Music Camp Bajafash 2018 : Belajar Musik Dari Ahlinya Yuk!

Wonderful Indonesia Music Festival –  Bajafash tahun ini tidak hanya mengajak penikmat musik untuk mendengarkan alunan nada  dan melihat pagelaran  busana namun juga mengajak siapapun untuk mengembangkan kemampuan musikalitas.

Dalam bermusik  tidak hanya dituntut untuk memiliki rasa  dan karsa tapi  juga intelegensi yang tinggi. Bagaimana agar beragam  suara  alat musik terdengar begitu harmonis dan ritmis. Meski konon musik Jazz kaya akan improvisasi, namun sesungguhnya ada ilmu yang harus diulik agar musik tak terdengar satir.

Bajafash 2018 - Tak hanya mendengar musik, kita bicara dan belajar musik.
Bajafash 2018 – Tak hanya mendengar musik, kita bicara dan belajar musik.

Seperti tulisan saya sebelumnya, Bajafash tahun ini menghadirkan Music Camp dimana para pecinta musik dapat belajar dari  musisi Jazz yaitu Sri Hanuraga , I Wayan Balawan, Indro Hardjodikoro,  Azmi Hairudin Steve Thornton,  Zahid Ahmad dan Stan Calvin. Bagi kamu yang merasa belum terlalu mahir bermusik jangan khawatir karena tanggal 16 Maret 2018 akan ada General Class yang dipandu oleh tokoh jazz muda Sri Hanuraga di sini kita akan belajar harmonisasi nada.

Musik itu bahasa universal, ia tak terlalu sulit untuk dipelajari dan dimengerti, terutama bagi yang memiliki kepekaan dan jiwa seni. Masuk di sesi ke dua, peserta akan dikelompokan sesuai dengan  kemampuan melalui Group Class sesuai dengan penguasaan alat musik seperti : gitar, drum, perkusi, saxophone dan piano/ keyboard.

Penampilan Belawan di Jazz Cozzy Lampung (koleksi pribadi)
Penampilan Belawan di Jazz Cozzy Lampung (koleksi pribadi)

Hari berikutnya musisi asal Bali Balawan akan mengisi dengan materi Jazz Improvisation. Bagi musisi profesional  kelas ini wajib untuk disimak untuk mengembangkan  kemampuan improvisasi  di atas panggung.

Sesi berikutnya akan ada kelas Music & Technology. Seperti kita ketahui bahwa sekarang  musik adalah bagian dari industri hiburan yang berhubungan  teknik audio panggung, mixing audio,  rekaman dan lainnya. Seperti halnya kamera, musik juga melalui revolusi dari analog ke digital. Dulu membuat musik kita harus menggunakan studio rekaman dengan peralatan besar dan mahal. Di era digital kita dapat mengaransemen musik dengan  gadget sederhana seperti  ponsel.  Jadi untuk menjadi  musisi bukan kemampuan bermusik saja yang dibutuhkan namun kemampuan tekonologinya wajib dikuasai.

Jika kamu bernyali besar, beranikah kamu ditantang untuk Jam Session dengan  para mentor-mentor untuk merasakan sensasi berkolaborasi  dengan musisi jazz profesional di malam api unggun.

Harmoni Sri Hanuraga

Berikut  profil mentor yang akan mengisi kelas General Class : Jazz Harmony. Namanya sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta jazz tanah air.  Sejak kecil Hanuraga sudah piawai memainkan piano lalu di usia 17 tahun ia belajar piano  jazz kepada Indra Lesmana. Setelah sempat malang melintang dan memenangkan beberapa kompetisi jazz di tanah air akhirnya ia memutuskan  hijrah ke negeri kincir angin untuk belajar musik di Conservatorium van Amsterdam.

Sri Hanuraga musisi jazz muda Indonesia. (www.brilio.net)
Sri Hanuraga musisi jazz muda Indonesia. (www.brilio.net)

Ternyata keputusannya tidak sia-sia, selama belajar di Belanda  hingga kini banyak prestasi yang torehkan seperti soloist prizepada kompetisi East Eastern Jazz Festivaldi Nijmegen, Belanda (2006) dan pemenang kedua Young Pianist Foundation (YPF) Jazz Piano Competition (2009). Paling membanggakan ia berhasil menyelesaikan studinya dengan meraih predikat cum laude with distinction.

