Batam Hidden View From Heli

Batam Hidden View From Heli

Jika kalian membaca tulisan ini , mungkin saya sedang di atas kapal  atau duduk di  samping pilot helikopter. Bisa jadi hanya duduk di depan PC sambil menghitung cuti dan berkhayal kapan bisa liburan panjang. Apakah saya menderita? Tidak,  karena pekerjaan yang saya jalani selama ini memberikan pengalaman hidup yang tidak biasa.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu lalu mengelilingi pulau Batam dengan helikotpter dan melihat pulau Batam yang mungkin tidak pernah dilihat atau dibayangkan banyak orang.

***

Jadi seorang pemimpin itu harus punya sudut pandang helikopter. Luas tanpa penghalang dan bebas bermanufer tanpa takut kehabisan baterai .

Jadi maaf ya untuk pilot dron ini bukan untuk menyindir kalian . Tapi  pengalaman naik helikopter langsung  berbeda dengan melihat layar monitor dron yang dikemudikan dari darat. Ada sensasi yang mungkin hanya bisa dirasakan jika duduk bersanding dengan pilot heli.

Daya jelajah heli memang lebih luas dan fleksibel dibandingkan pesawat udara biasa. Saya tinggal meminta pilot untuk mendekati objek atau berputar-putar di area tertentu.

Tahun ini saya kembali mendapat giliran bekerja menjelajah pulau Batam dengan helikopter. Dua tahun lalu saya  membuat video perjalanan di angkasa Batam. Tahun ini saya fokus mengambil foto udara saja.

Dan ternyata banyak hal menarik yang bisa dilihat dari atas helikopter yang mungkin tidak banyak orang tahu. Berikut foto-foto udara menjelajah Batam dari balik helikopter.

