Hotel Jawa Barat

Terjebak Macet, Staycation Yuk di Grand Tjokro Premiere Bandung

Bandung itu selalu ngangenin terutama kuliner dan FO-nya (factory outlet) namun kini jelang akhir pekan  kota yang dijuluki Paris Van Java tak beda dengan Jakarta, macet dimana-mana. Lalu apa nikmatnya jalan-jalan ke Bandung kalau mau ke destinasi wisata harus terjebak berjam-jam di jalan seperti pengalaman saya beberapa bulan lalu.

Mungkin staycation  di hotel solusinya tapi kasihan kalau membawa  anak-anak masa seharian di kamar nggak kemana-mana. Apa bedanya liburan kalau cuma gegolaran manja di ranjang kaya pengantin baru. Eeh!  Beda banget kalau staycation-nya di Grand Tjokro Premier Hotel.

“Memang apa bedanya?”

Kalau mau tahu bedanya, baca pengalaman saya staycation di Grand Tjokro Bandung.

Grand Tjokro Premiere Hotel di Jalan Cihampelas Bandung
Grand Tjokro Premiere Hotel di Jalan Cihampelas Bandung

Hotel Grand Tjokro terletak jalan Cihampelas dikenal sebagai kawasan wisata belanja kota Bandung, jadi tidak mengherankan jelang akhir pekan di sini tuh macet banget. Meski sudah dibuat satu arah tetap saja antrian mobil mengular panjang, membuat saya memilih jalan  kaki daripada naik kendaraan  untuk sampai ke Cihampelas Walk.

Lobi Grand Tjokro Premiere Hotel.
Lobi Grand Tjokro Premiere Hotel.

Beruntung  akhir pekan lalu saya nggak perlu kemana-mana untuk liburan di Bandung, cukup staycation di hotel. Ketika memasuki lobi hotel dengan  dua bangunan langsung jatuh cinta. Gimana nggak jatuh cinta, kalau suasannya cozzy banget.  Meski harus menunggu beberapa saat setelah check-in tamu tidak akan pernah merasa bosan duduk santai di lobi. Anak-anak pun merasa nyaman bermain di arena playground yang tersedia  di lobi hotel. Mau menikmati menu barbeque atau bakar-bakaran melangkah saja ke resto.

Taman Bermain di lobi Grand Tjokro Premiere Hotel
Taman Bermain di lobi Grand Tjokro Premiere Hotel

Lobi berada di Main Tower sedangkan saya mendapatkan kamar di North Tower, keduanya dihubungan dengan sebuah koridor transparan. Di lantai dasar North Tower terdapat bisnis corner yang dilengkapi dengan komputer, galeri Batiku dan mini market. Hotel seperti ini beneran bikin mager (males gerak) karena  semua fasilitas lengkap tersedia.

North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
Batiku di North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
Batiku di North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.

Kamar & Fasilitasnya

Kamar saya berada di lantai dua dengan pemandangan kamar tetangga. Karena yang tersedia hanya Twin Bed Deluxe Room untuk kamar no smoking, akhirnya saya tidur sendirian di kamar beranjang dua. Nggak tahu ini kutukan, peringatan atau azab Tuhan, rasanya beberapa kali ke Bandung selalu mendaptkan kamar tipe ini.

“Kak mungkin ini peringatan dari Tuhan, kalau ada yang mau bobo sekamar dengan kamu, harus pisah ranjang menghindari tragedi tak diinginkan.”

Maksudnya?

“Tragedi saling himpit lalu ada yang menjerit?”

O terhimpit kasur…

“Iya Kakak kasurnya.”

Seperti kamar-kamar Grand Tjokro lainnya, Grand Tjokro Premier Bandung didominasi warna-warna pastel yang membuat nyaman di mata dan hati bahagia. La, iyalah ini kan bukan hotel bujet yang fasilitas dan luasan kamarnya minimalis. Favorit saya meja kerja di di ujung meja, meski tak terlalu besar tapi cukup nyaman untuk duduk saat  menyelesaikan tugas dari kantor dan ngeblog atau mengedit video perjalanan.

Saya sempat bertanya-tanya itu dipojokan kamar ada sofa yang cukup nyaman untuk gegoleran, kira-kira untuk apa. Bukankah sudah ada dua ranjang nyaman sayang siap ditiduri. O ternyata itu tempat tidur untuk baby sister jika kamar ini dijadikan kamar anak.

