Jalan2Cuap2 Video

12 Video Berkesan Jalan2Cuap2 2016

Jalan2Cuap2 – Tahun ini sebetulnya  ingin lebih rajin  ngeblog (menulis) tapi nyatanya membuat video jauh lebih menyenangkan. Tanpa sadar tahun 2016 sudah membuat 53 video lebih yang artinya setidaknya seminggu sekali ada video baru tayang di channel youtube dananwahyu.

Proses kreatif tidak selalu menghasilkan karya terbaik tapi selalu ada pengalaman baru yang memberikan inspirasi  untuk karya selanjutnya. Berikut 12 Video berkesan Jalan2Cuap2 2016.

1. Museum Camera George Town Penang

Setelah  dikomporin  Teh Lina dan Mbak Dian ketua suku Blogger Kepri untuk berkontribusi di Citizen Journalistik NET TV , semakin bersemangat membuat video perjalanan.  Kalau dimuat tak hanya eksis masuk TV tapi juga mendapat honor,  lumayan duitnya  bisa untuk beli hermes di  pasar Jodoh.

2. Culinary Experience With Red Planet

Disela kesibukan dinas luar kota  memproduksi video pendek hotel dan pengalaman kuliner di Pekanbaru.  Demi mendapatkan sudut pengambilan gambar yang bagus (timelapse) pindah  tidur ke hotel melati di samping  Red Planet Pekanbaru. Hobi itu mahal teman , kadang butuh totalitas yang nggak bisa diukur dengan uang untuk hal-hal yang mungkin dibilang nggak penting kata orang.

3. Nongsa Regatta 2016 – Wonderful Indonesia

Ketika angin utara berhembus memang saat yang tepat untuk berlomba yacht tapi bagi yang tidak tahan bisa langsung kena mabuk laut.

Pengalaman ini juga yang akhirnya mengumpulkan beberapa teman Blogger Kepri untuk meliput kegiatan berstandar Internasional di Batam. Sampai dibuatkan acara khusus untuk komunitas blog yang belum genap setahun waktu itu.

4. Tergoda Puncak Batur

Kuis Travelution 2016 Garuda Indonesia a membawa saya ke destinasi mainstream pulau Dewata. Dan siapa sangka pendakian tak terduga Gunung Batur terjadi. Saat pendakian penyakit asma saya yang sempat menghilang kambuh. Mungkin ini bentuk protes  paru-paru dan saluran pernapasan ketika harus memompa cepat memberikan asupan oksigen tubuh dengan bobot lebih dari 100 kg.

Jadi traveller nggak harus langsing tapi harus fit dan sehat.

5. Selangor International Culinary Adventure

Tantangan video ini adalah merangkum perjalanan kuliner selama 4 hari di Selangor. Bagaimana membuat penonton tak hanya merasakan petualangan di negeri Selangor tapi juga tergoda untuk menikmati kuliner  di sana.

Apakah video ini berhasil mengajak penonton lapar?

6. Anambas Part 1

Perjalanan ini sebetulnya sudah hampir setahun dan baru sempat dieditdi pertengahan 2016 dan ini baru 1/8 kisah  stok video Anambas .

Gegara video ini saya memenangkan sebuah lomba yang hadiahnya jalan-jalan ke Bali. Ini penghargaan video pertama dan rasanya terharu banget.

Lalu kapan video Anambas berikutnya diedit? *hening*

7.  Jalan-Jalan ke Infinite Studio

Tahu dong film Headshot Iko Uwais. Nah itu pengambilan gambarnya di Infinite Studio, studio film terbesar di Asia Tenggara.

Akhirnya saya bisa masuk setelah memimpikannya lebih dari dua tahun. Meski berlokasi di pulau Batam, mayoritas film yang diproduksi di sini adalah film  mancanegara jadi akses masuk tidak gampang.  Apalagi kalau hanya jalan-jalan karena jika  shooting beberapa area menjadi sangat rahasia.

