[Video] Berburu Panganan Laut Murah Meriah Batam

Jalan2Cuap2 – Apa sih makanan khas Batam? Wah untuk menjawabnya susah-susah gampang. Karena dulunya Batam merupakan pulau kosong tak berpenghuni jadi hampir bisa dikatakan tak ada penduduk asli . Jadi kuliner khasnya kebanyakan bentuk campuran beberapa budaya suku pendatang  seperti sup ikan, otak-otak atau nasi dagang.

Tapi kalau kamu bertanya , dimana tempat makan seafood di Batam? Wah saya bisa menjawabnya dengan cepat dari kelas kaki lima sampai hotel bintang lima.  Tapi  favorit saya warung seafood di Tanjung Piayu, selain harganya murah pemandangan di sini sangat indah.

Tak hanya lidah saja yang dimanjakan di sini  tapi mata dan hati, pemandangan laut dengan deretan hutan bakau dan pulau itu menyejukan hati.  Jadi tak mengherankan kelong  di Tanjung Piayu tak pernah sepi di akhir pekan.

Meski agak sedikit jauh dari pusat kota tapi dijamin masakan di Tanjung Piayu tak kalah dengan restoran. Selain bisa memilih sendiri ikan atau hewan laut yang akan dimasak. Tamu dipersilakan memilih jenis masakannya, mau bumbu Melayu atau masakan ala oriental yang konon cita rasanya lebih internasional.

Jarak dari kawasan perkantoran Batam Center ke Tanjung Piayu sekitar 14 kilometer. Rasanya kalau untuk makan siang agak membuang waktu dan tenaga. Tipsnya kalau berniat makan siang di Tanjung Piayu jangan lupa dibungkus, agar kembali bisa dinikmati di kantor kala lapar datang usai perjalanan 1 jam.

Jangan Lupa Gonggong

Sudah menikmati video “Piayu , Seafood Murah Batam” di atas? Tak lengkap jika tak mencoba gonggong.

gonggong , siput laut lezat
gonggong , siput laut lezat

Gonggong itu sejenis siput laut dan  sangat mudah ditemukan di pinggir pantai daerah kepulauan Riau. Pulau Pemping tempat saya bekerja, hewan bercangkang keras ini juga mudah ditemukan.  Dengan sedikit saja kamu menyibak dasar laut surut berlumpur akan menemukan banyak gonggong. Karena mudah dicari harga gonggong tidaklah terlalu mahal.

Tanpa dimasak dan hanya dengan direbus gonggong sudah dapat dinikmati. Congkel saja bagian badan yang menyembul di bibir cangkang  dengan tusuk gigi , lalu seluruh dagingnya akan keluar. Balurkan sambal atau saus sebelum masuk ke dalam mulut,  dijamin  akan ketagihan.

daging gonggong dinikmati bersama sambal
daging gonggong dinikmati bersama sambal

Tekstur dagingnya mirip cumi  dengan tingkat kekenyalan lebih tapi lebih gurih. Pada bagian tertentu terdapat  lemak berwarna kekuningan dengan rasa gurih.

Dominasi kandungan gizi daging gonggong adalah protein seperti kebanyakan seafood. Tapi yang perlu diwaspadi kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi.

Agar  tahu dan dapat menikmati gonggong dalam jumlah gizi yang tepat kamu harus mengetahui nilai kandungan gizinya.  Dalam 100 gram siput gonggong mengandung  karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori. Protein 31,19%  dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori.

Karena rasanya yang lezat banyak pelancong yang ingin membawa gonggong sebagai buah tangan. Tapi karena cangkangnya yang berat panganan ini sulit untuk dibawa apalagi dalam jumlah bersar. Jadi munculah ide beberapa pebisnis kuliner membuat kerupuk dan keripik gongggong agar bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Tapi bagi saya pribadi tak ada yang lebih nikmat dibandingkan menikmati gonggong dari cangkangnya.”Slurp!!!”  Dan  tanpa takut membayar mahal  karena makannya di Tanjung Piayu.

Vlog di atas diikutsertakan lomba Jelajah Gizi 2016 yang diadakan oleh Sarihusada, Nutrisi Untuk Bangsa”

Mau jalan-jalan gratis ke Minahasa menjadi Penjelahah Gizi? Ikuti saja lomba Blog dan Vlog Jelajah Gizi 2016.
Mau jalan-jalan gratis ke Minahasa menjadi Penjelahah Gizi? Ikuti saja lomba Blog dan Vlog Jelajah Gizi 2016.

logo

bb8a2c82725aedcef9ed947cd1656b52

 

20 pemikiran pada “[Video] Berburu Panganan Laut Murah Meriah Batam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.