Mencoba Scuba Diving Bareng Max's Dive Center

Mencoba Scuba Diving Bareng Max’s Dive Center

Bayangkan   kamu punya jutaan hektar taman bunga indah  tapi kamu tak pernah menyambangi walau hanya sekali. Padahal di taman itu  terdapat 8.500 jenis bunga yang tidak ada di tempat lain. Sayang  banget kan?

Nah itulah yang terjadi dengan  kita. Tahukah kamu kalau Indonesia memiliki keanekaragam hayati laut terbesar di dunia dengan 8.500 spesies biota laut. Pernahkah kamu bermimpi untuk  melihatnya?

Sejak mengenal travelling kurang lebih 6 tahun lalu saya langsung jatuh cinta dengan dunia bawah laut . Aktivititas backpacking pertama saya waktu itu memperkenalkan dunia bawah laut Selayar dan membuat  saya kecanduan snorkeling.

“Kak snorkeling itu cuma mengintip dunia bawah laut dari atas bukan menyelam. Nggak cuma hati perempuan yang perlu diselami tapi samudera luas harus kamu selami, agar kamu makin sayang dan mencintainya.”

Menyelami hati perempuan butuh keberanian tapi kalau menyelami lautan kamu butuh skill dan ilmu agar tetap aman dan nyaman. Tapi kalau belum berani menyelam di lautan luas kamu bisa mencoba scuba diving di kolam renang .

Baiklah akhir  pekan ini saya mencoba scuba bersama Max’s Dive Center di kolam renang Goodies yang berada di kawasan Seraya , Batam.

Goodies Kafe dan Kolam Renang
Goodies Kafe dan Kolam Renang

Saya baru tahu ternyata aktivitas ini bisa dilakukan juga untuk anak-anak dengan batas usia minimal 8 tahun. Seharusnya renang dan selam  menjadi kurikulum wajib anak Indonesia. Agar mereka bisa melihat   keindahan dunia bawah laut sehingga melahirkan cinta tanah air dan bangsa.

Persiapan sebelum menyelam dimulai
Persiapan sebelum menyelam dimulai

Sebelum aktivitas dimulai teman-teman dari Max’s Dive Center sudah bersiap dari  pagi dan beberapa peserta trying scuba sudah melakukan pemanasan dengan berenang.

Sebelum masuk ke dalam air Mas Gerry Asta dari Max’s Dive Center memperkenalkan peralatan scuba seperti: masker, fins, masker, tabung udara, regulator dan Bouyancy Compensation Device (BCD).

Masker peralatan scuba diving yang juga digunakan saat snorkeling
Masker peralatan scuba diving yang juga digunakan saat snorkeling

Bagi teman-teman yang sudah sering  bersnorkeling mungkin sudah familiar  dengan masker dan fins ,tapi yang belum? Jangan khawatir Mas Gerry bakal menjelaskan semua  fungsi dari masing-masing peralatan .

Memasang tabung udara ke BCD (Bouyancy Compensation Device )
Memasang tabung udara ke BCD (Bouyancy Compensation Device )

Saya dapat ilmu baru soal masker snorkeling dari Mas Gerry. Ternyata di  masker snorkeling baru ada lapisan / coating yang harus dihilangkan agar google glass tidak mudah mengembun. Salah satu caranya dengan membakar bagian kacanya atau dilapisi odol tanpa  scrub selama 24 jam.

Sebelum menyelam semua diver harus mengetahuai semua peralatan yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu diver wajib merangkai semua peralatan sendiri, seperti memasang tabung dan selang regulator ke Bouyancy Compensation Device (BCD). Dan memastikan apakah tabung  memiliki tekanan udara yang cukup dengan menggunakan pressure gauge.

Anak-anak diperkenalkan dengan scuba diving
Anak-anak diperkenalkan dengan scuba diving
Pressure gauge yang akan menunjukan tekanan tabung
Pressure gauge yang akan menunjukan tekanan tabung

Jika semua sudah siap , saatnya masuk ke dalam air. Tidak perlu takut karena kita menyelam di kolam renang dengan kedalaman 1,3 meter saja. Dengan berdiri kamu masih dapat menjejakan kaki  di dasar kolam.

Saatnya masuk ke dalam air dan mencoba peralatan
Saatnya masuk ke dalam air dan mencoba peralatan

Pada intinya buat diri kita senyaman mungkin ketika berada di dalam air dan mengenakan peralatan scuba. Jika ada sesuatu yang tidak nyaman langsung dapat dikomunikasikan atau ditanyakan  kepada instruktur.

