Lomba Travelling

Sahabat Perjalanan Dari Flores Hingga Sumatra

Perjalanan mempertemukan dengan sosok tak terduga. Saya tak pernah menyangka ia akan hadir menemani petualangan di bumi Flores , dari ujung timur hingga barat. Melalui savana kering menuju Riung, menyambangi kampung Bena hingga terpontang-ponting di jalanan berbatu Lingko. (baca kisah : Jelajah Flores Bersama Avanza).

Jika akhirnya harus berpisah di Labuan Bajo, saya yakin takdir akan mempertemukan kami kembali.

bersama Avanza menikmati gunung Irine, Flores
bersama Avanza menikmati gunung Irine, Flores

***

14 Februari 2014

Dua tahun kemudian kami dipertemukan tepat di hari kasih sayang. Mungkin ini jawaban doa-doa atas nama rindu. Hanya Tuhan yang tahu bagaimana momen itu begitu sempurna.

Ekspedisi itu bernama Avanzantion Journey 2014, sebuah ajang  pembuktian bahwa ia tak hanya dicintai keluarga Indonesia tapi juga tangguh di jalanan nusantara. Tiga tim memulai perjalanan dari  Aceh, Pontianak dan Merauke lalu bertemu di Jakarta untuk merayakan 10 tahun Avanza di Indonesia.   Dengan melibatkan 10.000 pengguna Avanza , melalui 45 kota di nusantara dengan panjang rute hingga 35.000 km.  Semakin mengukuhkan bahwa Avanza merupakan MPV terbaik di Indonesia.

bertemu denggan tim Avanzanation di Pekanbaru
bertemu denggan tim Avanzanation di Pekanbaru

Saya memang tak bisa menemaninya dari Aceh. Namun akhirmya kami bersua di Pekanbaru dengan cara yang misterius. Tepat di hari pertama libur meninggalkan site , seorang teman menawarkan untuk turut serta menjelajah Sumatra. Saya masih ingat kala itu kabut asap pekat melingkupi kota Pekanbaru seperti sekarang. Tapi sosok indahnya terlihat makin memikat dengan penampilan  metamorfosis  Veloz generasi kedua  1500 cc.

Interior Avanza Veloz makin menawan
Interior Avanza Veloz makin menawan, yang baju merah itu bang Felix 😀

Menyaksikan interiornya saya tergagap,  kini ia semakin mewah dan nyaman, dibandingkan awal perjumpaan kami dua tahun lalu. Eksteriornya terlihat makin sporty dengan velg 15 inchi dan handle pintu berlapis krom  dan lampu LED.  Bersama Bang Felix ketua AXIC Pekanbaru  menempati Avanza Veloz sebagai rumah kedua hingga satu minggu ke depan.

Riau
Awan kelabu menutupi langit Pekanbaru, dalam derap  semangat penjelajah kami menyusuri kota Pekanbaru. Ternyata kota ini memiliki landmark menarik untuk di kunjungi dan pastinya fotogenik di depan kamera. Apalagi Veloz yang kami kendarai berpose di antara ciri khas kota Pekanbaru seperti Masjid Agung An Nur, perpustakaan HS Soeman berbentuk rehal dan stadion utama Pekanbaru tempat berlangsungnya PON XVIII.

Wisata sejarah pun menjadi bagian agenda perjalanan ini, Istana Siak dan Candi Muaro Takus menjadi destinasi favorit saya. Tapi yang tidak terlupakan wisata kuliner. Sejak pagi hingga dini hari perut dan lidah ini dimanjakan. Mulai dari ngopi di Kopi Kimteng sampai menikmati makanan khas Melayu di Jalan Adi Sucipto Simpang Tiga. Jelang malam rombongan Avanzanation Journey 2014 mendapat sambutan luar meriah dari warga  Pekanbaru di Ska Mall.

Sumatra Barat
Kelok sembilan  menjadi pintu gerbang menuju Sumatra Barat sekaligus uji kelincahan Avanza Veloz. Tak pernah menyangka jalan berliku sepanjang 300 meter ini memiliki panorama indah. Tanpa sengaja sayapun menikmati kelokan  sambil menikmati musik yang dikendalikan melalui  penyetelan audio di setir oleh Bang Felix.

Payakumbuh, Bukitting, Padang hingga Painan kami sambangi satu per satu . Sumatra Barat itu paket lengkap dari bukit berhawa sejuk hingga pantai berlangit biru mempesona. Petualangan kuliner pertama diawali  dengan  menyantap  Itiak Lado Mudo di Bukittingi lalu menutup perjalanan di hari kedua dengan bermainan air di Pulau Cingkuak, Pesisir Selatan.

Jambi
Bagi Tim Avanzanation Journey , kota Jambi bukanlah destinasi terakhir tapi di sinilah langkah petualangan saya terhenti.  Tak terasa satu minggu  hampir berlalu, saya harus kembali ke site di pedalaman hutan Jambi. Ah perpisahan ini bagai de ja vu, teringat ketika kami berpisah di Labuan Bajo dua tahun lalu.

