Liburan Makin Fleksibel dengan Easy Reschedule Traveloka

Sejak tinggal di Batam dan memiliki pola kerja office hour, saya  lebih bijak merencanakan liburan. Bukannya bos tidak baik hati memberikan cuti, tapi ada saat tak terduga di tempat kerja yang harus jadi prioritas.

Bayangkan  tahun lalu, ada 3 tiket penerbangan hangus dikarenakan saya tidak bisa meninggalkan kantor, padahal rencana liburan sudah dibuat jauh-jauh hari. Tapi, lagi-lagi bawahan hanya berencana, sedangkan keputusan ada di tangan bos. Eh!  Maksudnya, manusia hanya berencana tapi Tuhan yang menentukan.

Lagi butuh vitamin C kakak :D
Lagi butuh vitamin Sea, Pulau Moyo

Salah satu trip gagal itu adalah island hopping dari Lombok ke Flores selama 4 hari. Padahal, tiket pesawat, penginapan, dan paket perjalanan sudah sudah dipesan. Ya sudah, untuk apa menyesali kejadian yang sudah berlalu, lebih baik merencanakan trip yang masih menjadi angan.

Pulau Rinca destinasi wisata yang akan saya sambangi
Pulau Rinca destinasi wisata yang akan saya sambangi

Jadi, rencananya akhir bulan ini saya akan mengulang trip Lombok-Flores yang gagal tahun kemarin.  Tanggal  22 Maret 2017, saya akan bertolak dari Batam menuju Lombok dengan transit di Surabaya terlebih dahulu. Lalu, berangkat dari pelabuhan di Senggigi keesokan harinya.

Varanus Komodensis hewan endemik yang ada hanya di Taman Nasional Komodo
Kangen Varranus Komodensis, hewan endemik  Taman Nasional Komodo

Berdasakan kejadian tahun lalu, persiapan perjalanan kali ini lebih matang. Cuti sudah diajukan jauh-jauh hari dan saya memastikan kepada tim di kantor kalau saya mau cuti. Jadi, kalau ada pekerjaan mendadak, tolong dibantu.

Karena tiket pesawat piknik kali ini lebih mahal ketimbang tiket PP Jakarta-Thailand. Maunya sih, sekali mendayung Lombok-Flores dan  Bali juga terlampaui. Tapi, masih agak bimbang karena kepulangan pada 27-28 Maret 2017 di Bali sedang berlangsung Nyepi, artinya bandara akan ditutup.

Melihat tak banyak jadwal penerbangan Bali-Batam, rasanya tak bijak memaksakan diri singgah lama di Bali. Akhirnya, saya memutuskan transit di Jakarta lalu melanjutkan penerbangan ke Batam tanggal  28 Maret 2017.

e

Ketika semuanya sudah siap, kejadian tidak terduga kembali datang. Meski 28 Maret 2017 adalah hari libur nasional, tetap saja ada panggilan tugas mendadak. Tapi, ini tugas panggilan sebagai seorang Travel Blogger. Sebuah hotel di kawasan Tangerang mengundang untuk mengulas fasilitas hotel. Duh, bagaimana ya, tiket pulang sudah dipesan untuk 28 Maret 2017, tapi saya harus tinggal satu malam lagi?

dunia bawah laut pink beach selalu ngangenin
dunia bawah laut Pink Beach selalu ngangenin

Mau mengurus perubahan jadwal penerbangan ke kantor maskapai di Batam belum ada waktu. Akhirnya,  memutuskan untuk telepon customer service Traveloka, siapa tahu dapat membantu. Tapi, ketika menjalajah situs Traveloka untuk mencari nomor kontak CS-nya, malah menemukan link reschedule penerbangan.

Rasanya sudah nggak sabar melihat gugusan pulau dari NTB sampai NTT
Rasanya sudah nggak sabar melihat gugusan pulau dari NTB sampai NTT

Memang di Traveloka ada fitur reschedule otomatis dengan sistem online?

Karena penasaran saya pun mencobanya dan berharap tak ada biaya tambahan karena 29 Maret 2017 sudah harus masuk kerja. Ternyata, jadwal ulang penerbangan ini bisa dilakukan untuk maskapai yang berbeda, tapi kita tetap harus menunggu sesaat untuk memeriksa  ketersediaan kursi dan harga tiket baru.

