2016 FORMULA 1 PETRONAS MALAYSIA GRAND PRIX

Akhir Pekan Singkat – Menonton Formula 1 Petronas Malaysia 2016

Tawaran tiket terusan 2016 Formula 1 Petronas Malaysia Grand Prix , 30 September -2 Oktober 2016 benar-benar menggoda iman.

“Ini MGS Crystal lho Nan. Duduknya di depan podium, jelas banget kalau mau lihat umbrella girl eh pembalap maksudnya”, ujar Bang Edi.

Deg! Jantung saya mau copot membayangkan mbak mbak cantik ber bikini sambil membawa payung. Tapi sepertinya tidak bisa meninggalkan kantor akhir pekan ini karena monthly report  belum dibuat dan harus mempersiapkan acara kantor Senin depan.

“Kita nonton racing-nya aja 2 Oktober. Jadi berangkat Sabtu sore dari Batam Center dan Senin pagi sudah sampai Batam, siap ngantor.”

Dan sayapun akhirnya pasrah tergoda piknik akhir pekan yang amat singkat namun kece  apalagi bagi penggemar formula one.

Semalam Batam – Kuala Lumpur

Dengan menumpang feri  terakhir pukul 18:00  saya bersama blogger dan rekan media menuju Johor Bahru. Sejak pagi cuaca di Batam memang tidak bersahabat,  jadi agak khawatir  kalau feri terakhir dibatalkan dengan alasan keamanan.

Sebetulnya ada beberapa pilihan transportasi darat dari Johor ke Kuala Lumpur dan kami memilih dengan menumpang bus terakhir pukul 12 malam. Biasanya bus terakhir lebih cepat karena tidak banyak berhenti. Dan saya juga bisa lebih fokus tidur dan beristirahat dengan menumpang bus malam.

Lalu ngapain ya menunggu bus dari jam 9 sampai 12 malam. Ya ngemil santai  mengisi lambung  di terminal Larkin. Intinya perut diisi banyak-banyak sampai kantuk datang menyerang. Kalau sudah begini , begitu  menyentuh kursi empuk dan serbuan hawa dingin  AC mata langsung terkatup rapat.

Halte MRT KL Sentral menuju sirkuit Sepang, tarif RM 35 pulang pergi
Halte MRT KL Sentral menuju sirkuit Sepang, tarif RM 35 pulang pergi

Begitu mata terbuka sampai di Terminal Bersepadu Selatan , Bandar Tasik Selatan dan semua penumpang diturunkan di sini. Ternyata  bus terakhir tidak sampai Puduraya. Tapi tidak masalah karena sejak pagi buta monorail dan MRT sudah beroperasi . Jadi kita langsung bergerak ke KL Sentral.

Tranpsportasi KL – Sepang

Euphoria formula one sudah terasa di KL Sentral , terlihat orang lalu lalang dengan baju bertema formula one. Pilihan transportasi menuju  Sepang juga beragam.

Bagi yang berkantung pas-pasan seperti saya , tersedia rapid KL dengan tarif 35 RM pp. Pool-nya berada persis di depan KL Sentral dan jadwal keberangkaan setiap 15-30 menit. Dan seperti dugaan saya, ketika berangkat tidak terlalu padat tapi jelang pulang dari Sepang antriannya mengular panjang.

Titik kebrangkatan tidak dari KL Sentral saja tetapi ada dari KLCC dan KLIA dengan estimasi perjalanan 1 jam dari KL Sentral dan KLCC  dan 30 menit dari KLIA.

Bus KLIA Transit Transfer Package , transportasi cepat menuju Sepang
Bus KLIA Transit Transfer Package , transportasi cepat menuju Sepang

Sedangkan bagi mereka berkantung tebal, tersedia bus dengan jargon “The Fastest Way To The Race. Dengan tarif  paketan 3 hari 200 RM , 2 hari (Sabtu & Minggu) 170 RM dan 1 hari 50 RM.

Paket ini  kombinasi antara kereta dan bus dengan titik keberangkatan dari KLIA dan KL Sentral.

