Jomblo Piknik Honeymoon Genting Dream Cruises (Singapura – Melaka)

Sebetulnya piknik ini cukup absurd bagi seorang jomblo. Bayangkan jomblo seakut gue mendapat hadiah bulan madu dari pameran Wedding Expo tepat tiga hari setelah hari Valentine. Bulan madunya kagak tanggung-tanggung, naik kapal pesiar 3 hari 2 malam. Ironis!

Begitulah alam semesta memberikan tanda dan kode yang nyata bahwa seharusnya gue sudah duduk di pelaminan dan melaksanakan ritual belah duren di ajang bulan madu. Tapi… Jodoh, rejeki dan maut sudah ada yang ngatur. Biarlah bulan madunya dulu, jodohnya belakangan.

Kalian yang sudah punya pasangan dan “bahagia” jangan julid dengan pertanyaan. “Kak naik kapal pesiarnya sama siapa?”

Persiapan Keberangkatan

Akhirnya hari yang dinanti itu tiba, bulan April 2019 di tengah iklim politik Indonesia yang mulai memanas gua piknik bersama Dream Genting. Kapal pesiar berawak 2000 yang mampu melayani 3000 pelancong. Kali ini rutenya sederhana saja, dari Singapura ke Melaka lalu kembali ke Singapura.

Walau konon kapalnya akan berangkat dari Marine Bay Cruise Center pukul 21:00, gua dari Batam berangkat pukul 15:00 untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti terganjal di imigrasi.

Dan benar saja sesampai di Marine Bay Cruise Center antrean sudah mengular dan kami langsung disambut petugas dan menjemput tas kami untuk dimasukan ke bagasi. Sebagai informasi ternyata ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke kapal.

Sebetulnya di tiket dilampirkan beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pelayaran, termasuk membawa peralatan masak. Tapi yang namanya manusia, ada saja yang khilaf dan dengan terpaksa rice cooker, catokan dan teko elektrik harus ditinggal.

Sebetulnya tidak ada persiapan khusus untuk trip ini tapi penyelenggara menyarankan untuk membawa barang secukupnya dan yang mempermudah proses loading/unloading barang.

Bagi saya pribadi yang harus diperhatikan adalah waktu check in (tertulis di tiket) dan kelengkapan dokumen perjalanan termasuk kopian paspor. Karena selama di atas kapal, paspor kita akan dipegang oleh pihak kapal (termasuk ketika jalan-jalan di darat) dan baru dikembalikan ketika akan sampai kembali di Singapura.

Setelah check in penumpang akan diberikan Sea Pass yang fungsinya sebagai kartu akses dan wajib dibawa kemanapun, termasuk ke kamar mandi. Karena beberapa area kapal dan wahana hanya bisa dimasuki dengan menggesek Sea Pass.

Kamar Rakyat Jelata

Sebetulnya tidak ada yang dapat dibanggakan dari kamar saya karena room bernomor 10003 letaknya lumayan jauh dari lift. Mungkin karena kamar paling murah, jadi tidak memiliki jendela apalagi balkon. Tapi tenang karena selama di kapal, saya lebih banyak menghabiskan waktu di luar kamar.

Walau luasnya hanya 13 meter persegi, kenyamanan interior stateroom tetap terjaga karena fasilitasnya tidak berbeda dengan kamar yang kelasnya lebih tinggi.

Favorit saya smart TV yang menyediakan beragam film dan bisa difungsikan untuk memesan beragam atraksi. Oh iya minusnya kapal ini tidak memiliki wifi gratis. Tapi sisi positifnya sih, gegara tidak ada jaringan internet, kita tidak terlalu sibuk online dan dapat menikmati liburan dengan maksimal.

Makanan Melimpah

Kenorakan hakiki adalah ketika naik kapal pesiar kamu takut kelaparan lalu membawa stok mie instan dan camilan satu koper penuh.

Duh Mblo, kamu tahu nggak kalau semua makanan di THE LIDO (resto di deck 16) itu gratis dengan menu masakan Melayu, India, Western dan China. Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan kalau ada gerai camilan yang buka 24 jam.