Karena masih satu perusahaan maskapai, harga tiket tidak jauh berbeda. Saya harus menambah sekitar 165 ribu rupiah. Biaya ini sudah termasuk kelebihan harga tiket  dan biaya administrasi sebesar 15 ribu rupiah.

Buat berbagi info yang bermanfaat, berikut langkah lengkap untuk reschedule tiket penerbangan dengan menggunakan fitur Easy Reschedule Traveloka.

1. Agar lebih mudah, langsung saja mengetik alamat h**ps://www.traveloka.com/reschedule atau memilih link reschedule di aplikasi Traveloka.

Langkah Pertama
Langkah Pertama

2. Selanjutnya, sistem akan masuk ke halaman login.

Langkah ke 2
Langkah ke 2

3. Setelah login dengan e-mail atau akun media sosial di web traveloka  maka akan masuk ke halaman berikut  lalu pilih menu Pesan Saya.

Langkah ke 3
Langkah ke 3

4. Di halaman Pesan Saya, semua histori pemesanan baik tiket pesawat atau hotel akan terlihat, lalu pilih jadwal penerbangan yang akan direschedule dengan menekan tombol Detail.

Langkah ke 3
Langkah ke 4

5. Lalu pilih tombol Reschedule pada halaman ini.

Langkah ke 4
Langkah ke 5

6. Di Halaman ini sistem memastikan apakah anda akan melalukan reschedule dengan pilihan: waktu, tanggal, rute penerbangan dan maskapai. Jika iya pilih Lanjutkan.

Langkah ke 6
Langkah ke 6

7. Saatnya memasukan rute dan tanggal penerbangan maka sistem akan mencarikan waktu dan maskapai yang tersedia di Easy Reschedule.

Langkah ke 7
Langkah ke 7

8. Sekarang, tinggal memilih maskapai dan waktu penerbangan. Di bagian kanan adalah tambahan biaya yang harus dibayarkan. Biaya ini sudah termasuk kelebihan harga tiket dan biaya administrasi sebesar 15 ribu rupiah.

Langkah ke 8
Langkah ke 8

Langkah Easy Reschedule selanjutnya seperti melakukan pembelian tiket biasa di Traveloka. Jika sudah dibayar dan dikonfirmasi, maka tiket akan dikeluarkan kembali. Ubah jadwal penerbangan di Easy Reschedule Traveloka mudah banget, bukan?

Selain menjadwal ulang tiket penerbangan, fitur Easy Reschedule di atas juga dapat mengembalikan (refund) tiket jika kamu membatalkan perjalanan. Tapi, tetap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, ya. Nggak mungkin juga gegara Anda telat check-in di bandara, lalu minta refund.

Perlu menjadi catatan, beberapa maskapai yang tidak bisa diubah  jadwal penerbangan PP, seperti penerbangan domestik dari maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Xpress Air, AirAsia, Thai Smile, dan Thai AirAsia. Untuk informasi lengkap  masing-masing syarat dan ketentuan maskapai silakan lihat  di halaman Easy Reschedule Traveloka.

Rasanya lega banget ada fitur Easy Reschedule di pemesanan tiket online Traveloka. Jelas menghemat waktu dan tenaga karena tidak harus menelepon ke customer service atau datang ke kantor maskapai untuk mengurus perubahan jadwal.

Meski sekarang saya jadi mas-mas kantoran yang ‘fakir cuti’ dan blogger yang sok sibuk di Batam. Boleh dong punya cita-cita traveling jauh.  Ya, paling tidak setahun sekali merencanakan sebuah perjalanan impian yang fleksibel dan realitis.

Dulu sih agak ngeri-ngeri sedap merencanakan perjalanan jauh dengan bujet besar. Tapi, sekarang, saya nggak takut andai kesibukan harus menjadwal ulang liburan. Masih bisa diatur dengan Traveloka, bukan? 😀

23 pemikiran pada “Liburan Makin Fleksibel dengan Easy Reschedule Traveloka

  1. Duh makin keceh aja nih Traveloka yah, sudahlah harga tiketnya lebih murah dibanding beli langsung di maskapai sekarang bisa reschedule pula ya kan keren keren keren, jempollah pokoknya

    Disukai oleh 1 orang

  2. Kemaren juga mau ke padang pesen tiket di traveloka terus tiba2 sodara lahiran, jadi deh harus reschedule tiket pulang. Temen bilang coba pake easy reschedule traveloka, ugh pas dicoba dan berhasil kok senang banget yah hihi lumayan sih liburan nambah tp cuti berkurang hiks hiks..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s