Curahan, Lomba, Produk, Teknologi, Video

Membuat Video Itu Pekerjaan atau Hobi?

Smartphone Impian

Semua aktivitas ini jelas tidak membutuhkan smartphone yang tidak biasa saja. Smartphone yang saya miliki saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan tapi tidak untuk hobi karena banyak hal yang ingin saya pelajari berkaitan dengan videografi smartphone. Dan kira-kira seperti apa Smartphone Idaman 2018?

Rasanya saat ini belum ada smartphone yang benar-benar mumpuni untuk membuat video. Saya berimajinasi bahwa smartphone ideal untuk membuat video minimal memiliki  tiga jenis lensa yaitu : zoom in, wide dan fix. Lensa kamera dengan bukaan yang besar sehingga saya tidak membutuhkan lampu tambahan untuk mengambil video di tempat gelap. Teknologi prosesor terbaik dan kapasitas memori besar adalah hal yang mutlak dibutuhkan jika ingin memaksimalkan smartphone  sebagai perangkat perekam dan editing video.

Ponsel  kecil dan pas dalam genggaman  memudahkan untuk pengambilan gambar dan tidak terlalu mengundang perhatian. 

Aktivitas merekam video dan editing jelas membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan hanya sekedar memfoto. Berhubung pekerjaan saya bisa dikatakan 60% di lapangan kebutuhan smartphone dengan kapasitas daya besar sangat dibutuhkan.

Pernah mendengar istilah intelegensi artifisial (AI), yaitu kecerdasan yang disematkan agar perangkat bisa melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Jangan bayangkan pekerjaanya seperti mencuci baju atau memasak. Tapi pekerjaan spesifik dan dalam skala yang lebih kecil, seperti mengenal objek tiga dimensi atau menangkis bola.

Beberapa gawai yang beredar di pasaran sudah  mengaplikasikan AI, jadi jangan kaget jika smartphone bisa dibuka dengan men-scan wajah sang pemiliknya. Tanpa diperintah smartphone akan langsung memilih mode setingan kamera sesuai dengan objek (wajah, pemandangan, makanan dan lainnya).

Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang smartphone  mampu menolak panggilan telepon orang yang  tidak diingikan hanya dengan membaca garis wajah dan tekanan darah sang pemiliknya.

Tujuan dari teknologi ini untuk mempermudah hidup manusia, mesin akan mampu memutuskan aksi selanjutnya tanpa harus dikendalikan manual. Melalui metode JST (jaringan saraf tiruan) mesin mampu mengambil keputusan dengan membaca pola prilaku penggunanya. Sebagai contoh karena saya sering berswafoto dan menggunakan beauty mode, maka smartphone akan otomatis mengedit foto saya agar terlihat lebih kece.

Andai ada aplikasi yang bisa membuat foto diri terlihat langsing dan jenjang.

27 tanggapan untuk “Membuat Video Itu Pekerjaan atau Hobi?”

  1. Kurang tepat sih kalau dibilang Simbiosis mutualisme. Kan ada anggaran buat videografer. Hehehe

    Btw edit pake hape, aplikasi yang ga ribet ada ga mas? Sekalian minta diajari cara editnya.

    Suka

  2. Kurang tepat sih kalau dibilang Simbiosis mutualisme. Kan ada anggaran buat videografer. Hehehe

    Btw edit pake hape, aplikasi yang ga ribet ada ga mas? Sekalian minta diajari cara editnya.

    Suka

  3. Aku sering merekam video ketika ada event atau moment, tapi ngeditnya malas. Apalagi yang sudah jadipun ketika mau di-upload ke youtube nggak ter-upload juga. Lelah. Apalagi yang sudah jadi terus disalah-salahin ya.

    Suka

    1. nah kalau edit pake pc kan harus take time , makanya skrg lebih suka pake hape aja teh, lagi duduk2 santai kalau video 1 menitan paling lama butuh waktu 30 menit untuk edit kalau semua sudah dikonsep dari awal. kaya pagi ini jam 730 upacara, kelar jam 7:50 , duduk2 bentar di mobil sama nongki , jam 8:20 dah kirim file ke humas.

      kayaknya gua jadi marcomm hotel laku ya?

      Suka

  4. Mas, aku beberapa kali nonton video yang di youtube. Keren, aku banyak belajar cara ngambil gambarnya. Tapi ya aku masih remahan biskuit bayik. Bener tuh, editing video susyahh.. Apalgi bagi emaks kayak aku. Tapi aku masih penasaran sih, editing pake apliaksi apa, Mas?

    Suka

  5. aku dulu suka buat video amatir

    akan tetapi mau edit, kadang waktunya tidak cukup

    kayak nya harus spare waktu untuk bisa belajar edit video lagi

    Suka

  6. Saya akui kok Mas, bikin video itu sulit. Saya belajar program adobe premiere aja butuh waktu lama, hahaha. Pekerjaan atau hoby? Pekerjaan terbaik adalah yang berasal dari hoby Kita. Kalau suka bikin video, mending jadi Youtuber aja Mas, trus dipasangin google adsense, gede Lho hasilnya.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s