Bosan dengan menu makanan di THE LIDO, ada 35 restoran berbayar yang menyediakan menu makanan dengan nuansa terbaik yang memanjakan cita dan rasa.

Ketika pertama kali menjejakan kaki di Dream Genting penumpang langsung disambut dengan aneka menu barbequ tepat di samping kolam renang dekat THE LIDO.

Sambil makan malam, penumpang menikmati pemandangan samudra yang mulai meredup bersama rona magenta. Kapalpun bergerak meninggalkan Singapura menuju Malaysia.

Dream Cruises Onboard app

Sebelum masuk geladak kapal penumpang diberikan selebaran yang isinya jadwal beragam atraksi. Karena kuotanya terbatas beberapa atraksi ini memang harus dipesan terlebih dahulu.

Agar tidak ketinggalan atraksi favorit seperti China Got Talent, saran saya sebelum naik ke atas kapal instal Dream Cruises Onboard app (kalau bisa dari tanah air) di ponsel.

Wifi gratis di kapal hanya bisa digunakan untuk mengaktifkan aplikasi ini, jadi jangan khawatir jika tidak memiliki paket internet internasional.

Sebetulnya pendaftaran wahana bisa dilakukan manual di INBOX (deck 6) tapi akan jauh lebih mudah dan efektif dengan menggunakan aplikasi. Selain itu aplikasi ini memuat informasi itinerary perjalanan, ramalan cuaca dan safety selama di kapal.

China Got Talent

Salah satu atraksi yang berkesan adalah China Got Talent. Konspenya mirip ajang pencarian bakat di televisi, dilakukan secara live di Zodiac Theatre lengkap dengan komentator serta tata panggung dan cahaya yang luar biasa.

Walau di malam kedua atraksi ini diusung ke ruang publik 360 Bar, rasanya saya tidak bosan untuk menontonnya berkali-kali. Bagi kamu yang penasaran seperti apa keseruan China Got Talent, dapat menonton vlognya di sini.

Zouk Beach Club

The Zouk identik dengan beberapa tempat dugem keren di jaringan Genting. Jika kamu bertandang ke Malaysia atau Singapura akan menemukan dunia gemerlap terbaik di The Zouk.

Zouk Beach Club di kapal Genting Dream tepat berada di buritan dengan nuansa putih dan sebuah layar besar. Susnan tempat duduknya mirip stadiun tapi lebih santai karena tersedia meja dan sofa emput yang membuat pengunjung mager (males gerak).

Selain untuk pesta Zouk Becah Club asik buat nobar atau sekedar leyeh-leyeh manja sambil menikmati nuansa laut terbuka. Tepat di ujungnya terdapat jacuci dengan pemandangan langsung ke laut. ( Eh ini rahasia ya, karena orang banyak yang nggak tahu)

Waterslide Park

Daya tarik utama Genting Dream ada seluncuran air yang melintas dari dek teratas sampai dek kolam renang. Sudah dapat dipastikan atraksi ini memacu adrenalin apalagi bagi rakjel yang baru pertama kali melihat waterpark di atas kapal pesiar.

Jika tak memiliki nyali untuk seluncuran pilihannya kolam renang yang berada di dek utama. Oh iya untuk anak-anak tersedia waterpark yang tidak terlalu ekstrim.

Saran saya sih jika berlibur ke sini pastikan membawa pakaian renang dan bikini. Rugi banget jika tidak menjajal serunya wahana air.

This image has an empty alt attribute; its file name is 32.jpg

Olahraga & Rekreasi

Kalau ada yang bertanya, “Kak fasilitas di kapal pesiar itu apa sih?”

Duh jelasinnya musti panjang lebar kayaknya, terutama buat saya yang anaknya gampang kagum. Maklum baru pertama kali naik kapal pesiar. Gimana naik Royal Cariibien yang yang besarnya lima kali lipat.

Karena nggak terlalu hobi olahraga dan piknik kali ini ingin lebih santai, jadi nggak tahu kalau ternyata di kapal ini banyak banget fasilitas olahraganya. Mulai dari yang yang ekstrim seperti rock climbing sampai e-sport.