Hal pertama yang perlu dipelajari adalah nyaman di dalam air
Hal pertama yang perlu dipelajari adalah nyaman di dalam air
Biar nyaman di dalam air , selfie sebelum menyelam
Biar nyaman di dalam air , selfie sebelum menyelam

Ketika melakukan aktivitas menyelam tidak dibolehkan sendirian. Ini bukan karena di bawah laut dilarang jomblo tapi demi  keselamatan . Bayangkan jika menyelam  tiba-tiba mengalami kecelakaan atau ada masalah dengan regulator. Siapa yang akan menolong?

Kalau terjadi sesuatu di dalam air lalu minta tolongnya bagaimana Kak, Teriak?  Karena kita tidak dapat berbicara saat menyelam maka perlu belajar bahasa tangan agar bisa berkomunikasi dengan buddy.

Lima bahasa tangan dasar yang wajib diketahui penyelam:

  1. Jempol menghadap ke atas artinya mengajak naik ke atas permukaan.
  2. Telunjuk dan jempol membentuk huruf O artinya baik-baik saja.
  3. Jempol ke bawah artinya menyelam lebih dalam.
  4. Mengggoyangkan telapak tangan artinya ada masalah.
  5. Gerakan memotong leher artinya kehabisan oksigen.
Mas Gerry Asta Mencontohkan bahasa tangan
Mas Gerry Asta Mencontohkan bahasa tangan

Penyelam juga harus dapat mengambil kembali selang regulator yang terlepas. Caranya dengan meluruskan tangan ke depan lalu menyapu mulai dari paha bawah hingga memutar ke samping dan kembali ke arah depan.

Mungkin terlihat mudah tapi yakinlah jika ini terjadi di laut dalam dan kamu tidak memiliki kemampuan ini  maka akan panik.

Mencoba memasang selang regulator yang terlepas
Mencoba memasang selang regulator yang terlepas

Saya paling suka belajar teknik membersihkan masker di dalam air. Meski pada awalnya agak takut tersedak air tapi dengan teknik yang benar tentu aman.

Pertama bagian atas masker dibuka sedikit dan biarkan air masuk ke dalam hingga  ketinggian setengah mata. Jika sudah siap dengan cepat kepala ditengadahkan ke atas sambil membuka bagian bawah masker lalu hembus kuat-kuat dengan hidung. Maka air dalam masker akan terdorong keluar dan dengan cepat masker ditutup kembali.

Jika semua teknik dasar sudah dikuasai saatnya berlatih bouyancy dan bergerak ke kolam dengan kedalaman 2 meter.

Agar kamu bisa tetap menyelam stabil tanpa menyentuh lantai diperlukan kemampuan  mengapung  yang baik. Jangan sampai jika  menyelam di laut kamu menumpu pada terumbu  karang lalu merusaknya.

Membersihkan masker di dalam air
Membersihkan masker di dalam air
Melatih kemampuan bouyancy di dalam air
Melatih kemampuan bouyancy di dalam air

Setelah mencoba berkeliling kolam renang dengan scuba sambil berfoto selfie jadi pengen beneran nyemplung di laut. Ternyata menyelam itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Tapi untuk dapat menyelam di lautan kamu harus memiliki lisensi atau sertifikat ,  ini hanya  didapatkan melalui kursus dan ujian. Karena sebetulnya banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang penyelam agar aktivitas yang dilakukan di laut aman bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.

Saatnya wefie bersama di dalam air
Saatnya wefie bersama di dalam air

Gimana kamu ikutan penasaran ingin mencoba scuba diving di kolam renang? Ya sudah nanti akhir pekan kita coba yuk sambil berfoto kece seperti di bawah ini.

Selfie lagi biar makin esksis (abaikan belahan dada)
Berfoto selfie  lagi biar makin esksis (abaikan belahan dada)

Max’s Dive Center
Alamat : Ruko Mega Legenda Blok B3 No.6
Telepon : +62 778 7495072
E-mail : info.maxsdivecentre@gmail.com
Website : https://maxsdivecentre.wordpress.com

40 pemikiran pada “Mencoba Scuba Diving Bareng Max’s Dive Center

  1. Waktu ambil sertifikat open water di Senayan sih gak ada masalah, pas ujiannya di Kepulauan Seribu antara di kolam renang dengan di laut ternyata beda hahaha,,, arus dalam ternyata bisa buat energi terkuras…

    Sayang sih ini olahraga mahal, kudu banyak nabung buat diving di tempat tempat kece.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Seru sekaliii.. Aku pertama kali nyobain scuba diving di Tanjung Benoa. Langsung terjun ke laut dan karena belum sepenuhnya nguasain dasar-dasar diving, sempat panik. Tapi alhamdulillah bisa teratasi dengan baik. Btw, maxs dive center ini nyediain kursus diving juga gak, Kak?

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s