Rumah Makan Khas Melayu Riau

Kuliner Khas Melayu
Kuliner Khas Melayu

Makanan khas Melayu itu kaya apa sih? Mirip Minang, Aceh atau Sumtara Utara. Beruntung pas jalan ke Pekanbaru ada yang berbaik hati mentraktir makan di  Rumah Makan Khas Melayu Riau. Konon di sinilah tempat merasakan cita rasa Melayu sesungguhnya. Aih kaya iklan.

Ritual jamuan makan Melayu mirip dengan Minang dan mungkin hampir sebagian besar suku bangsa di Indonesia. Meriah dan memuaskan. Bayangkan beragam jenis masakan mejeng di meja makan. Mulai dari sayuran, daging, ikan, udang , cumi , kerang dan lainnya hadir.  Sebetulnya  bangga juga sih, ini menandakan kekayaan kuliner negeri kita, Indonesia. Tapi bagaimana dengan saya yang sedang berdiet?

Oke lupakan diet dan  fokus ke Rumah Makan Khas Melayu Riau. Ini rumah makan luas banget dan nuasannya sangat Melayu , didominasi warna kuning terang. Ada beberapa pilihan tempat, mulai dari aula terbuka, ruangan tertutup exclusive sampai lesehan.

Tempat favorit saya tenda terbuka yang dilengkapi TV dan sofa besar. Sembari menunggu makanan bisa leyeh-leyeh santai , kalau mau berkaroke juga bisa. Asal kuat mental  soalnya suara kita akan terdengar kemana-mana. Di momen-.momen tertentu juga ada sajian live music bagi pengunjung. Jadi siapkan diri anda yang ingin eksis :D. Kalau aku mau makan aja ah kakak *elus-elus perut sok ngidam*.

ruangan terbuka dan luas
ruangan terbuka dan luas
sofa bersantai dilengkapi layar besar
sofa bersantai dilengkapi layar besar
ikan asam pedas
ikan asam pedas
  • Ikan Asam Pedas. Masakan berkuah kuning asam pedas yang jadi bahan utamanya ikan baung. Salah satu seni menikmati sajian ini dengan menghisap kepala atau tulang besar ikan. Slurp… slurp… nyummy.
  • Gulai Udang Galah. Udang yang digunakan dalam sajian berasal dari sungai besar di Pekanbaru. Diramu bersama tumbuhan Pakis kelezatan kuliner ini berpadu dalam santan kental dan bumbu rempah yang khas.
  • Sambal Kentang. Mungkin sajian ini sudah sangat familiar bagi anda pecinta kuliner nusantara. Tak ada yang istimewa namun perlu anda cicipi, kira-kira seperti apa ya rasanya sambal kentang khas Melayu.
  • Sambal Jengkol Teri. Meski dikenal memiliki aroma kurang sedap, rasa unik jengkol memikat banyak pecinta kuliner. Konon mereka mendeskripsikan teksturnya mirip jamur, daging ayam bahkan ikan. Namun di rumah makan ini jengkol dipadupadankan dengan teri medan dan rasa pedas menggoda.
  • Ikan Bilis Goreng. Bilis dikenal dengan nama ilmiah Mystacoleucus padangensis merupakan ikan air tawar endemik pulau Sumatra. Dapat dijumpai di pasar dalam keadaan kering maupun masih segar. Paling pas memang digoreng garing kriyuk.
  • Tumis Sayuran. Bahan utama sajian ini adalah oyong, baby corn dan bayam. Kehadirannya di kuliner Khas Melayu menetarlisir masakan yang sebagian besar terdiri dari bahan hewani.
  • Cumi Asam Manis.  Ini sih sudah pasti rasanya seafood banget, apalagi tambahan saus tiram memperkuat cita rasa bahari.
  • Kerang Rebus.  Sebetulnya bumbunya sederhana hanya bawang putih, jahe, cabai dan potongan tomat. Pada intinya untuk menghilangkan bau amis. Kalau rasa tidak diragukan lagi. Tanpa bumbu apa-apa, kerang sudah nikmat. Rasanya kurang mantap tinggal dicocol ke sambal botol, saus atau sambal bikinan sendiri.
  • Tumis Pare. Meski rasanya pahit-pahit sedap banyak yang suka masakan ini. Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit salah satunya ,  diremas dengan garam lalu dibasuh bersih. Dan pare siap ditumis bersama potongan bawang dan cabai . Jangan lupa sertakan potongan laos dan tomat.
  • Ikan Selais Goreng. Seoarang rekan  kerja pernah menceritakan kelezatan ikan yang juga maskot kota Pekanbaru. Konon harga per kilogramnya bisa mencapai seratus ribu rupiah lebih. Setelah mencicipi versi goreng garing, ternyata benar. Layak panganan ini menjadi menu wajib coba jika bertandang ke Riau.

 

Rumah Makan Khas Melayu Riau
Jl. Adi Sucipto Simpang TigaPakanbaru, Riau, Indonesia 28284

Phone
0812-7581-184

Opening Hour
11:00 – 22:00 WIB

27 pemikiran pada “Rumah Makan Khas Melayu Riau

  1. huaaaa…mas danan ini kalo gak posting tempat2 kece, pasti makanan yang menggoda untuk dimakan… mana lapar pulak!

    aku suka yg ikan asam pedas n udang galahnya 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.