capgomeh-banner

[Video] Toleransi di Perayaan Cap Gomeh Pulau Buluh

Jalan2Cuap2 – Bagi saya pribadi pulau Buluh itu spesial. Dulu ketika pertama kali pindah tugas ke Batam, hampir setiap hari teman kerja mengajak ke sini. Sebelum melakukan patroli laut kami membeli udang  dari penduduk pulau Buluh untuk bekal memancing.

Ya… Ya… Dulu setelah bekerja kami selalu memancing di laut. 😀

Tahun terus bergulir dan pekerjaan semakin berwarna, salah satunya turut membantu program  CSR kantor yang diadakan di pulau Buluh. Tercatat kurang lebih tiga kegiatan yang membuat saya berinteraksi dengan warga pulau.

Semakin mengenal pulau ini saya semakin penasaran. Banyak fakta menarik yang tak orang tahu tentang pulau ini. Salah satunya, pulau ini merupakan peradaban tertua kota Batam. Jadi tidak mengherankan banyak bangunan bersejarah, seperti rumah ibadah dan kantor pemerintan yang diyakini berusia 100 tahun lebih.

Salah satu yang paling membuat saya penasaran adalah Vihara Samudra Bhakti. Jelang Cap Gomeh vihara berusia 100 tahun lebih ini mengadakan perayaan yang melibatkan seluruh warga pulau. Sebentuk toleransi yang seharusnya tetap dipelihara dan menjadi teladan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di tengah hirku pikuk pilkada gubernur Jakarta yang mengangkat isu SARA menjadi “jualannya” seharusnya kita bisa belajar dari warga pulau nun jauh di pelosok nusantara. Toleransi beragama tak akan melunturkan imanmu jika imanmu benar-benar kuat. Jadi jika kamu ragu dengan keimananmu jangan salahkan orang lain tapi tanyakan pada dirimu.

Berikut video perayaan Cap Gomeh di Vihara Samudra Bhakti Pulau Buluh kota Batam

filmed by @dananwahyu

Gear SONY NEX6

Jangan lupa untuk memberi komentar positif dan like di video ini dan mensubscribe channel dananwahyu.

8 pemikiran pada “[Video] Toleransi di Perayaan Cap Gomeh Pulau Buluh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s