Yang saya tahu semua sayuran di pulau Batam dibawa dari pulau Jawa dan Sumatra, bahkan diimport dari negara tetangga. Namun nyatanya dibalik hutan beberapa lahan tidur disulap menjadi kebun sayur produktif. Lokasinya memang tidak jauh dari sumber sehingga sayur mayur dan buah dapat tumbuh subur.
Katanya semua sayuran di pulau Batam dibawa dari pulau Jawa dan Sumatra bahkan diimport dari negara tetangga. Namun nyatanya dibalik hutan beberapa lahan tidur disulap menjadi kebun sayur produktif. Lokasinya memang tidak jauh dari sumber sehingga sayur mayur  dapat tumbuh subur.
Batam tidak memiliki sumber air tanah melimpah. Di sini tak ada sungai besar apalagi danau. Beberapa teluk-teluk kecil di sudut-sudut pulau di bendung menjadi danau-danau besar penampung air hujan. Jika berlahan namun pasti air yang terbendung dari payau berubah menjadi tawar itu bukan kebetulan. Tapi ada akal daya upaya manusia untuk bertahan hidup.
Batam tidak memiliki sumber air tanah melimpah. Di sini tak ada sungai besar apalagi danau. Beberapa teluk kecil di sudut-sudut pulau dibendung menjadi danau-danau besar penampung air hujan. Berlahan namun pasti rasa air payau berubah menjadi tawar dan dikonsumsi oleh penduduk Batam.
Batam dikenal sebagai kota industri dan pernah menjadi percontohan. Meski geliat tak seperti dulu, bangunan komplek industri kotak-kotak meninggalkan jejak di darat. Mereka di tata dan dibangun dengan apik berada di sisi hutan atau taman kota.
Batam pernah menjadi percontohan kawasan industri di Indonesia. Meski industri Batam tak seramai dulu, bangunan komplek industri meninggalkan gedung kotak-kotak di beberapa kawasan.
Hutan dan bukit hijau yang sekilas terlihat rimbun itu bukan tanpa cela. Coba kamu melihat dari atas , jejak manusia nakal pemalak kayu ilegal itu ada.
Hutan dan bukit hijau yang sekilas terlihat rimbun dari luar tapi itu bukan tanpa cela. Coba kamu liaht lebih seksama  dari atas sini.  Jejak manusia nakal pemalak kayu ilegal meninggalkan jejak pitak di hutan rimbun.
Alam itu seimbang ada yang hujau menggoda , ada yang meranggas dan ada yang dikeruk habis-habisan. Semuanya demi untuk kepentingan manusia.
Lihat gambar di atas komposisinya begitu seimbang. Ada  hutan hijau , ada pohon bakau  meranggas dan ada  bukit yang dikeruk habis-habisan. Semuanya jelas ulah manusia untuk menyeimbangkan nafsu dan keinginan tanpa batas bukan kebutuhan manusiawi.
Kota industri seperti Batam membutuhkan banyak energi listrik. Namun energi dari semangkuk tumis kangkung dan sayur bayam jelas dibutuhkan manusia. Jadi infrastruktur keduanya harus seimbang.
Kota industri seperti Batam membutuhkan banyak energi listrik. Namun energi dari semangkuk tumis kangkung dan sayur bayam juga  dibutuhkan manusia. Jadi infrastruktur keduanya harus seimbang. Jadi tak haram jika ada kabel Sutet dan juga kebun sayur.
Saya tak perlu berkisah banyak , silakan anda simpulkan apa yang terjadi. Ini karya seni Tuhan atau manusia?
Saya tak perlu berkisah banyak , silakan simpulkan apa yang terjadi dengan bukit di sana. Ini karya seni Tuhan atau manusia?
Konon Singapura merupakan negara dengan industri dengan perkapalan terbesar di dunia. Namun dengan pulau yang tak lebih besar dari Madura apakah pantai mereka cukup menampung kapal besar hingga ribuan. Jika ke Batam jangan terkecoh industri kapal Indonesia berjaya. Sesungguhnya ini tempat parkir kapal dari negara tetangga.
Konon Singapura merupakan negara dengan industri  perkapalan terbesar di dunia. Namun dengan pulau yang tak lebih besar dari Madura apakah pantai mereka cukup menampung kapal besar hingga ribuan. Jika ke Batam jangan terkecoh industri kapal Indonesia berjaya. Sesungguhnya ini tempat parkir kapal dari negara tetangga.
Kapal-kapal besar di jalur pelayaran internasional dapat dijumpai di perbatasan Singapura dan Indonesia
Kapal-kapal besar ekpedisi di jalur pelayaran internasional dapat mudah dijumpai di perbatasan Singapura dan Indonesia.
Meski tak terlihat agresif menjaga perbatasan. Kapal-kapal perang ini sering terlihat di perarian Batam-Singapura
Meski penjaga perbatasan tak terlihat agresif berjaga. Kapal-kapal perang ini sering terlihat di perarian Batam-Singapura.
Mercusuar batas negara dan nelayan. Wah sekali mendayung bisa sampai di negara tetangga
Mercusuar batas negara dan nelayan. Cuma nelayan yang bebas keluar masuk  negara tetangga tanpa paspor. Resiko tertangkap Marine Singapura jelas ada tapi yakinlah jika tertangkap akan dipulangkan kembali ke tanah air.
Tak bermaksud membandingkan gedung pencakar langit di garis horison dengan rumah panggng di tepi pulau. Tapi inilah perbedaan nyata antara Indonesia dan Singapura.
Tak bermaksud membandingkan gedung pencakar langit di garis horison dengan rumah panggng di tepi pulau. Tapi inilah perbedaan nyata antara Indonesia dan Singapura.
Kapal-kapal raksasa di perarian Batam. Bagaimana ya mereka bisa bermanufer tanpa bersenggolan satu dan lain?
Kapal-kapal raksasa di perarian Batam. Bagaimana ya mereka bisa bermanufer tanpa bersenggolan satu dan lain?
Saya penasaran dengan kapal kecil penarik tongkang bermanufer di selat antara pulau kecil.
Saya penasaran dengan kapal kecil penarik tongkang bermanufer di selat antara pulau kecil.
Batas antara laut dan teluk yang dibendung
Batas antara laut dan teluk yang dibendung
Lomba Perahu Jong di Tanjung Undap. Kapal warna-warni di sana sesungguhnya replika perahu berlayar. Warga Tanjung Undap sedang mengadakan lomba perahu Jong.
Lomba Perahu Jong di Tanjung Undap. Kapal warna-warni di sana sesungguhnya replika perahu berlayar. Warga Tanjung Undap sedang mengadakan lomba perahu Jong.

 

Danan Wahyu S

Batam Hidden View From Heli

 

26 pemikiran pada “Batam Hidden View From Heli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.