Untuk fasilitas kamar,  standar hotel bintang 4 lainnya  yang dilengkapi safe boxrefrigeratorwater boilerhair dryer, mineral water 2 botol, kopi-the-gula, TV LCD dengan saluran berbayar, meja kerja, dan lemari pakaian.

Sebagai informasi untuk kamar yang berada di tengah bangunan North Tower agak sulit mendaptkan sinyal 4G tapi untungnya sinyal wifi lumayan kencang. Saran saya, selama di kamar koneksikan gadget dengan wifi agar dapat dihubungi jika sinyal melemah.

Kolam Renang & Taman Bermain

Saya tidak pernah membayangkan kalau kolam renang dan taman bermain anak di lantai 10 sekeren ini. Meski tak terlalu luas tapi cukup memuaskan hasrat anak-anak untuk bermain air. Bagi yang tak ingin bermain air tersedia playground yang instagramable. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera dan mengenakan outfit keren  jika bertandang ke sini.

Kolam renang di rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
Kolam renang di rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.

Kalau anak-anak bermain dan berenang lalu orang tuanya ngapain? Tenang di dekat taman bermain terdapat kafe dengan pemandangan kota Bandung. Untuk ukuran hotel harga makanan di sini tidak terlalu mahal, sebagai contoh harga seporsi mie ayam 25 ribu rupiah dan sepaket gorengan 10 ribu rupiah saja.  Cukup terjangkau bukan?

Mini Zoo & Kebun  Stroberi

Saya agak takjub mengetahui bahwa di atas kolam renang terdapat ruang terbuka yang dipenuhi tanaman dan aneka satwa. Bayangkan di lantai sepuluh sebuah hotel berbintang 4 terdapat mini zoo dengan koleksi hewan yang membuat anak-anak dapat berinteraksi langsung seperti memberi makan ikan, kelinci, kura-kura, sapi dan domba.

Mini Zoo di rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
Mini Zoo di rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.

Serasa memiliki wahana hiburan pribadi mini zoo ini tidak pernah sepi. Walau ada petugas, pengunjung anak-anak tetap harus didampingi orang tua ketika berinteraksi dengan hewan-hewan lucu ini. Tepat di sebelah mini zoo juga terdapat kebun kaktus. Wahana ini hanya dibuka siang hari, mungkin demi alasan keamanan dan kenyamanan hewan yang sedang beristirahat.

Dari atas lantai sepuluh pengunjung bisa menikmati indahnya kota Bandung sambil merasakan angin sepoi-sepoi. Duh kenapa siang hari ini sedikit gerimis kalau langit biru pasti pemandangannya lebih indah. Sembari duduk-duduk  manja di antara kebun stroberi dan sayur. Rasanya Lembang tuh ada di sini, jadi anak-anak agak terhibur jika kendaraan tak bisa menembus kemacetan jalan raya Bandung-Lembang.

Pemandangan kota Bandung dari rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.
Pemandangan kota Bandung dari rooftop North Tower Grand Tjokro Premiere Hotel Bandung.

Pusat Kebugaran & Spa

Buat yang ingin menjaga stamina dan kebugaran tubuh, masih di lantai yang sama teresedia fitness center dengan peralatan yang super lengkap. Pemandangan dari sini juga nggak kalah keren, bayangin sembari jogging di treadmil kamu bisa menikmati indahnya kota Bandung dari atas.

Kalau sudah fitness jangan lupa mandi dan kalau badan agak pegal bisa pijat di T Spa.  Ini hotel beneran kaya apartemen on stop living, semuanya lengkap. Edis liburan keluarga berasa komplit sekomplit-komplitnya.

Spa bukan hanya untuk mama dan papa saja, di sini ada spa khusus anak-anak juga yang harganya cukup terjangkau untuk perawatan dari ujung kaki sampai rambut. Tapi yang paling disukai anak-anak nail art. Itu lho Kak menghias kuku dengan kutek warna-warni dan manik-manik. Semuanya bisa dilakukan di T spa.

Selamat Pagi Bandung

Jelang malam hari rooftop North Tower tetap menjadi favorit tamu hotel karena dari atas sini kota Bandung terlihat sangat indah dengan lampu kelap-kelipnya. Tapi hari ini saya memilih tidur lebih awal dan berencana bangun lebih pagi.

Pilihan saya menikmati rooftop pagi hari tidak salah. Lihat betapa  indahnya pemandangan kota Bandung dari rooftop. Duh Gusti terimakasih atas rejeki pertama hari ini melihat keindahan bumi Parahiyangan dalam kilau kuning keemasan.

