernah berjaya di masa pemerintahan Kerajaan Riau-Lingga. Namun kini kemasyurannya meredup, menanti ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO . Padahal jika  mau menoleh ke belakang banyak kisah negeri Melayu tertorehkan di sini. Jika bangunan  elok berwarna kuning bukanlah bukti otentik. Maka ada baiknya mengulik catatan sejarah  Gurindam Dua Belas dan kehebatannya sang penulisnya.

Raja Ali Haji tak hanya pandai merangkai kata penuh petuah dalam ritme . Buah pikirannya melahirkan  dasar-dasar Tata Bahasa Melayu sebagai Pedoman Standar Bahasa Melayu, yang kemudian pada perkembangnya menjadi bahasa Indonesia. Ia tak hanya tersohor di nusantara. Negeri seberang pun mengukuhkannya sebagai aristorkat dan alim ulama.

pulau Penyengat , romantisme dan kemasyuran negeri Melayu
pulau Penyengat , romantisme dan kemasyuran negeri Melayu
Ada pulau kisah romantis atas nama cinta . Cinta memang tak butuh harta. Namun jika berpunya, tak ada salahnya  memberikan  tanda cinta. Mungkin Emas permata menjadi hal biasa untuk  disematkan di jari manis. Sultan Mahmud pun memberikan pulau kepada  Engku Putri Raja Hamidah, istrinya.
Jika mereka bilang Februari adalah bulan kasih sayang. Maka bagi kami masyarakat Kepri, bulan Februari adalah bulan Melayu. Kemasyuran negeri Melayu lebih dari seabad lalu akan hadir kembali di tanggal 20-24 Februari 2016.
b
Pemerintah Tanjung Pinang bersama Kemetrian Pariwisata Indonesia menyelenggarakn Festival Pulau Penyengat  (FPP) 2016. Diharapkan dari kegiatan ini menumbuhkan rasa cinta budaya Melayu dan meningkatkan kunjungan wisatawan Kepulauan Riau , khususnya Tanjung Pinang.
a
Penasaran dengan kegiatan FPP 2016? Simak info grafis di bawah ini . Untuk informasi lebih lengkap dan terbaru kunjungi fanpage official Festival Pulau Penyengat 2016.

 

Kegiatan Festival Pulau Penyengat 2016 (jadwal dapat berubah)
Kegiatan Festival Pulau Penyengat 2016 (jadwal dapat berubah)

12640530_1685067618428721_1471552077360155479_o

Jangan lupa untuk memasang hastak #PenyengatFest agar gelaran ini tidak hanya tersohor di dalam negeri tapi di luar negeri.  😀
~Selesai~
Tulisan ini bentuk dukungan blogger Kepulauan Riau terhadap Festival Pulau Penyengat 2016. Berikut tulisan blogger lainnya

16 pemikiran pada “#PenyengatFest – Festival Pulau Penyengat 2016

  1. kayaknya bakalan seru dan padat nich acara di bulan februari. cuma bisa mantau acaranya lewat tulisan mu aja dech Danan. waktu tinggal di Duri aku hampir nga pernah jalan-jalan ngiterin pulau penyengat dan sekitarnya. setelah pindah sekarang nyesel bangat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s