Acara Kepulauan Riau

Bintan Reebok Spartan Race 2016 , Berlari Sampai Mati

20 November 2016.

Semua orang menundukan kepala sejenak , berduka atas kepergian Syed Mohamed Yusof (37), peserta Bintan Spartan Race. Jantungnya  berhenti mendadak   ketika harus menaklukan 35 halang rintang dan berlari sejauh 21 km di Spartan Beast.

Spartan Race memang bukan pertandingan biasa, tak  hanya ketahanan fisik yang diuji tapi juga mental. Selayaknya  para pejuang spartan di medan tempur , para atlet harus melewati aral melintang. Tak ada kata mundur jika tak ingin kalah perang  karena sesungguhnya musuh paling nyata adalah rasa lemah pada diri sendiri.

Kawasan wisata Plasa Lagoi Bintan tempat berlangsung Bintan Reebok Spartan Race 2016
pemandangan indah  Bintan tempat berlangsung Bintan Reebok Spartan Race 2016

Perhelatan Bintan Reebok Spartan Race 2016 memasuki hari kedua. Euphoria kegembiraan memang agak surut sejak kematian salah satu Spartan asal Singapura. Namun semangat bertanding tak pernah sinar. Ribuan atlet dari berbagai negara bersiap memenuhi kawasan Plasa Lagoi Bintan , Kepulauan Riau.

monkey ring salah satu halang rintang wajib dilalui
monkey ring salah satu halang rintang wajib dilalui

 Meski hanya menempuh jarak 6 km dan 20 halang rintang , kelas Sprint Spartan lebih banyak pesertanya yang terdiri dari atlet profesional dan penghobi lari . Tepat pukul 09:30 WIB perlombaan dimulai dengan berlari menuju pantai dan halang rintang papan setinggi 1 meter lebih yang harus dilompati oleh para peserta.

panggung utama Bintan Reebok Spartan Race 201
panggung utama Bintan Reebok Spartan Race 2016
pemanasan sebelum memulai pertandingan
pemanasan sebelum memulai pertandingan
garis start Reebok Sparta Race 2016
garis start Reebok Sparta Race 2016

Jika tak mampu melewati halang rintang peserta akan dikenakan hukum skot jump atau push up sebanyak tiga puluh kali. Bayangkan ketikan kamu sudah lari jauh dan lelah tiba-tiba dihadapkan tantangan fisik ekstrim seperti melompat di atas api, menggelantung di tali atau besi bagaikan monyet.

Dan menurut saya yang paling kejam adalah membawa beban berjumlah  puluhan hingga ratusan kilogram. Tanpa memandang jenis kelamin dan dimensi tubuh hukuman akan dikenakan kepada siapa saja yang gagal memindahkan beban.

Tak mampu melewati rintangan dihukum push up 30 kali
Tak mampu melewati rintangan dihukum push up 30 kali

Sekilas memang tak adil , jika wanita setinggi 150 cm dan pria setinggi 170 saling  berlomba bergelantungan bergerak  di atas monkey ring. Untuk sampai atas gelang-gelang para wanita  harus melompat ekstra tinggi dan pria hanya perlu sedikit berjinjit.

Maaf Nona! Ini lomba bukan untuk mencari keseteraan gender atau keadilan fisik tapi kekuatan sejati manusia yang kadang tak hanya berasal dari otot. Jika merasa tak mampu jangan pernah mengikuti pertandingan ini, karena sesungguhnya di sinilah mentalmu di uji.

Jika  300 pasukan Spartan mampu mengalahkan 7000 prajurit Persia , apakah ini benar-benar hanya mengandalkan kekuatan fisik?

bdb622a2c56825c5d1ecd4e6508fd575

Satu persatu “Spartan ” maju berusaha menyelesaikan “tugas”. Meski peluh mengucur deras di bawah sinar matahari Bintan yang tak terlalu ramah.

Keraguan sekilas tampak di wajah  ketika sampai di rintangan , namun segenggam keyakinan  melahirkan ribuan semangat untuk berusaha lebih keras. Ketika otot sudah lelah dipenuhi asam laktat dan  semangat tak terkendali maka akan melahirkan cedera. Beberapa peserta terjatuh hingga terkilir karena terlalu memaksakan diri.

Ketika lelah otot dan semangat tak kompak atlet ini terjungkal
Ketika lelah otot dan semangat tak kompak atlet ini terjungkal

To live by choice , not by chance,
To be motivated , not manipulated,
To be useful, not used,
To make changes, not excuses,
To excel, not compete.

I choose self-esteem, not self-pity,
I  choose to listen to my inner voice,
not to the random opinions of others.

I choose to do things that you won’t,
So I can continue to the things you can’t.

~Spartan~

Ada keraguan dan doa ketika menghadapi rintangan
Ada keraguan dan doa ketika menghadapi rintangan
Pria selalu lebih kuat dari wanita tapi bukan alasan wanita tak bisa
Pria selalu lebih kuat dari wanita tapi bukan alasan wanita tak bisa
Berlari menuju rintangan berikutnya
Berlari menuju rintangan berikutnya

Usai melewati  rintangan bukan saatnya istirahat tapi  pertanda otot kaki kembali harus bekerja hebat. Agar tidak dibalap peserta lain usai melewati rintangan para spartan lari sekencang-kencang menuju rintangan berikutnya.

Begitulah filosofi  hidup. Jika hidupmu ingin berkualitas maka harus berlari sekencang-kencangan mencari tantangan hidup. Karena keberkahan dan rezeki hanya diberikan kepada orang yang mau mengayuh kaki dan tangannya lebih kencang dibandingkan orang lain.

Mengabarkan kemenangan kepada di media sosial
Mengabarkan kemenangan kepada penduduk media sosial

Medalipun didapat bagi mereka yang bisa menyelesaikan pertandingan tepat waktu. Meski tak semua orang menjadi juara paling tidak mereka yang menyelesaikan Spartan Race menjadi pemenang atas dirinya sendiri.

Pemenang Pria Spartan Race kelas Sprint
Pemenang Pria Spartan Sprint
Pemenang wanita Sparta Sprint
Pemenang wanita Sparta Sprint

Tak lama para jawara Spartan Sprint masuk garis finish hujan deras  mengguyur Bintan. Bagi peserta yang belum masuk garis finish jelas tantangan akan sangat berat. Tanah kering berubah menjadi tanah becek, titian tinggi  menjadi licin untuk dilewati. Peluh didahi mengucur deras tanpa bisa dibendung bercampur dengan air hujan. Meski berlari di lapangan terbuka rasanya udara tak cukup memenuhi ruang di paru-paru.

Trophy kemenangan sudah dibagikan di atas panggung kepada jawara namun banyak peserta yang belum menyelesaikan perlombaan. Dari balik mobil saya melihat beberapa tubuh terjatuh lemas dan ditandu oleh panitia.

“Deg!” Akankah ada spartan yang harus berpulang hari ini?

The way of the warrior is resolute accepance of death. (Miyamoto Musashi)

Kalau mereka mampu berlari mati-matian hingga garis finish. Mengapa kamu mengejar jodoh santai-santai saja , nggak pakai lari? *menunjuk kaca spion, terpantul wajah sendiri*

“Bukan… Saya bukan spartan. Apalagi spartan cinta…”

spartan-racer-evolution

17 komentar

  1. keras banget ya tantangannya,,
    wiihh untuk para wanitanya keren banget mau ikut pertandingan yg pantesnya buat para laki-laki…
    mantaapppp,,,

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.