Sarapan Maksimal

Sarapan pagi dipusatkan di Tjokro Resto yang berada di lantai 2 Main Tower. Sangking luasnya resto ini lebih mirip dengan ball room karena dapat menampung ribuan tamu dalam formasi meja kursi melingkar. Aneka makanan tersaji menyebar di sudut ruangan dan aromnya, maknyus!

Menunya beragam mulai masakan tradisional Indonesia, Eropa, Arab, China dan Italia sampai Jepang tersaji sangat cantik. Saya sampai bingung mau makan yang mana. Akhirnya saya hanya mengudapi lumpia dan otak-otak sebelum akhirnya  menyantap pecel.

Padahal hati ini sempat tergoda tenant yang menyajikan khusus masakan  Italia. Semua sajiannya langsung diolah di depan tamu setelah memilih jenis pasta dan saus yang diinginkan. Karena sekarang hari minggu dan sepertinya tingkat hunian hotel di atas 80%, semakin siang resto semakin ramai. Jadi saran saya jika kamu ingin sarapan lebih santai datanglah lebih pegi.

Asik menjelajah North Tower, Main Tower agak terabaikan. Siapa sangka di rooftop bangunan ini terdapat tempat nongkrong yang tak kalah seru dibandingkan North Tower. Baiklah next time kalau jalan-jalan  atau dinas luar kota ke Bandung akan tinggal lebih lama di sini.

Menurut saya Grand Tjokro Premier  lebih dari sekedar hotel untuk staycation, hotel ini merupakan jawaban atas mereka yang tetap ingin menikmati kota Bandung tapi enggan berjibaku dengan kemacetan kota Bandung yang pelan-pelan menjadi metropolis.

Grand Tjokro Hotel Bandung
Jalan Cihampelas No 211-217 Bandung 40131, Bandung, Indonesia, 40131
Telepon : 022-82021220

Video ini tayang di NET CJ http://netcj.co.id/unique/video/226114/lengkap-ada-fasilitas-mini-zoo-dan-kebun-stroberi
Video ini tayang di NET CJ http://netcj.co.id/unique/video/226114/lengkap-ada-fasilitas-mini-zoo-dan-kebun-stroberi

33 komentar

  1. Saya juga suka ke Bandung karena bikin kangen. Kalo hotel ini mah, lokasinya strategis banget kalo di Cihampelas. Jadi ingat waktu belanja di salah satu mall di kawasan itu. Ada teman dikejar-kejar cowok buat kenalan!

    Suka

  2. Anak-anak benar-benar akan dimanjakan ya kalau di hotel Grand Tjokro Premiere itu.. Mulai dari taman bermain di lobi, kamar yang nyaman ter-cover wifi, mini zoo, kolam renang, dan kebun stroberi. Duh, anak mana yang bakal nolak diajak liburan ke hotel kalau kayak gitu caranya..

    Disukai oleh 1 orang

  3. duh bandung, kota indah sejuk, menawan dengan hiasan dari penghuni geulis nan molek

    tertutup dengan buaian belaka, dari surga dari indonesia (salah satu)

    kapan ya aku bisa ke Bandung lagi (tengok kanan kiri) menanti di colek

    wakaka

    tempat ini keren juga keliatan nya mas

    nanti deh … kalau balik kampung sama keluarga semoga bisa visit ketempat ini

    aw aw aw

    Suka

  4. Wah menarik juga ya hotel ini.

    Lengkap segala kemudahan yang disediakan.

    Belum pernah juga ke Bandung. Nanti berkesempatan nak try la pergi sana.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Hotelnya persis bangunan pejabat di Malaysia. Tidak sangka mempunyai bilik yang selesa. Hehehe. Nanti ke Bandung akan cari hotel itu ya Mas. Bagus utk seisi keluarga tak?

    Suka

  6. Sis dah 2 kali ke Bandung, walaupun macet sentiasa tapi memang tak pernah bosan ke sana sebab shopping nya murah-murah. Teringin nak ke sana lagi sebab rasanya dah banyak benda baru di sana. Kalau ke sana bolehlah nanti duduk di hotel ni

    Suka

  7. Have not travel to Bandung yet but they mention Bandung is nice place for shopping. The hotel looks nice and spacious. Many activities can be done in Bandung.

    Disukai oleh 1 orang

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s