LaCie DJI Copilot BOSS – Eksternal Hardisk Bagi Traveler Sejati

Sedari awal saya menghindari hobi fotografi. Karena ketika memutuskan untuk membeli gear pertama maka disitulah racun pertama ditenggak dan akan membuat ketagihan seumur hidup.

Apalagi kamu punya hobi traveling maka habislah hidup kamu teracuni hobi yang satu ini. Tidak hanya kamera dan lensa yang selalu di-upgarde tapi perlengkapan pendukungnya seperti laptop, drone dan media penyimpan agar dokumentasi perjalanan semakin lengkap.

Dulu pertama kali traveling, saya hanya membutuhkan memory card 8 GB dan itu cukup untuk satu minggu. Sekarang? Wah saya harus membawa laptop dan hardisk eksternal untuk mem-backup file video berformat 4K dan foto RAW yang jumlahnya ribuan.

Ya sekali tarveling saya butuh ratusan GB memory. Duh banyak amat mas kenangnyan.

Traveling No Laptop

Untuk traveling yang murni jalan-jalan bukan tugas kantor atau bisnis, sebisa mungkin saya menghindari membawa laptop. Selain tidak praktis karena ukuran dan bobotnya yang memakan tempat di ransel. Saya selalu teringat pekerjaan kantor jika melihat laptop.

Ya kalau untuk memesan tiket dan ngeblog selama perjalanan atau mengedit video bisa dilakukan dengan ponsel atau tablet.

Lagian seringan-ringannya laptop ia jelas akan memberikan beban lebih saat traveling. Saat memasuki bandara di luar negeri, gear yang satu ini wajib dikeluarkan dari tas untuk dipindai.

LaCie DJI Copilot BOSS

LaCie merupakan produk hardarware yang fokus pada media penyimpanan data atau dikenal dengan hardisk. Semakin ke sini LaCie fokus dengan hardisk eksternal sesuai dengan kebutuhan pasar dengan media penyimpanan mobile dan tangguh.

Namun bagaimana jika nama besar LaCie disandingkan dengan DJI produsen drone ditambah embel-embel kata “Copilot”.

Gila Ndro sekarang drone sudah ada copilot nanti lama-lama ada pramugarinya.

Sejujurnya saya juga sempat berpikiran begitu, tapi ketika membuka kotak produk dan membaca katalognya saya jadi ngeh. Apalagi beberapa tahun belakangan pekerjaan saya dan teman-teman berhubungan dengan drone.

Untuk mengambil data atau foto di lapangan kami menggunakan drone dan yang menjadi kendala ketika di tengah pulau atau hutan kami kehabisan memori penyimpanan.

Solusinya kami harus membawa laptop untuk membackup data atau membawa beberapa memory card. Tapi semua ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Sudah diuraikan di atas membawa laptop ke lapangan itu sangat tidak praktis. Tapi kalau kalau membawa banyak memory rentang hilang atau terselip karena dimensinya yang kecil.

Mengintip File Melalui Gadget

Pertama kali unboxing LaCie DJI Copilot BOSS tidak mendapatkan banyak informasi bagaimana menggunakan hardisk eksternal ini.

Tapi nyatanya tidak sulit mengoperasikan hardisk berkapasitas 2 TB. Pertama yang harus dilakukan adalah mencatu daya agar memiliki power. Setelah itu memory card dimasukan ke dalam slot kartu yang tersedia.

Ketika power ditekan makan akan keluar indikator bahwa hardisk sudah on dan siap dipergunakan.

Untuk mempermudah pengoprasian saya menyarankan untuk menggunakan smartphone dengan menginstal aplikasi COPILOT BOSS terlebih dahulu.

Ketika kabel data dihubungkan antara LaCie DJI Copilot BOSS dengan smartphone makan secara otomatis aplikasi akan aktif dan ada notifikasi apakah data di memory card dicopy ke dalam hardisk.

Selanjutnya kita dapat melihat hasil foto dan video melalui gadget. LaCie DJI Copilot BOSS sangat memudahkan bagi saya yang hobi mengedit video smartphone. Jika ada video yang pas langsung dapat saya download ke ponsel.

Fotorgrafer Profesional

Meski namanya identik dengan produsen drone, LaCie DJI Copilot BOSS sangatlah cocok bagi fotografer profesional, terutama mereka yang hobi berpetualang di alam.

Karena selain tahan percikan air, debu dan guncangan, power LaCie DJI Copilot BOSS dapat digunakan untuk men-charging ponsel disaat darurat.

Jadi tidak berlebihan jika saya merekomendasikan bagi mereka yang hobi traveling ekstrim dan mengabadikannya ke dalam video ataupun foto. Nah jadi sekarang nggak ada alasan lagi untuk tidak membuat dokumentasi perjalanan dengan sebaik-baiknya.

Wah bisa nih tahun depan, jalan-jalan keliling Eropa sebulan tanpa kehabisan memory.

Spesifikasi
Kapasitas 2 terabyte (TB)
Dimensi : 5,3 ″ x 4,3 ″ x 1,4 ″ (136mm x 111mm x 36mm)
Berat : 1.2lbs / 0.53kg
Kompatibel dengan Window 10 atau lebih tinggi dan Mac OS X 10.10 atau lebih tinggi melalui USB-C 3.1, Thunderbolt, 3, USB 2 atau 3
Ponsel / tablet yang menjalankan iOS 10.3 atau lebih tinggi atau Android 4.4 atau lebih tinggi
Terhubung ke perangkat seluler melalui Lightning, micro USB, atau USB-C yang disertakan
Hadir dengan charger dinding dengan adaptor multi-negara serta adaptor micro USB
Demi referensi, drive 2TB dapat mengunduh kartu 31 x 64GB. Itu sekitar 70.000 gambar 20MP (masing-masing sekitar 28MB) dan jam video 4K. Kapasitas penyimpanan bervariasi tergantung pada pengaturan kamera Anda.

2 Comments on “LaCie DJI Copilot BOSS – Eksternal Hardisk Bagi Traveler Sejati

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: