Malaysia TIps Travelling

Tips Belanja Manja Ala Syahrini di Johor Premium Outlets

Sebetulnya aku enggan menceritakan pengalaman  berbelanja di JPO karena takut dibilang riyak bin  congkak lalu jadi bahan nyinyiran kaum misquen dunia maya. “Duh baru kebeli Hermes KW dua biji sudah update status di media sosial.”

Tapi karena banyak teman-teman netizen yang bertanya setelah menonton vlog aku sebelumnya, Belanja Tanpa Pajak di JPO (Johor Premium Outlets) maka dengan senang hati aku akan berkisah.

Ramadan pertengahan lalu beberapa kaum sosialitas Batam mengajak aku berburu barang bermerek di JPO untuk persiapan lebaran. Dan alhamdulilah hari itu j bertepatan dengan dimulainya penghapusan GST di Malaysia.

Memang GST apa?

GST itu singkatan dari Goods and Service Tax atau Pajak Layanan dan Barang. Jadi semenjak perdana menteri baru bertugas, Malaysia menghapus GST yang besarnya 6%. Jadi kebayang dong gimana khilafnya kaum sophaholic yang plesiran ke negeri jiran, makan-makan dan belanja tanpa pajak jelas hemat 6%.

Belanja yuk di JPO!
Belanja yuk di JPO!

Bayangkan  kalau beli hermes seharga 1 milyar, bisa  hemat 60 juta. Lumayan kan buat ngopi-ngopi manjah di Singapura plus rental bartendernya. *eeh*

Transportasi

Bagi warga Batam dari Batam ke Johor Premium Outlets itungannya kaya ke pasar inpres *ih sombongnya*. Beneran Kak, berangkat pagi dari Batam lalu belanja dan sorenya balik lagi ke Batam bisa dan nggak perlu nginep. Apalagi kalau kamu menyebrangnya naik kapal Alumunium Feri (baca dan tonton vlog di sini) paling pagi dari pelabuhan Harbourbay Batam. Penyebrangan yang biasanya dua jam dapat ditempuh dengan satu jam saja, lebih cepat dari penyebrangan Selat Sunda,  Bakauheni-Merak.

Penyebrangan Kapal Feri Batam Johor Bahru
Penyebrangan Kapal Feri Batam Johor Bahru

Sebetulnya ada dua pelabuhan Feri Internasional di Batam yang melayani penyebrangan Johor, pelabuhan Batam Center & Harbourbay, untuk jadwal kapal dapat dilihat dibawah.

Setelah sampai di pelabuhan Stulang Laut tinggal memesan Grab dan biayanya sekitar 33 RM. Cukup terjangkau kan? Tapi memang sih sebelumnya harus membeli kartu perdana seluler Malaysia atau mengaktifkan paket internet roaming.

Lalu kalau dari kota lain di Indonesia bagaimana?

Duh kalau dari kota lain di Indonesia silakan langsung ke KL saja dan kamu bisa ke Genting Higland karena Premium Outlets juga ada di sana. Tapi kalau kamu pamitnya dari kantor untuk DLK ( Dinas Luar Kota) ke Batam, JPO memang tempat paling tepat untuk kabur sejenak dan memuaskan hasrat belanja.

Jadi jangan lupa agendakan tahun ini untuk training atau meeting ke Batam *kedip-kedip manja ala Syahrini*

Tips Belanja JPO

Sebetulnya JPO bukanlah satu-satunya tempat belanja di Johor Bahru, ketika kamu menjejakan kaki di pelabuhan Stulang Laut kamu akan menemukan Mall Berjaya Waterfront dan ngesot dikit ada Johor Bahru Sentral. Tapi JPO beda banget Kak, konsepnya nggak terlalu Mall dan banyak ruang terbuka, cocok untuk anak-anak dan bapaknya anak-anak yang mungkin lelah menemani ibunya anak-anak belanja.

Agar  acara belanja maksimal berikut beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

1.Survei Barang

Meski pada kenyataannya rencana belanja barang tertentu akan ambyar setelah melihat tulisan “SALE UP TO 90%“, alangkah baiknya mensurvei barang yang akan dibeli baik merek, model, warna dan seri-nya. Sehingga kamu tidak kehabisan waktu di JPO jika tidak berencana menginap di Johor.

2. Download Aplikasi

Penting nggak penting, men-download aplikasi Premium Outlets Malaysia App itu penting banget, pertama untuk mengetahui promo atau diskon apa yang sedang berlangsung. Kedua map toko/outlet akan memandu mencari toko di pusat perbelanjaan dengan 130 toko seluas  18 hektar.

Dapatkan informasi penawaran khusus di aplikasi Premium Outlets
Dapatkan informasi penawaran khusus di aplikasi Premium Outlets

Kalau kamu sering belanja dan merasa perlu bergabung menjadi VIP MEMBER, nggak ada salahnya mendaftarkan karena sering banget ada promo bagi pelanggan khusus JPO.

3.  Tanyakan  Potongan Harga

Meski dilabel harga sudah terpasang  potongan harga, tanyakan kembali kepada pramuniaga apakah ada diskon  tambahan, seperti pengalaman rekan saya kemarin. Tas jinjing yang awalnya setelah diskon 1990 RM karena ada momen spesial penghapusan GST menjadi 1230 RM.