Lalu  kami  naik apa? Beruntung kami mendapat tumpangan dari seorang kerabat Bagir (blogger Batam) yang tinggal di Syah Alam. Jadi tinggal duduk manis di KL Sentral  kami di jemput oleh Sham. Terimakasih Sham 😀

Mau beli tiket go show, Silakan saja :D
Mau beli tiket go show, Silakan saja 😀

Selamat Datang di Sepang

Memasuki kawasan Sepang yang konon bekas perkebunan sawit , suasannya hampir mirip dengan Nusa Jaya , Johor Bahru. Meski matahari terasa hanya sejengkal dari kepala  tak menyurutkan niat orang untuk menyaksikan perhelatan akbar race bertaraf internasional.

Meski race utama (Grand Prix 56 laps)  dimulai sore hari tapi penonton sudah berdatangan  sejak pagi. Rasanya sayang melewatkan pameran dan bazar perhelatan sebesar ini. Hampir semua komunitas otomotif dan motor di Malaysia berkumpul di sini.

Beberapa komunitas mengadakan pameran kendaraan dan jadi ajang menarik bagi “banci kamera” dan penggemar fotografi. Penghobi formula F1 tak kalah heboh dan bersemangat. Bayangkan kamu dapat membeli beragam cinderamata dan asesories  dengan harga relatif murah dan banyak bonus. Iya murahnya tergantung term & condition kondisi ekonomi kamu.

sayang nih tiket terus tiga hari baru diambil pada hari ke-tiga
sayang nih tiket terus tiga hari baru diambil pada hari ke-tiga

Kebanyakan penonton membeli tiket secara secara online tapi tetap ada yang membeli secara  langsung di loket sirkuit.  Dan  antrian tak terlihat mengular di loket tiket. Keramaian lebih  berpusat di pintu masuk dan area pameran, yang memang sayang untuk dilewatkan.

mau belanja oleh-oleh tema F1 silakan mampir ke stand di samping
mau belanja oleh-oleh tema F1 silakan mampir ke stand di samping

Karena ini perhelatan internasional jangan heran kalau tempat parkir tidak hanya untuk kendaraan  bermootr saja tapi juga helikopter. Tarif parkir kendaraan bervariasi mulai dari 50- 200 RM , semua tergantung jarak dengan pintu gerbang sirkuit.

Jadi meski membawa kendaraan pribadi tetap harus jalan kaki menuju tempat race.

pameran penggemar mobil mahal jadi ajang narsis
pameran penggemar mobil mahal jadi ajang narsis

Formula One Grand Prix

Pengalaman pertama itu selalu luar biasa , begitu juga dengan menonton formula one langsung di Sepang. Jujur ya. Aslinya saya bukan penggemar fanatik formula one tapi euphoria ajang ini menarik untuk diulik. Melihat ulah penonton sejak pintu gerbang Sepang hingga kursi di sisi sirkuit.

MGS Crystal , tribun di depan podium. Konon harga tiketnya RM 1429
MGS Crystal , tribun di depan podium. Konon harga tiketnya RM 1429

Sebetulnya sejak pagi sudah digelar beberapa series race  mulai dari GP 3 dan GP 2 tapi tetap yang mengundang antusia partai terakhir yaitu Grand Prix 56 laps.

Sebelum gelaran puncak dimulai penonton dihibur dengan barisan  pakaian  tradisional Malaysia. Gadis-gadis cantik  membawa papan nomor pembalap berjalan menempati area mobil. Gelaran dibuka dengan lagu  kebangsaan Malaysia yang dikumandangkan oleh Fazura, biduan tersohor Malaysia.

nggak ada umbrella girl, adanya kakak ini :D
nggak ada umbrella girl, adanya kakak ini 😀

Tak lama berselang  arena pertandingan terlihat semakin sibuk . Beberapa  awak media, fotografer , tim pengaman sampai engineer tim bersiap. Namun yang paling mengundang perhatian ketika para pembalap muncul dari tribun utama. Penggemar fanatik berteriak memanggil-manggil nama jagoannya sambil tidak henti-hentinya memfoto.

Daniel Ricciardo sebelum bertanding
Daniel Ricciardo sebelum bertanding
menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia
menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia
kesibukan mekanik dan engineer masing-masing tim sebelum pertandingan
kesibukan mekanik dan engineer masing-masing tim sebelum pertandingan

Ketegangan semakin terasa tak kala para  pembalap masuk ke dalam kabin mobil bermesin jet. Raungan suara mesin digas maksimal seolah menggetarkan langit Sepang tapi tak  menyurutkan antusias. Penonton makin bersorak gembira , tak sabar melihat pembalap berlaga. Ah begini rasanya menonton langsung Formula one langsung.

