Video, vlog series

Empat Bulan Berkarya Bersama Dunia Kak Tije

Happy New Year!

Jika Gisel membuat 19 detik video yang fenomenal maka tahun lalu saya berkesempatan berkolaborasi membuat 19 video edukasi. Ranah yang sangat jauh dengan pekerjaan dan hobi saya sebagai travel blogger.

Berawal dari rekomendasi seorang teman dan tetangga kantor, Cahaya. Salah seorang kliennya, Kak Debby mencari tim produksi yang mampu mengerjakan video edukasi yang konsepnya membuat kerajinan dengan mendaur ulang barang yang tidak terpakai.

Pada awalnya saya tidak terlalu yakin untuk terlibat dalam pembuatan program bertajuk Dunia Kreatif Kak Tije karena selain bekerja, tahun ini saya belajar di Apple Developer Academy. Tapi setelah bertemu dengan Kak Tije dan Kak Debby, saya melihat ada sesuatu yang menarik, yaitu bagaimana memberikan alternatif tontonan yang menarik kepada anak-anak.

Dunia Kreatif Kak Tije

Setelah beberapa kali rapat akhirnya kami sepakati bahwa pengambilan gambar dilakukan saat akhir pekan dan Cahaya berperan sebagai produser plus sutradara. Ia bertanggung jawab mengarahkan pemeran dan membuat skenario. Sedangkan saya bertanggung jawab ke hal teknis seperti pengambilan gambar dan editing.

Produksi ini seperti hiburan baru bagi kami. Sebelum pandemi biasanya setiap akhir pekan saya jalan-jalan tapi sekarang setiap hari Sabtu melakukan pengambilan gambar dan hari Minggu mengedit video. Jadwal dibuat ketat agar tidak mengganggu pekerjaan di hari kerja.

Kami belajar banyak bagaimana membuat video edukasi. Bagaimana shooting di luar ruangan atau dalam ruangan. Time manajemen produksi agar semuanya berjalan efektif. Karena pada akhirnya dalam sehari kami bisa memproduksi tiga video sekaligus dengan konsep yang berbeda-beda.

Membuat Pilihan

Meski pandemi kesibukan bulan November 2020 sangat padat karena di saat mengerjakan tugas akhir di Apple Developer Academy, saya mendapatkan kesempatan mengikuti workshop penulisan skenario yang diadakan oleh Kemenparekraf selama dua minggu di Bogor.

Jadi mau tidak mau harus membuat pilihan agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Dengan berat hati saya mengundurkan diri dari tim Dunia Kreatif Kak Tije dan fokus dengan pekerjaaan, workshop dan tugas akhir. Tapi sebelumnya kami tetap memproduksi video hingga edisi natal (akhir tahun).

Terimakasih kepada Kak Tije dan Kak Debby yang sudah mengajak saya berkolaborasi. Tidak lupa kepa Cahaya (Neng Shopping) yang menceburkan saya ke proyek seru ini.

Berikut 19 Video Dunia Kreatif Kak Tije yang bisa menjadi inspirasi dan hiburan anak-anak di rumah.

3 tanggapan untuk “Empat Bulan Berkarya Bersama Dunia Kak Tije”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s