Namun tak ada yang lebih membanggkan menutup perjalanan ini dengan mengenalkan  Candi Muaro Jambi kepada Tim Avanzanation Journey. Destinsasi wisata sejarah yang digadang-gadang menjadi warisan dunia UNESCO.

Akhirnya pagi itu saya benar-benar berpisah dengannya , melepas kepergiannya menuju Bengkulu.

 
 ***
Duo Anyar
Tanpa sengaja kami berjumpa di sebuah exhibition, ia bermetamorfosis menjadi dua primadona MPV  baru ,  yaitu Grand New Veloz dan Grand New Avanza. Awalnya mereka memang  kembar identik terlihat serupa. Namun kini keduanya semakin berbeda, menyesuaikan selera pasar yang terus berkembang.
IMG_8117_result

Saya lebih jatuh cinta kepada si bungsu Grand New Veloz. Sejak diperkenalkan tahun 2011  sebagai varian teratas (top of  the line)  Avanza. Veloz memang terlihat lebih mewah dibandingkan saudara kembarnya.

Eksterior  & Interior
Kesan pertama selalu berawal dari tampilan fisik. Saya tergoda  desain grille  berbentuk zig-zag yang hampir mendominasi bagian depan Grand New Veloz. Kesannya gagah dan tangguh. Lampu  proyektor dan kabut juga didesain semakin stylish  menyesuikan bentuk grille baru tanpa menghilangkan aksen chrome metalik.  Velg-nya  mirip baling-baling tampil sporty dengan aksen logo Toyota di tengahnya.

Panel body belakang diperhalus tanpa lengkung dalam , lalu dipermanis dengan desain lampu sporty. Hasilnya , lampu dan reflektor seolah menyatu membentuk huruf “L” atau “V”.

Warna hitam menghadirkan nuansa elegan, jadi tidaklah salah jika Grand New Veloz mempertahankan warna gelap pada dashboard-nya. Dilengkapi sistem audio canggih dengan layar sentuh 6,1 inchi , pemutar  CD/DVD, radio AM/FM, dan input USB , AUX serta Ipod dijamin tidak bakal mati gaya menyetir sendirian. Apalagi kontrol kendaraan dan audio sudah  berada di setir.

Fitur Keselamatan
Desain barunya ini seolah mengukuhkan Grand New Veloz sebagai mobil dengan exterior dan interior stylish dan trendy lifestyle. Namun sekeren apapun tampilannya, ia tak pernah  mengabaikan  keselamatan.

IMG_7863_1280_853

Prioritas keselamatan bukan saja untuk sang pengemudi tapi juga untuk seluruh penumpang. Ada tiga titik sabuk pengaman yang melindungi penumpang di bagian tengah. Fitur Isofix menjamin keamanan pemasangan child seat bagi putra-putri anda. Di setiap pintu terdapat Side Impact Beam yang mampu meredam penumpang dan pengemudi dari benturan samping.

Lupa mengenakan sabuk pengaman? Ia akan mengingatkanmu melalui Safety Belt Warning yang berada di dashbord depan.

Peforma
Teknologi Dual VVT-i mengatur buka tutup  di jalur isap dan keluar bahan bakar , membuat tarikannya  terasa lebih maksimal. Ketika digas maksimal tak ada tanda-tanda kehabisan energi. Konon Toyota New Grand Veloz 1.5 A/T mampu menghemat bahan bakar hingga 15%.

IMG_8000_result

Kunci kenyamanan  Grand New Veloz  ada pada  suspensi Macperson dengan Coil Spring  dan 4 Link Latreal Rod dengan Coil Spring . Wah jalanan ekstrim di Bukit Barisan ataupun di Flores sepertinya tak ada masalah. Apalagi dinding dalam kabin dilapisi karet yang mampu meredam getaran body hingga 19%. Dijamin sampai tempat tujuan bisa tertidur pulas.

Wah jadi mau jalan lagi dengan kamu deh. Iya kamu yang kini bernama Grand New Veloz.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

~Selesai~

Tulisan ini diikutsertakan GRAND NEW AVANZA & GRAND NEW VELOZ BLOG COMPETITION

Avanza Veloz Blog Competition 2015

12 komentar

  1. performa Avanza makin hari makin keren ya Bang.. apalagi iritnya itu loh nggak nahan..
    apa sekarang Veloz ruang kabinnya lebih luas bang? atau masih sama seperti dulu?

    #bukansales 😀

    Suka

  2. Semoga berhasil dengan lombanya Mas! Avanza dan Veloz sejauh ini saya kenal sebagai mobil keluarga, tapi ternyata performanya tangguh dan tidak cuma bisa dipakai untuk jalan di aspal mulus perkotaan saja ya :hehe. Jarak jauh dengan medan menantang pun ternyata sangat mumpuni, keren sekali punya mobil yang bisa all-round begini :)).

    Suka

  3. Ping-balik: Mengenal Lebih Dekat Grand New Veloz, Idola Baru dari Toyota |

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.