12

Tepat pukul 15:00 waktu setempat racing dimulai. Hamilton langsung melesat di urutan pertama memimpin pertandingan. Namun  dewi fortuna belum berpihak kepada pembalap berkulit gelap  tim Mercedes. Jelang lap ke-41 mobilnya bermasalah dan tidak bisa menyelesaikan garis finis.

Hingga akhirnya posisinya digantikan oleh Daniel Ricciardo pembalap  asal Australia hingga pertandingan berakhir.

Redbull Tim bersiap melesat
Redbull Tim bersiap melesat

Meski sempat mengalami kecelakaan , nasib Nico Rosberg lebih beruntung dibandingkan rekan satu timnya Hamilton . Pembalap asal Jerman ini akhirnya mampu menyelesaikan pertandingan di posisi ketiga dan membawanya ke klasemen utama  dengan poin 288.

finally. Kamera saya bisa menangkap mobil melesat cepat
finally. Kamera saya bisa menangkap mobil melesat cepat

Kali ini tim Red Bull menguasai podium utama, tak hanya Daniel Ricciardo yang berdiri sebagai jawara. Max Verstappen pembalap asal Belanda menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1:39.366.

Bagaimana dengan Hamilton? Tenang gaes, bagi kamu penggemar fanatik pembalap berusia 31 tahun ini. Meski tak menyelesaikan pertandingan ia masih berada di posisi kedua klasemen sementara, terpaut tiga poin di bawah Nico Rosber.

suasana tribun depan podium menyaksikan laps terakhir
suasana tribun depan podium menyaksikan laps terakhir

Usai pertandingan kegembiraan penonton tak terbendung lagi. Bagai sebuah ritual para penonton melompati pagar , berlarian berhamburan memenuhi jalan podium utama. Dari sekedar ingin melihat pembalap pujaan dari dekati ,  memberikan selamat hingga bersorak bergembira bersama merayakan kemenangan.

Kegembiraan pendukung  Daniel Ricciardo asal Australia tak terbendung lagi. Beberapa pria nekat melepaskan pakaian dan hanya berkancut (motif bendera)  lalu menari-nari.

Usai racing penonton menghambur di depan podium
Usai racing penonton menghambur di depan podium
senyum mengemmbnag Daniel Ricciardo menjadi juara
senyum mengemmbnag Daniel Ricciardo menjadi juara
Tim Red Bull merayakan kemenangan dengan minum campign dari sepatu
Tim Red Bull merayakan kemenangan dengan minum campign dari sepatu
fans fanatik Australia berkancut ria merayakan kemenangan
fans fanatik Australia berkancut ria merayakan kemenangan

Meski tim  atau pembalap kesayangan  belum beruntung semua orang jelas gembira dalam perayaan. Karena sejatinya tak hanya kemenangan yang patut dirayakan tapi sportivitas dan semangat bertanding secara fair.

Penonton  pun bergeser ke Venue Star Stand di luar sirkuit , bersiap menyaksikan aksi Usher di After Race Concert!

Tips Menonton Formula One di Sepang

  • Datang lebih awal untuk mengunjungi stand pameran dan mendapatkan tempat parkir terdekat jika membawak kendaraan pribadi.
  • Beli tiket online untuk menghindari antrian di loket.
  • Tentukan transportasi umum titik keberangkatan dari terminal atau bandara.
  • Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan alas kaki nyaman untuk berjalan kaki.
  • Persiapkan pelindung sinar matahari  seperti topi, payung, sun glasses dan tabir surya.
  • Bawa minuman ekstra karena cuaca di Sepang sangat panas.
  • Sediakan ear plug (pelindung telinga) menghindari bising suara mobil selama pertandingan.

Setelah dislomotion baru ketangkep kamera. #slomotion #sepang #formula1

A post shared by Danan Wahyu Sumirat (@dananwahyu) on

Tulisan ini merupakan undangan Malaysia Tourism Promotion Board
Tulisan ini mendapat dukungan dari  Malaysia Tourism Promotion Board

24 pemikiran pada “Akhir Pekan Singkat – Menonton Formula 1 Petronas Malaysia 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.