Poyotomo – Meringkuk Bahagia di Kaki Gunung Bintan

Kabut tebal di lereng gunung Bintan  menghamburkan hawa dingin. Sekali lagi saya meringkuk bahagia,  tertidur pulas beralas bumi beratap langit. Sudah lama saya tidak menyatu dengan alam seperti ini. Berbaring tenang  di  dalam tenda bagai seorang petualang. Semalam saya tak hanya bermimpi mendengar  desir  dedaunan tertiup angin tapi merasakannya melalui semua panca indra.

Menikmati pagi di Taman Pemancingan Poyotomo
Menikmati pagi di Taman Pemancingan Poyotomo

Poyotomo asalah sebuah taman pemancingan di kabupaten Bintan  seolah pengobat rindu bagi insan yang tak memiliki banyak waktu untuk menyatu dengan alam. Tak perlu usaha lebih untuk membawa tenda dan membangunnya. Kamu cukup datang di sini lalu meminta petugas untuk mendirikan tenda di lokasi yang kamu suka. Biayanya murah , lima puluh ribu untuk tenda dom berkapasitas dua orang. Di dalamnya sudah tersedia sleeping bag, alas tikar  dan penerangan lampu LED.

pondok beratap rumbia di sekiling lokasi pemancingan
pondok beratap rumbia di sekiling lokasi pemancingan

Bukan Camping Ground

Poyotomo sejatinya bukanlah camping ground tapi taman pemancingan dengan kolam bulat besar. Di sisinya berdiri pondok kayu dan kanopi tempat penghobi olahraga kail berteduh. Tapi rasanya tempat ini terlalu indah jika hanya dijadikan taman pemancingan.  Pemandangan gunung Bintan menjulang membentang dengan  pantulannya tergambar jelas di permukaan air  kolam membuat hati ini enggan untuk berpaling. Jelang senja dan  pagi terlihat samar terlihat  kabut menyelimuti puncak gunung.

Pemandangan gunung Bintan di Poyotomo
Pemandangan gunung Bintan di Poyotomo

Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah dan jika ingin memancing ada biaya tambahan 30 ribu rupiah. Ini untuk menyewa  kail dan memancing sepuasnya. Untuk memeriahkan suasana jelang akhir pekan biasanya diadakan lomba memancing gratis  hingga pukul 9 malam. Jangan berpikir kalau malam suasananya horor karena gelap. Pencahayaan di  sini  cukup baik membuat tempat ini tetap instgramable walaupun di malam hari.

Aktivitas memancing tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak-anak
Aktivitas memancing tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak-anak
Suasana malam di Taman Pemancingan Poyotomo
Suasana malam di Taman Pemancingan Poyotomo

Fasilitas Pendukung

Pertama kali mengetahui bahwa Poyotomo sebuah taman pemancingan saya sempat meragukan kenyamanan tempat ini untuk menggelar tenda. Bagaimana dengan fasilitas MCK dan makannya? Tanah luas berumput terawat dengan pondok panggung kecil beratap rumbia membuat saya langsung ingin berguling manja. Untuk dapat singgah dan menikmati pondok pengunjung dikenakan tarif 50 ribu rupiah. Tak punya uang lebih bukan berarti kamu tak mendapat  kenyamanan. Beberapa tempat duduk di bawah kanopi dan kantin bisa dijadikan tempat beristirahat gratis.

Musholla di Taman Pemancingan Poyotomo
Musholla di Taman Pemancingan Poyotomo

Kamar mandi yang selalu bersih dengan ketersediaan air yang memadai membuat kamu tak perlu khawatir untuk camping manja di sini. Beribadah pun tetap terjaga karena tersedia musholla dan air bersih untuk berwudhu.

Fasilitas MCK di Taman Pemancingan Poyotomo
Fasilitas MCK di Taman Pemancingan Poyotomo

Sejujurnya untuk urusan makan saya sempat  khawatir dan membawa banyak stok makanan. Maklum lokasi ini katanya cukup jauh dari kawasan berpenduduk. Tapi sebelum memasuki taman pemancingan saya melihat beberapa kedai di rumah makan yang menyediakan makanan berat dan ringan.

Tapi yang membuat saya sangat bahagia  di Poyotomo sendiri terdapat kantin dengan harga makanan yang cukup terjangkau. Meski kantin buka sampai pukul 9 malam tetap disediakan air panas yang dapat digunakan untuk membuat minuman  atau mie instan. Pemilik kantin pun tidak keberatan jika malam hari kita menggunakan dapurnya untuk memasak. Tapi  sebagai wisatawan yang beretika dan bertanggung jawab, usai memasak semua peralatan dibersihkan dan dirapihkan kembali.

Kantin di Taman Pemancingan Poyotomo
Kantin di Taman Pemancingan Poyotomo
Nasi goreng :d
Nasi goreng :d
Dapur yang bisa kamu gunakan untuk memasak mie instan
Dapur yang bisa kamu gunakan untuk memasak mie instan
Tenda militer atau tenda dom, terserah pilihanmu
Tenda militer atau tenda dom, terserah pilihanmu

Bagaimana ke Poyotomo?

