[Video] Aston Batam in Slow Motion

Tahu nggak sih saya itu lagi tergila-gila dengan video slow motion alias gambar bergerak pelan. Kayaknya kalau lihat video cewek kibas rambut di slow motion tuh jadi seksi banget, apalagi kalau ada percikan air. Aauuuuu!!! Nggak kuat. Mungkin itu cuma imajinasi saya saja  tapi sumpah semua terlihat dramatis. Sedramatis  lomba blog yang dibatalkan mendadak  atau yang di-setting.

Pengen banget bikin video slow motion tapi apa daya kamera saya masih jadul jadi gambarnya kalau di slow motion dengan software patah-patah. Untung  ponsel jadul saya yang bergambar apel kroak itu bisa untuk merekam video slowmotion. Jadi akhir-akhir ini saya sering bereksperimen dengan iphone 5s dan korbannya teman-teman travelling.

Kebetulan kali ini korbannya Chairudin Loekman  atau dedek gemes biasanya memanggil dengan Babang Luluk. Jangan tertipu dengan casing Babang ini, walau kaya anak kuliahan atau SMA umurnya sudah kepala tiga dan teman sebayanya sudah punya anak tiga. *lalu dikeplak Luluk*

Oke abaikan modelnya, kita kembali ke video slowmotion yang lokasi pengambilan gambarnya di hotel yang masih gress kinyis-kinyis di Batam yaitu, Aston Batam. Sebetulnya hotel ini belum dibuka resmi baru soft opening karena beberapa propertinya memang belum jadi, terutama apartemen.

filmed by @dananwahyu gear iphone 5s

Sebetulnya apa sih yang kamu harapkan dari kamera dengan sensor 8 MP dan  lensa f/ 2.2 , 29 mm. Tapi paling tidak video slowmotion-nya sudah 720 HD. Namun di kamar dengan pencahayaan minim memang terasa kurang nendang. Sepertinya untuk video-video selanjutnya saya membutuhkan penerangan tambahan. Sedangkan pengambilan gambar di luar ruangan termasuk aman.

Ketidakstabilan memegang kamera memang dapat tertolong dengan mode slowmotion karena pergerakan kamera menjadi lebih smooth. Tapi mungkin terlalu banyak video slow mo orang akan bosan oleh karena itu di beberapa scene saya selipkan video dengan kecepatan normal bahkan timelpase.

Karena bentuknya yang kecil mengambil video dengan ponsel jelas lebih mudah dan lebih banyak manuver yang bisa dilakukan mulai dari  panning, tittling, follow, fading bahkan dolly tanpa menggunakan alat. Semuanya memang perlu latihan dan referensi dengan menonton  film atau video lain sebagai pembanding.

Kenapa sih kita perlu belajar pergerakan kamera? Karena pergerakan kamera membangun emosi yang nantinya menjadi bagian untuk membangun cerita. Meski video ini bukan film yang memiliki ide cerita tapi video ini diedit sebisa mungkin membuat penikmantnya   merasa nyaman ketika menonton adegan demi adegan.

Video slowmotion biasanya tidak membutuhkan audio kecuali untuk adegan tertentu. Jadi audio hanya mengandalkan backsound dari lagu latar yang memang sudah tersedia di software editing

Terus kesimpulannya apa dari video ini?

Kesimpulannya sih video ini mungkin cukup layak tayang untuk konten instagram tapi tidak untuk di youtube walau resolusinya sudah HD. Dan kalau lagi nggak mau ribet dengan peralatan videografi yang kadang bikin lelah fisik dan dompet, ponsel tetap bisa menjadi alat untuk menciptakan video ciamik.

Oh iya, video ini diedit software aplikasi splice. Alasannya sih mudah saja  karena software ini gratisan dan tidak ada watermark serta mudah penggunaannya. Untuk efek memang sangat minim tapi mungkin ini yang menjadi salah satu kekuatan sekaligus kelemahan. Dengan software minimalis seperti ini saya akan berusaha mengambil gambar dengan sebaik-baiknya tanpa getar tangan.

Singkatnya durasi waktu produksi video ini   salah satu pertimbangan kenapa saya sekarang lebih sering menggunakan iphone untuk membuat video. Untuk mengedit video 5 menitan yang terbagi menjad 3 scene membutuhkan waktu tak lebih dari 3 jam dengan waktu rendering hanya beberapa menit saja. Memang sih untuk memudahkan editing sebelum pengambilan gambar harus membuat script kasar jadi tidak terlalu banyak adegan terbuang aka mubajir.

Bagaimana tertarik untuk membuat video dengan iphone atau smartphone kamu dalam mode slowmotion? Jika ada pertanyaan atau kamu punya pengalaman seru silakan isi di kolom komentar.

Aston Batam Hotel & Residence  
+62 778 488 1888
Jl. Sriwijaya No. 1, Kp. Pelita, Lubuk Baja, Batam 29444 Kepulauan Riau – Indonesia
Bataminfo@astonhotelsinternational.com

 

9 pemikiran pada “[Video] Aston Batam in Slow Motion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s