Terus kalau ingin leyeh-leyeh gimana? Oh kalau kamu anaknya mager dan pengen ngabisi duit di Genting Dream ada zone khusus bertaruh. Tapi ingat ya wahana ini khusus dewasa.

Tapi kalau aku pribadi daripada bertaruh, lebih suka shopping. Jelang pukul 21: 00 waktu Singapura diadakan sale yang ternyata harganya murah. Ya iyalah Kak kita kan ada di perairan internasional , jadi tidak kena pajak.

Jadi ceritanya teman aku naksir gelang kristal swarovksi yang harganya83 SGD. Kita pikir nanti saja beli di Singapura. Eh ternyata sampai di Singapura harga paling murah 120 SGD. Jadi saran aku, kalau kamu niat belanja di Genting Dream, belanja aja daripada nyesel.

Berikut daftar fasilitas kapal pesiar yang dapat diunduh.

Lokasi Foto Instagramable

Pada awalnya saya tidak ada keinginan untuk banyak berfoto. Tapi siapa yang mampu menolak lokasi foto instagramable seperti ini?

Aktivitas Lainnya

Setelah sampai di Port Dickson penumpang diberikan kesempatan untuk turun ke daratan menikmati kota Melaka di Negeri Sembilan, Malaysia. Tapi bagi penumpang yang tetap ingin di kapal tersedia aneka hiburan selain fasilitas di atas.

Salah satunya yang saya menyesal tidak mengikutinya adalah mengintip dapur dan melihat persiapan kru mempersiapkan makanan. Selain itu ada juga kunjungan ke ruang kapten dan melihat aktivitas kru menjalankan kapal.

Jelang pagi anak-anak juga bisa berenang bersama Mermeid dan malam harinya ada pertunjukan live music dan Rock n Roll partu di Zouk Beach Club. Kuncinya sih rajin-rajin membuka aplikasi atau membaca newspaper sehingga bisa tahu ada aktivitas apa saja,

Hari Terakhir

Malam terakhir di Genting Dream kami mendapat selebaran jadwal dan prosedur check out. Tidak mudah memang mengatur ribuan orang keluar kapal dengan jumlah pintu dan waktu yang terbatas. Oleh karena itu waktu check out dikelompokan berdasarkan deck kamar penumpang.

Memang sih kapal baru akan merapat di Singapura pukul 12 siang tapi proses check out sudah dilakukan sejak pagi, terutama pengambilan paspor dan pengumpulan tas.

This image has an empty alt attribute; its file name is 1-1.jpg

Setelah keluar kapal penumpang tetap harus melalui pemeriksaan imigrasi. Ya lumayan panjang antrinya tapi cukup terorganisir dengan baik. Orang tua dan anak-anak tetap mendapatkan prioritas.

Setelah trip ini selesai saya masih bengong dan tidak percaya. Duh Gusti mimpi apa sih, jomblo seperti saya dapat hadiah liburan bulan madu naik kapal pesiar.

Terimakasih lho buat HARRIS Batam Center yang mengadakan acara Wedding Expo.

Tips Rakyat Jelata

Wifi – Bagi kamu yang tidak berniat membeli paket internet atau kartu GSM Singapura tapi ingin menggunakan aplikasi taksi online dapat meminta pasword free wifi di lantai atas Marine Bay Cruise Center dan free wifi pelabuhan Harbourbay.

Taksi – Transportasi dari pelabuhan Harbourbay ke Marine Bay Cruise Center atau sebaliknya dapat menggunakan taksi online. Di Singapura sudah tersedia GO-CAR dengan tarif sekitar 10 SGD.

8 Comments on “Jomblo Piknik Honeymoon Genting Dream Cruises (Singapura – Melaka)

  1. mau nanya pas turun ke port dickson, ke melaka nya disediakan free shutle bus atau jalan masing2, dan seperti nya lumayan jauh dari port dickson ke kota melaka nya.
    terimakasih

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: