Saturday Night , Beach & Barbeque

Malam panjang datang menjelang, bukan berarti mereka yang belum menemukan pasangan pantang bahagia. Bahagia tak harus berdua, bisa saja sendiri atau beramai-ramai,  bersama menikmati malam panjang dengan barbeque.

Panggangan berisi arang disiapkan dekat pantai. Saat mentari meredup arang-arang mulai dipercikan bunga api hingga membara. Lidah api menjilati sirloin, tenderloin, cube roll, dan rump. Lalu panas berlahan memecah jaringan ikat kolagen pada serabut daging agar nantinya mudah dikunyah. Terdengar sangat ilmiah , namun beginilah proses barbeque.

Orang  awam agak sulit membedakannya antara barbeque dan memanggang (grilling). Bukankah keduanya sama-sama dibakar? Benar,  tapi proses grilling dilakukan dengan cara cepat dengan menggunakan suhu tinggi dan didekatkan ke api langsung. Sedangkan proses barbeque lebih lambat menggunakan panas tidak langsung dengan suhu rendah sehingga memiliki aroma asap.

Manusia purba telah mengenal barbeque.  Teknik memasaknya mirip dengan memanggang karena daging dimasak secara berlahan dan tidak langsung didekatkan dengan api.

Bukan kebetulan jika sore ini saya berbarque ria di tepi pantai Turi Beach bersama beberapa rekan.

Secara etimologi barbaque/barbecue berasal dari kata barabicu merupakan  bahasa orang Taino, Kepulauan Karibia dan Timucua Florida. Kata Barbeque sendiri sering digunakan untuk mengartikan “social gathering” dimana kita berkumpul bersama, ada makanan yang disajikan, umumnya  di luar ruangan dan sering dilaksanakan sore maupun malam hari. Pas banget buat yang malam minggu jomblo untuk bersosialisasi alias kongkow-kongkow.

pantai Turi Beach lokasi yang cocok untuk berbarbeque
pantai Turi Beach lokasi yang cocok untuk berbarbeque
Ini proses grilling atau barbeque?
Ini proses grilling atau barbeque?

Lupakan sejenak perbedaan antara barbeque dan grill . Mari  mengulik steak, sajian kuliner yang prosesnya melalui proses bakar-bakaran. Gumpalan besar daging dibakar di atas bara api . Jika ingin memperoleh steak setengah matang dengan bagian tengah berwarna merah jambu. Tak perlu lama membakarnya , sejenak saja kulitnya sudah kering

Dimasak setengah matang , daging tidak kehilangan rasa aslinya dan teksturnya lebih juicy. Namun yang perlu diperhatikan cara menangani daging sapi. Jika menggunakan daging sapi beku, pastikan es meleleh sempurna sebelum daging masak. Agar kandungan air dalam daging tidak merusak cita rasa steak.

7

Setelah dibakar daging dipotong melintang serat, dari sini makin terlihat tingkat kematangan steak medium atau well done.

Selain visual ada cara mengenal tingkat kematangan daging melalu indra peraba. Bantalan telapak tangan dibawah ibu jari dapat dijadikan pembanding. Jika kita tekan akan  terasa dua bagian , yang satu kenyal padat dan yang lain lebih empuk.

Raba   steak yang telah dipanggang, jika mirip dengan bagian kenyal padat berarti tingkat kematangan well done. Jika empuk maka kematangan daging medium.

memotong steak untuk mengintip tingkat kematangan
memotong steak untuk mengintip tingkat kematangan

Jujur saya suka steak well done, tapi ternyata medium ngga kalah lezat. Setengah matang tapi kok ngga amis?

Rahasianya terletak cara meng-handle daging. Beberapa daging seperti kambing butuh perlakuan khsusus agar aroma tak sedap muncul.

“Kalau daging kambing sebelum dibakar direndam dulu dengan bumbu dan mayonise”, ujar koki membocorkan rahasia.

steak dengan saus lada hitam
steak dengan saus lada hitam

Ternyata berbaque tidak asal bakar-bakaran. Ada teknik masak yang mampu memaksimalkan cita rasa. Namun bagi saya apapun  bakarannya, kebersamaan merupakan hal utama. Duduk melingkari api , sesekali membolak-balik daging atau ikan.

Sate termasuk barbeque atau grilling?
Sate termasuk barbeque atau grilling?

Repot mempersiapakan atau belum menemukan pantai cantik untuk pesta barbaque. Datang saja ke Turi Beach Resort setiap malam minggu. Jika cuaca cantik anda dapat menikmati pendar lampu negara tetangga sambil menyantap masakan lezat.

~Happy Weekend~

12

Saturday Fusion B.B.Q. Dinner Buffet With Live Entertainment
Every Saturday from 18.30 to 21.30 at Aqua Poolside
(subject to weather conditions)

Rp. 277.200++ per person
including
handicraft giveaway & over 2M Rupiah lucky draw prizes
Kids club available
Free buffet for children below 5 years old
50% discount for children below 12 years old

6 pemikiran pada “Saturday Night , Beach & Barbeque

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s