Meet Old and New Friends in Yong Kee

 menu lain di resto Sup Ikan Yong Kee
menu lain di resto Sup Ikan Yong Kee

Ini bukan pertama kali makan di Yong Kee , resto tersohor di Batam dengan  menu andalan sup ikan . Tapi ada  yang lebih spesial dibandingkan menikmati semangkuk sup hangat yaitu mempertemukan dua teman, baru dan lama.

suasanan Yong Kee Resto
suasanan Yong Kee Resto

Makan malam spesial bersama dua sohib spesial Harry dan dan Galih. Harry teman kerja di Jambi, rela jauh-jauh datang ke sini buat nengokin saya dan cewek-cewek di Nagoya Hills (halah). Sedangkan Galih teman baru di Batam, kenal beberapa hari lalu melalui medsos atas rekomendasi seorang teman. Awalnya dari passion yang sama travelling.

Usai jalan seharian langsung melesat ke Yong Kee, meski sempat  tersasar.  Maklum kami  bertiga sama-sama pendatang dan tidak paham jalan. Seharusnya saya yang menjadi penunjuk jalan, secara ini kan tidak jauh dari kantor.

Pasti si Mbak Pramusaji mikir saya makan datang dengan rombongan kantor. Tanpa diperintah dua meja disatukan. Baru beberapa kali makan siang di sini sudah diidentifikasi sebagai pelanggan. Perawakan besar dan montok memang  identik dengan hobi makan dan menjadi target bisnis pengusaha kuliner.

cumi dan udang goreng tepung
cumi dan udang goreng tepung

Gorengan cumi dan udang jadi pembuka makan malam. Pas banget sambil nunggu hidangan lain, nyemil ngobrol santai. Mau dicocol saos atau cabai botol bisa.

sotong bakar penggoda iman
sotong bakar penggoda iman

Sotong bakar ini sebetulnya paling pas dinikmati bersama nasi. Karena nasinya belum datang digoda gado dulu. Tekstur sotong  agak-agak kenyal berpadu dengan crispy gurih bakaran . Dan yang paling nonjok bumbunya menyerap masuk. Jadi aroma gosong dan bumbu benar-benar kompak menggetarkan air liur. Colek dikit ah… Rasanya manis pedas, kalau kurang pedas ada sambail terasi siap nabokin bibir dan lidah sampai kelenger.

ayam bumbu manis wijen
ayam bumbu manis wijen

Ayam manis bumbu wijen, warna kuning emasnya bikin kepincut mata. Soal rasa tidak usah diragukani. Masakan pake minyak wijen aja enak banget ini biji wijen sangrai ditaburkan memenuhi piring. Kalau boleh jujur rasa gurihnya kelewatan dan enek banget.  Enek dalam konotasi positif sangking enaknya. Menu ini bisa jadi alternatif bagi yang alergi makan seafood.

sup ikan Yong Kee yang tersohor
sup ikan Yong Kee yang tersohor

Asap putih mengepul-ngepul , aroma ikan menyeruak tajam menggapai indra penciuman dan pengecap. Sang jawara keluar juga setelah ditunggu. Sengaja memesan sup ikan dengan isian variasi tenggiri, cumi dan udang. Kalau versi aslinya hanya terdiri dari potongan daging tenggiri, sawi asin dan tomat. Meski kuahnya bening rasanya tidak sederhana, membuat lidah dan otak menari-menari. Tidak mengherankan Yong Kee sup ikan bertahan di Batam lebih dari 20 tahun. Enak banget bro!

Yummy Tom Yum
The Yummy Tom Yum

Tak dijagokan dalam sajian dinner kali ini , ternyata Tom Yum Yong Kee mencuri perhatian. Rasa pedas gurih segar membuat sendokan demi sendokan menyisakan mangkuk kosong. Kita bertiga bersepakat bahwa rasanya luar biasa . Jika dibandingkan dengan Sup Ikan, Tom Yum pemenangnya.

Tidak terasa semua hidangan ludes pindah ke dalam perut. Sumpah kita kekenyangan. Eh tetiba ada yang ngasih selamat ulang tahun. Maaf bro makan-makan ini bukan traktiran ultah, lagian malu dengan umur hari jadi dirayakan. Makan malam ini khusus spesial buat kalian berdua, bertemunya teman lama dan baru di Batam.

Happy birthday to me! Semoga di Batam tambah berkah dan sehat. Amin

Yongkee Istimewa
Komp. Nagoya City Center Blok E 8-9
Batam

Phone
(0778) 467740

Opening Hour
08:00 – 21:00 WIB

 

 

 

9 pemikiran pada “Meet Old and New Friends in Yong Kee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s