8. Mengintip Kapal Perang Angkatan Laut Singapura 

Sebetulnya pameran ini khusus untuk warga negara Singapura dan permanent resident . Tapi karena beruntung  ketika saya s melihat pameran di Vivo City seorang anggota marinir wanita memberikan tiket masuk kapal perang angkatan laut Singapura.

Tanpa ragu saya ikut mengantri masuk ke atas kapal , meski deg-degan takut disuruh menunjukan ID Card warga Singapura.

9. Pesta Topeng Sekura Lampung Barat

Trip dalam suasana Idul Fitri kali ini sebetulnya agak maksa, selain maksa Emak untuk kasih ijin , memaksakan waktu cuti hari raya.  Ya masak kamu sudah membuat video di negeri orang , kampung sendiri nggak pernah. Kemana rasa nasionalisme mu?

10. Ironman  70.3 Bintan 2016

Walau gelaran ini berlangsung Bintan Kepulauan Riau tapi merupakan series triathlon terbesar di dunia dan diikuti oleh ribuan atlet dari 40 negara.

Kebayang dong gimana serunya dan euphoria laga yang rasanya tidak seperti di Indonesia.

11. Sunset Carnival Beach Blast 2016

Seperti kebanyakan youtuber untuk menghasilkan video yang maksimal  kadang harus bekerjasama. Kali ini saya bekerjasama dengan Jekko dari http://www.planetheli.com untuk mengambil video arial di Sunset Beach Blast 2016.

Kapan ya aku diajak kerjasama dengan Awkarin?

Kalau ada pihak lain yang mengajak berkolaborasi silakan Kakak.

12. Formula 1 Petronas Malaysia Grand Prix 2016

Aku tuh aslinya nggak suka banget dengan balap motor atau mobil. Tapi kalau tiket gratis menonton F1 di tribun paling depan sudah di depan mau diabaikan?  Maka dengan segenap tenaga membuat video Menonton F1 di Sepang.

Seperti halnya menulis , bagi saya  membuat video itu proses kreatif yang kadang  merupakan  rekreasi murah dan juga produktif. Ketika akhir pekan tidak berpergian nggak   ada yang lebih indah dibandingkan  duduk berjam-jam di depan laptop.

Memotong gambar lalu menyusunnya dengan panduan  imaji di otak  tanpa mengabaikan ritme  musik. Konon memotong video tak sesuai ketukan musik akan mengganggu mood penonton.

Terakhir mengisi suara (over voice) video yang sudah setengah jadi. Wah kalau ini benar-benar jadi momen palin endes. Tanpa script saya bisa berceloteh manja berkisah perjalanan.

Meski semua karya ini masih jadi dari kata sempurna  paling tidak memberikan warna berbeda di blog saya tahun ini.

Apa warna berbeda di blog mu tahun ini? Banyak job review atau banyak trip gratisan? * jeng-jeng langsung berganti dengan musik horor* Lalu semua blogger jadi sensi dan baper. Maaf Kak ini bercanda doang 😀 .

Dan pertanyaannya kalau tahun depan video saya lebih banya dari tulisan di blog . Masih bolehkah saya mengaku sebagai blogger?

 

 

 

 

 

 

 

 

16 komentar

    1. Travelling nggak harus dari tawaran manggung KAK. Aku malah rindu Long trip dengan biaya sendiri . Bayangkan tahun lalu tiga trip impian : Taiwan, Vietnam dan Lombok harus diiklaskan karena ngga ada cuti karena terlanjur diambil utk piknik dibayarin

      Disukai oleh 1 orang

  1. drpd nunggu tawaran gak dateng2 taun depan aku mau pelan2 berubah haluan dr travel blogger ke tv blogger aja om, cukup nonton tv, terus nulis di blog… capek di-phpin terus om, lebih capek drpd tanding sampe subuh

    Disukai oleh 1 orang

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.