Tanyakan diskon tambahan untuk barang yang sudah diberi potongan harga
Tanyakan diskon tambahan untuk barang yang sudah diberi potongan harga

4. Teliti

Ini penting banget gaes karena perbedaan gerai di JPO dibandingkan gerai barang bermerek di mall tidak memberikan garansi / jaminan sebaik di mall-mall. Tidak jarang barang yang dijual stok lama atau memiliki defect walau tidak terlalu kentara, di sinilah kejelian konsumen diuji.

Tidak semua toko atau gerai bisa menerima keluhan / compline barang yang sudah dibeli. Jadi teliti dan berhati-hati ketika berbelanja.

5. Murah Banget atau Murah Aja

Jika tidak ada promosi harga barang-barang bermerk dengan model terbaru sebetulnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesi,  hanya lebih murah sekitar 200-300 ribu rupiah saja. Tapi yang jadi daya tarik utama JPO adalah banyaknya penawaran spesial mulai dari potongan harga sampai buy 1 get 1 yang bikin iman pertahanan hemat rontok total.

Kalau cuma belanja satu tas nggak murah-murah amat, makanya diborong.
Kalau cuma belanja satu tas nggak murah-murah amat, makanya diborong.

Belum lagi hamparan  barang bermerek di keranjang yang modelnya sudah last year tapi tetap kece dengan potongan harga sampai 90%. Nggak heran kebanyakan kaum emak yang khilaf, beli tas dan baju  sudah kaya beli ikan asin di pasar inpres, ambil semuanya. Begitu sampai rumah mikir, kapan semua barang ini  mau dipakai?

6.  Belanja Banyak Lebih Murah

Godaan lain yang bikin tambah khilaf belanja di JPO adalah potongan harga jika belanja lebih banyak. Bayangkan gaes kamu akan mendapat potongan 50% jika membeli 5 item produk levis (boleh campur). Jadi nggak heran ketika belanja banyak pembeli yang cari teman join agar mendapat diskon lebih besar. Dan lagi-lagi kalau kamu nggak kuat iman, pasti langsung mikir pengen beliin sodara-sodara atau yang memiliki insting bisnis buka pre order. “Sis aku lagi di JPO, ada yang pesan yang mautitip  LEVIS’ asli ?”

Potongan harga dan promonya merontokan iman
Potongan harga dan promonya merontokan iman

Dan nistanya kemarin aku tergoda produk The Body Shop. Bayangkan Bro dan Sis, sudah harganya lebih murah dibandingkan di Batam eh ada potongan harga : 10% untuk pembelian 3 barang, 20% untuk 5 barang, 30% untuk 7. Terus kita langsung belanja untuk stok 1 tahun.

7. Buka PO (Pre Order)

Untuk melampaiskan nafsu belanja sekaligus mengendalikan pengeluaran sebaiknya ketika berbelanja di  JPO membuka pre order. Agar memudahkan proses transaski dan memilih barang, aktifkan video call saat berbelanja, kasih lihat deh klien kamu dengan barang yang akan dibeli. Mudah kan belanja online jaman now?

Sibuk cek orderan ngemper dulu di depan toko
Sibuk cek orderan ngemper dulu di depan toko

Memang sih ini akan membutuhkan lebih banyak waktu tapi yakinlah, ini yang membuat belanja lebih hemat dan menghindari kekhilafan.

8. Bawa Travel Bag

Untuk memudahkan mobilisasi dan menghindari pertanyan petugas bea cukai sebaiknya semua belanjaan dimasukan ke dalam travel bag. Agar aktivitas belanja tidak terganggu travel bag dapat dititipkan di penitipan tas dekat mushola.

Kala bawa travel bag nggak akan repot membawa barang
Kala bawa travel bag nggak akan repot membawa barang

9. Feri Terakhir

Godaan belanja terkadang memang bikin lupa waktu apalagi kalau sedang ada midnight sale yang konon harganya murah banget tapi ingat bagi kamu yang tak berniat menginap dan balik ke Batam. Jangan sampai ketinggalan feri terakhir.

Sebagai catatan Batam dan Johor memiliki perbedaan waktu satu jam, artinya jika di Batam pukul 07:00 artinya di Johor pukul 08:00. Karena lupa menyesuaikan jam di ponsel atau arloji kita lupa waktu dan ketinggalan feri terakhir. Saran ketika sampai di pelabuhan Stulang Laut langsung saja check in untuk feri terakhir ke Batam. Dan sekitar pukul 16:00 waktu setempat kamu harus beranjak kembali ke pelabuhan Stulang Laut dengan taksi . Karena sebelum naik kapal ada proses imigrasi yang menyita waktu.

Jika pada akhirnya kamu ketinggalan feri ke Batam sebetulnya bisa lewat Singapura lalu ke Batam karena penyebrangan Singapur-Batam terakhir pukul 21:00 waktu setempat. Tapi kalau saya pribadi sih memilih menginap di Johor lalu besok pagi-pagi pukul 07:00 mengejar kapal feri pertama ke Batam. Selain lebih murah dibandingkan via Singapura, bisa belanja dan wisata kuliner di Johor Bahru Sentral. 😀

Semoga tips di atas bermanfaat bagi kami yang ingin belanja ke JPO dari Batam. Jika kamu punya tips lain atau tanggapan tentang artikel ini silakan menuliskan di kolom komentar.

26 komentar

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s