Sekarang Hanuaraga memilih tinggal di Belanda demi karir bermusik internasional. Bersama Sandy Winarta (drums), Riza Arshad (keyboards) dan Indrawan Tjhin (acoustic double bass) ia tergabung dalam W/H/A/T Quartet (2010).  Selain itu, ia tergabung dalam Sri Hanuraga Trio bersama drummer Slovenia, Kristijan Kranjcan  dan bassist Jerman, Theo Balbig.  Baru-baru ini ia bersama The Brag Pack merilis album bertajuk Just Braggin.

I Wayan Balawan

Lahir di keluarga Bali yang sangat mencintai seni membuat Balawan dapat memainkan gamelan sejak usia dini. Dari sang kakak akhirnya ketertarikannya kepada alat musik petik tumbuh hingga bandnya  Harley Angels menjadi jawara di  Festival Rock 1984 yang diselenggarakan Log Zhelebour.

Balawan penuh ekpresi di panggung Jazz Cozzy Lampung ( koleksi pribadi)
Balawan penuh ekpresi di panggung Jazz Cozzy Lampung ( koleksi pribadi)

Usai menamatkan sekolah menengah atas di SMA 1 Depansar Balawan melanjutkan kuliah di Institute of Music di Sydney. Di sinilah ketertarikan Balawan dengan musik jazz tumbuh. Jangan  heran jika pada akhirnya Balawan membawa unsur musik tradisional di beberapa penampilannya karena ia tak pernah melupakan akar budaya yang ia miliki.

Ternyata 6 tahun lalu saya pernah menonton salah satu konser Balawan  di Lampung bertajuk Jazz Cozzy. Rasanya tak sabar kembali melihat performanya dan mengulik ilmu dari sang musisi di Bajafash 2018.

Melihat profil musisi yang akan menjadi pemateri di Music Camp Bajafash 2018 pasti semakin penasaran. Segera pilih paket  untuk mendapatkan pengalaman berbeda di Program Music Camp Bajafash 2018 yang mengangkat tema “Keberagaman di Asia Tenggara Melalui Musik dan Fashion” .

Paket Musik Camp Bajafash 2018 - Batam View Resort Nongsa
Paket Musik Camp Bajafash 2018 – Batam View Resort Nongsa
Paket Premium Rp3000000 Paket Standar Rp1800000
Pilih salah satu musik jazz kursus berikutMusic Camp akan dipandu oleh Musisi Jazz Profesional.
– Gitar Jazz
– Gitar Bass
– Piano / Keyboard Jazz
– Drum
– Saksofon
– Aplikasi Musik
• 2 Night Room (Sharing Twin Room) termasuk Sarapan Pagi
• 2 Hari Makan siang (16-17 Maret 2018)
• 2 Hari Coffee Break
• Music Camp
• Tiket Bajafash 2 Hari
Pilih salah satu musik jazz kursus berikut.
Music Camp akan dilpandu oleh Musisi Jazz Profesional.
– Gitar Jazz
– Gitar Bass
– Piano / Keyboard Jazz
– Drum
– Saksofon
– Aplikasi Musik
• Music Camp
• Tiket Bajafash 2 Hari

 

Jadwal Program Music Camp Bajafash 2018

16 Maret 2018
08:00 – 10:00 : Pendaftarab
10:00 – 12:00 : General Class : Jazz Harmony By Hanuraga
12:00 – 13:00 : Makan Siang
13:00 – 14:00 : Group Class
14:00 – 15:00 : Check In Kamar
15:00 – 16:50 : Group Class
16:30 – 17:00 : Coffee Break
17:00 – 18:30 : Pertunjukan Panggung
22:00 – 01:00 : Api Unggun & Jam Session

17 Maret 2018
09:00 – 11:00 : General Class : Jzz Improvisation By Balawan
11:00 – 12:00 : General Class : Music & Technology
12:00 – 13:00 : Makan Siang
13:00 – 15:00 : Group Class
15:00 – 16:00 : Mentor Jam Session
16:00 – 16:30 : Coffee Break
16:30 – 18:30 : Pertunjukan Panggung

Bajafash 2018, bukan sekedar musik dan fashion.
Bajafash 2018, bukan sekedar musik dan fashion.

For more information please contact us +62 778 325 769.
Web : http://www.bajafash.com
Ig : bajafash.2018
Fp : BaJaFash
Mail : official@bajafash.com.

6 pemikiran pada “Music Camp Bajafash 2018 : Belajar Musik Dari Ahlinya Yuk!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s