Kepulauan Riau Travelling

Mirota – Hmmm Aku Jatuh Cinta

pantai Mirota di pulau Galang
pantai Mirota di pulau Galang

Perlahan namun pasti , gue mulai jatuh cinta dengan  Batam. Ternyata wisata kota ini  tidak hanya  belanja, kuliner dan dunia malam. Pesona alamnya tidak kalah dengan tempat lain di Indonesia. Pertama kali menjejakan kaki di pantai Mirota langsung jatuh cinta… *peluk ransel 70 Liter*

Mendengar nama Mirota teringat nama swalayan di kota pelajar Jogjakarta. Yap benar Mirota Kampus. Tidak tahu ada hubungan apa antara keduanya, mungkin hanya kebetulan seperti nama saya dengan salah satu dari empat gunung di Krakatau sebelum meletus. Danan.

batu karang di tepi pantai lokasi favorit foto
batu karang di tepi pantai lokasi foto preweding

Pantai cantik  ini berada pulau Galang sebeah  selatan Batam, butuh kurang lebih satu  jam perjalanan untuk sampai di sini. Untuk kamu yang phobia air jangan khawatir , tidak acara naik kapal, cukup menyebrang jembatan . Pernah mendengar Barelang, jembatan ikonik yang menghubungkan pulau-pulau kecil di sekitar Batam. Kamu akan melewati 5 jembatan yang bikin hati deg-degan, indah curam ketika pandangan dilemparkan. Tapi jangan jauh-jauh melemparkan pandangan, susah ngambilnya.

Mirota berada di kawasan Jembatan V Balerang atau Jembatan Tuanku Tambusai. Secara administratif masuk wilayah Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru. Dari jembatan V tidak terlalu jauh cukup menoleh ke kanan maka akan ada papan petunjuk.

tersedia fasilitas banana boat
tersedia fasilitas banana boat
tempat outbond dan family gathering
tempat outbond dan family gathering

Garis pantainya tidak terlalu panjang sekitar 500 meter saja, tapi pasir putih dan biru air laut membuat betah duduk berlama-lama. Bentangan pasir landai dan riak gelombang ringan aman bagi pengunjung. Anak-anak dan orang tua bisa berendam santai . Tak heran tempat ini ramai menjelang akhir pekan. Beberapa perusahaan menjadikan tempat family gathering.

menikmati pantai dari atas balkon
menikmati pantai dari atas balkon

Perhatikan meja dan kursi di balkon ini *cari mode zoom in*. Kalau diperhatikan teksturnya bolong-bolong seperti digigit rayap, tapi artistik. Cerita punya cerita dengan penunggu warung ternyata kayu-kayu ini berasal dari bongkaran kapal tua. Meski terlihat rapu ternyata keras banget. Jadi pengen bawa pulang satu untuk dibikin amben atau dampar – meja kayu pendek.

orang-orang berenang di bawah balkon
orang-orang berenang di bawah balkon

Duduk santai di atas balkon menikmati makanan dan minuman pilihan bagi pengunjung yang tak ingin berbasah ria. Menyandang kamera saku SONY DSC-TX10 kesayangan merekam momen-momen indah pantai pertama di kota Batam.

garis pantai landai tempat asyik bermain air
garis pantai landai tempat asyik bermain air

Sedikit gugusan batu ini menjadi tempat favorit  foto pre-wedding. Serunya  goler-goleran (baca tidur-tiduran) manja di karang berdua . Tapi jangan kelamaan nanti disangka ikan paus terdampar atau  jemuran ikan asin. Makanya bawa sun block SPF 200 anti UV   biar ada bahan buat elus-elusan bermodus oles-olesan *keluar tanduk*.

DSC00463_Fotor

Sambil berbikini  goler-goleran di pasir sendiri di pantai. Tetiba ada yang ngelus-ngelus  kaki , langsung curiga kucing yang mau buang hajat. Tapi kok dirasa-rasa kaya tangan orang. Langsung ge-er. Imajinasi saya kaya di jawab Tuhan. “Mas es kelapanya belum dibayar.”

Brakkkk…. berasa jatoh dari langit ketujuh.

CATATAN

  • Pantai Mirota berada di Mirota berada di kawasan Jembatan V Balerang, masuk wilayah Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru.
  • Menuju pantai ini dapat melalui kota Batam, jika dari Jakarta dapat melalui penerbangan Bandara Hang Nadim.
  • Harga normal tiket penerbangan Jakarta-Batam PP Rp 1.500.000,-
  • Dari kota Batam menuju Pulau Galang tidak ada transportasi umum, dapat menyewa kendaraan per hari tanpa driver dan bensin sekitar Rp 250.000,- atau menyewa taksi dikisaran harga Rp 500.000 PP. Telp.085265502102
  • Penginapan di pantai Mirota Rp 400.000 per malam  dan listrik hanya ada malam saja.
  • Objek wisata Pulau Galang lainnya Camp Vietnam dan pantai Melur.

 

Foto diambil dengan fitur panorama kamera DSC TX-10

 

 

44 komentar

  1. kalau sebut Mirota tuh aku ingatnya toko batik terkenal di Yogya hahhaha ternyata baru tahu kalau itu nama tempat toh… hmm cantik ya pantainya………….

    Suka

      1. Mirota masih rame kok. Dia udah jadi top of mind buat masyarakat Jogja. Jadi meski minimarket lain menginvasi, mirota tetap berjaya. Mirota gak hanya ada di UGM, tapi juga di Godean dan beberapa daerah lain.

        Anyway it’s beautiful beach indeed 🙂

        Suka

  2. dan kemudian tarif kamarnya / malam Rp 400.000.. Sekian mas. Segera digugurkan rencana ke mirota. hahaha… keren tapi!

    Suka

  3. Nahhh itu loh ongkos transportasinya yang mahal… Kakak ada kendaraan yang bisa dipake gratess buat keliling Batam nggak? 😛

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.