Banyak jalan menuju Poyotomo. Dari Batam, Jakarta ataupun Singapura. Pelabuhan kapal paling dekat ke Poyotomo adalah pelabuhan Tanjung Uban. Jadi jika kamu dari Batam paling mudah menyebrang ke  Tanjung Uban dari pelabuhan Punggur. Tapi  tidak ada kendaraan umum dari Tanjung Uban ke Poyotomo, alternatif pertama kamu bisa menyewa kendaraan atau membawa kendaraan yang disebrangkan dengan kapal Roro dari Punggur.

Lalu bagaimana dari Jakarta atau kota lain di Indonesia. Wah kalau ini sih bisa menggunakan pesawat terbang menuju kota Tanjung Pinang. Lalu dengan menggunakan taksi kamu bisa menuju Poyotomo.

Apakah bisa dari Singapura atau Malaysia? Wah kalau dari Singapura kamu bisa ke Lagoi terlebih dahulu dengan kapal Feri melalui pelabuhan Tanah Merah. Nah dari Lagoi lagi-lagi harus menggunakan taksi atau menyewa kendaraan. Sebagai informasi, taman pemancingan Poyotomo  mulai ramai dikunjungi wisatawan negara tetangga.  Sepertinya mereka ingin mencari alternatif wisata lain selain Lagoi.

indahnya dunia kalau tidur dengan pemandangan seperti ini
indahnya dunia kalau tidur dengan pemandangan seperti ini

Beberapa tahun belakangan ini Bintan semakin  ramah dengan wisatawan berkantung cekak. Wisata Lagoi yang dulunya identik dengan ekpatriat berkantung tebal kini ramai dikunjung wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara beransel. Dan yang lebih menggembirakan objek wisata dengan harga tejangkau pun makin banyak bermunculuan seperti Telaga Biru dan Gurun Pasir Busung. Melaui rute di bawa ini kamu bisa dari pelabuhan Tanjung Uban kamu bisa singgah terlebih dulu ke wisata hits Bintan.

Destinasi wisata lama yang tidak jauh dari Poyotomo adalah air terjun gunung Bintan dan kampung durian. Saat musim  durian tiba kamu bisa makan durian sepuasnya dengan biaya lima puluh ribu rupiah.

Bagaimana kamu butuh piknik akhir pekan ini. Jalan-jalan ke Taman Pemancingan Poyotomo yuk!

Rute kendaraan bermotor dari pelabuhan Tanjung Uban ke Poyotomo
Rute kendaraan bermotor dari pelabuhan Tanjung Uban ke Poyotomo

Tips berkemah di  Poyotomo

  1. Cuaca pulau yang ekstrim seperti hujan dan panas yang cepat berganti , persiapkan pakaian yang pas untuk kondisi panas dan hujan.
  2. Sediakan peralatan mandi dan handuk sendiri.
  3. Membawa gembok kecil untuk tenda.
  4. Jika ingin menginap di akhir pekan lakukan pemesanan melalui telepon terlebih dahulu.
  5. Pilih posisi tenda dengan pemandangan terbaik.
  6. Jaga kebersihan lingkungan untuk kenyamanan diri sendiri dan orang lain.
  7. Jika ada keragu-raguan  tanyakan kepada petugas.
Indahnya malam di poyotomo dengan penerangan yang cukup
Indahnya malam di poyotomo dengan penerangan yang cukup

Guna melengkapi kisah menginap di Poyotomo berikut video perjalanan bersama teman saya Rina bersepeda dari Tanjung Uban menuju Poyotomo. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan like di video ini serta men-subscribe channel dananhwayu.

Video ini dibuat dengan iphone 5s dan diedit dengan software splice.

Kakak ini dari Batam genjot ke Poytomo pulang pergi
Kakak ini dari Batam genjot ke Poytomo pulang pergi

Taman Pemancingan Poyotomo
Alamat : Bintan Buyu, Teluk Bintan, Bintan Buyu, Tlk. Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29133
Telepon: 0811-7002-229

 

43 pemikiran pada “Poyotomo – Meringkuk Bahagia di Kaki Gunung Bintan

  1. Wahh cantiknya tempat ini. Ruby baru tahu ada lokasi memancing Poyotomo. Konsep begini sangat bagus. Selesa untuk kaki pancing, boleh pasang khemah, memancing dan persekitaran cantik aman. Terima kasih mas.

    Salam dari Malaysia!

    Disukai oleh 1 orang

  2. Wahhh cantiknya kawasan ni…sedap aje mata memandang, mesti nyaman bila di sana. Teringin betul nak camping di tempat yang sebegini bersama kawan-kawan. Baca artikel ini buatkan keinginan bertambah-tambah…:D.
    Terima kasih atas infonya ya!

    Disukai oleh 1 orang

  3. Masya Allah, taman pemancingannya bagus begini. Harga makanannya juga lumayan terjangkau ya. Trus bisa sekalian mampir ke kampung durian lagi. Di sini 50 ribu belum bisa makan sepuasnya hehe.

    Suka

  4. Sungguh ku terbuai dengan karya photo mu kakak. Keren mampuussss!!!!. Btw bermalam pakai tenda itu seru sekali. Punya terjangkau harganya berdua 50ribu rupiah! Semoga saya ada waktu tandang ke Poyotomo itu. Sangat Instagramable banged!!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s