Kepulauan Riau Kuliner

Merayakan Hari di Kopi Raya

Terkadang hari  memang tak sempurna, masalah datang silih berganti menggundahkan asa . Bersama seorang rekan , malam ini duduk di pojok kafe  , menyeruput secangkir kopi untuk  menawarkan rasa.

Sebuah inspirasi menyapa tak kala cairan  pahit membasahi kerongkongan. Memendarkan zat kimia bernama kafein yang terlarut di dalam darah lalu membangkitkan saraf di pusat otak. Mengapa harus tak bahagia, bukankah setiap waktu berharga, detiknya tak akan pernah berulang.

Layaknya hari besar, mestinya setiap hari harus dirayakan.

Rayakan Harimu di Kopi Raya
Rayakan Harimu di Kopi Raya

Setelah Morning Bakery, kini berdiri tempat nongkrong baru dekat kantor. Meski lokasinya tidak sepelemparan kancut atau seselepetan tali kutang. Tak membutuhkan banyak waktu sampai di Kopi Raya. Harganya cukup terjangkau, tidak semahal warung kopi asal Amerika dan  kualitas kopinya premium. Sekilas  melirik toples kopi bertuliskan Arabika Mandiling di rak dekat barista. Auuu , kopi Sumatra.

ditemani secangkir Caffee Americano
ditemani secangkir Caffee Americano

Malam ini saya memanjakan diri dengan Cafee Americano. Sajian kopi bergaya Amerika yang terlahir dari gaya minum tentara Amerika di era perang dunia ke dua. Ketika bertandang ke Italia , lidah orang Amerika   tak terbiasa dengan pekatnya cita rasa kopi Italia, lalu  menambahkan air panas pada secangkir espresso . Siapa sangka cara minum ini menciptakan “gaya ” baru menikmati kopi. Caffee Americano.

deretan biji kopi terbaik nusantara
deretan biji kopi terbaik nusantara

Pecinta kopi tradisional jangan berkecil hati pasalnya kopi hitam masuk dalam daftar menu kafe yang berlokasi di ruko Mahkota Blok F No 8-9 , Batam Center. Jadi tak perlu khawatir, gaya “ngopi” apapun ada di sini, apalagi teman ngopinya. Kudapan tradisional hingga western siap menemani ritual minum kopi.

Menu  wajib icip pecinta kuliner  sup bibir ikan, konon tak banyak restoran menyajikan masakan ini. Saat grand opening  sempat menikmatinya. Menilik rasa , kekuatan kuliner ini ada pada ringannya bumbu kuah dan varian isi sup.

Ini kafe kopi jual makanan berat juga? Ya, inilah Kopi Raya, Kopi se-Indonesia Raya. Tak hanya memanjakan penikmat  kopi, tapi pecinta jajanan dan kuliner  kota Batam.  Buka dari jam 07.00-10.00 WIB bisa  jadi tempat nongkrong ajib seharian, dari sarapan sampai dinner romantis.

interior didominasi kayu
interior didominasi kayu

Meski elemen desain interior didominasi kayu, unsur gayanya memadukan modern dan klasik. Bagian depan kafe berjajar empat sofa besar lengkap dengan lampu gantung kristal. Namun lebih masuk ke dalam ,  kursi minimalis melingkari meja kayu. Meja kursi di serambi kafe dikhususkan bagi pecinta kopi dan tembakau. Karena bagi beberapa orang kehadiran kopi dan rokok bagai pasangan kekasih. Kombinasi keduanya luar biasa.


Waktu menunjukan pukul 20:00 WIB, obrolan  makin seru bersama seorang rekan yang tak mau difoto. Kadang curhat , cara terbaik merayakan hari yang berat . Ini bukan mengeluh, hanya meluapkan isi hati agar lebih lega. Sambil mencecap kopi hitam, ia berkisah tentang harinya yang tak terlalu manis. Kamipun terbahak mentertawakan satirnya hidup, lalu satu sachet gula dimasukan ke dalam kopi. Ya kadang hidup perlu penawar rasa agar tetap manis.

ada sofa nyaman bergaya klasik
ada sofa nyaman bergaya klasik

Kali ini saya memilih kentang goreng sebagai   teman minum kopi , sedangkan teman saya memilih pisang keju. Selera camilan boleh beda  tapi cita rasa minuman sama. Apapun nama dan  tampilannya , aslinya kopi hanya memiliki rasa pahit. Jika kamu merasakan sensasi rasa berbeda kopi,  itu terlahir dari aroma. Aroma yang menuntun indra pengecap melahirkan rasa yang berbeda. Jadi jangan heran, cara terbaik meminum kopi, hirup dulu aromanya dalam-dalam sebelum menggumulinya dengan indra pengecap.

selera boleh berbeda tapi kita pecinta kopi
selera boleh berbeda tapi kita pecinta kopi

Kualitas terbaik , tak harus dibayar mahal . Jika kamu berpikir harga secangkir kopi di sini sama dengan gerai kopi asal Amerika. Kamu salah, di sini harganya cukup terjangkau. Apalagi, hingga  akhir tahun ini Kopi Raya memberikan potongan harga hingga 25% untuk semua makanan dan minuman.

Jika pada akhirnya nongkrong di kafe  kopi menjadi ritual untuk merayakan harimu. Tak berlebihan jika saya merekomendasikan Kopi Raya.

Jika hatimu gundah, tunggu saya di Kopi Raya. Dalam dentuman aroma arabika atau robusta , saya siap ikut merayakan harimu yang tak sempurna. Mari ngopi!

live music saat Grand Opening Kopi Raya
live music saat Grand Opening Kopi Raya

 

19 komentar

  1. Sepertinya asyik ngopi2 di sini, tapi sayangnya kok jauuuuuhh bangets dari Tuban #Ehgimana

    Btw, tulisan review ini “membuai” bangets, Om. Sampai ga sadar bacanya tiba-tiba khatam paragraf terakhir 😆

    Suka

  2. makin nge-hits ya kedai kopi macam gini. di deket rumah yg tadinya ada satu, muncul lagi di pojok sana, dan pinggir sana dan ujung sana. pernah nyoba, enak juga rasa kopi. yg ga enak itu saat ditanyain mau minum kopi apa, dan penjelasannya panjang lebar 🙂 dan ujung2nya saya selalu pesan kopi item, tubruk dan rasa agak asam. trs mas ngelayani bilang: itu pakai kopi arabica lho mas 🙂

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.