2n Carnival Nongsa, Batam

Atraksi Nusantara di 2nd Nongsa Carnival

Bagi saya kota Batam itu penuh kejutan. Setelah penghujung tahun lalu terpukau pagelaran fashion bertaraf internasional , BIFW 2014 (Batam International Fashion Week),  tahun ini 2nd Nongsa Carnival. Karnaval yang dikemas apik dengan   melibatkan seratus artis pendukung , dalam nuansa gala dinner yang menghadirkan 30 ikon kuliner nusantara.

Sekilas tentang kawasan Nongsa,  merupakan kawasan di utara pulau Batam dikenal dengan destinasi wisata bahari dan resor cantiknya . Di sana banyak berdiri  dengan beragam konsep dan lapangan golf berstandar internasional. Karena lokasinya yang strategis , banyak wisatawan Singapura dan Malaysia bertandang setiap akhir pekan.

Selamat datang di Indonesia Night 2nd Nongsa Carnival 2015
Selamat datang di Indonesia Night 2nd Nongsa Carnival 2015

Gelaran 2nd Nongsa Carnival adalah rangkaian puncak ulang tahun Turi Beach Resort ke 26. Setelah beberapa pekan sebelumnya Turi Beach Resort menghadirkan lomba dan workshop, dengan  Joseph KS Tan sebagai pemateri.

Teri persembahan sebagai pembukan 2nd Nongsa Carnival
Teri persembahan sebagai pembukan 2nd Nongsa Carnival

Sejak pagi tamu sudah dimanjakan nuansa nusantara dengan sajian musik kulintang ketika pertama menjejakan kaki di pelabuhan Nongsa Pura. Sepanjang siang , games menarik , mengajak pengunjung menikmati kegembiraan dan keramahan khas nusantara. Jelang malam hari, acara dibuka dengan tari persembahan khas Melayu. Lenggak-lengok penari Bali dalam balutan songket  tak kalah meriahnya dengan  pencak silat Jawa Barat.

Pemenang Turi Beach Photography Competition
Pemenang Turi  Photography Competition

Pada kesempatan yang sama juga diumumkan pemenang Turi t Photography Competition. Dan pemberian penghargaan seumur hidup  kepada  Joseph KS Tan , fotografer senior Singapura atas totalitas dan kontribusi di dunia fotografi.  Pria berusia 71 tahun ini ini telah banyak mendapatkan penghargaan di  luar negeri, seperti:  UK Honorary Fellowship of Master Photography Association (Hon.FMPA) tahun 2005 dan USA Honorary Fellow ICS (Hon.F.ICS) tahun 2013.

penghargaan seumur hidup kepada Mr. Joseph KS Tan
penghargaan seumur hidup kepada Mr. Joseph KS Tan

Saat  yang paling ditunggu adalah karnaval Nongsa II. Jika biasanya pagelaran spektakuler ini hanya bisa kita saksikan di Jember. Kini , Turi Beach Resort menghadirkan di Batam dengan tata lampu spektakuler. Di run away berbentuk huruf T, peraga beraksi dalam karakter fantasi. Jangan heran jika tiba-tiba ada yang tidak  berjalan lemah gemulai. Koregrafi dan kostum menjadi satu kesatuan tak terpisahkan pada pertunjukan karnval.

lenggak-lenggo penari Bali
lenggak-lenggo penari Bali

Dan yang paling mengejutkan ketika Endang Sumantri , General Manager Turi Beach Resort , turut ambil serta dalam karnaval. Dalam jubah hitam  fantasi model hati detail  kalpataru emas,  berjalan menyusuri catwalk merah mengikuti irama musik.  Kesempatan langka ini , tak disia-siakan penghobi fotografer Batam . Dengan antusias,  mereka merekam setiap momen peragaan.

Nasi tumpeng salah satu ikon kuliner nusantara
Nasi tumpeng salah satu ikon kuliner nusantara

Kuliner nusantara yang disajikan dalam gala dinner kali tak perlu saya ulik satu per satu. Maklum, sudah terlalu sering menikmati makanan di sini, yang memang terkenal lezat. Tapi jujur, hari ini saya tidak fokus makan, takut ketinggalan pertunjukan di panggung. Jadi beberapa kudapan seperti nagasari ,  menjadi teman setia malam ini.

memasukan Batik sebagai ornamen baju karnaval
Batik sebagai ornamen baju karnaval
Endang Sumantri , General Manager Turi Beach Resort
Endang Sumantri , General Manager Turi Beach Resort
sang naga berasksi di atas panggung
sang naga berasksi di atas panggung

10 11

Meski malam menjelang, acara semakin meriah. Saya tidak menyangka bisa menyaksikan tari kecak langsung di sini. Aura  mistis pun melingkupi di atraksi yang sebenarnya merupakan bagian ritual keagamaan. Fotografer dari negeri seberang , semakin enggan beranjak menyaksikan tarian yang biasa dibawakan beramai-ramai.

Tata suara dan lampu malam ini benar-benar luar biasa. Meski di panggung terbuka, penonton  pertunjukan layaknya di dalam ruangan tertutup. Bersahutan penari berteriak ritmis. Karakter Rama-Shinta menjadi tokoh utama , di tarian berdurasi 20 menit.

Teri kecak meramaikan 2n Carnival Nongsa
Teri kecak meramaikan 2n Carnival Nongsa

Sebelum acara berakhir, fashion show menutup pagelaran. Beberapa cantik dalam balutan kebaya kontemporer, berlenggak-lenggok di  catwalk. Meski sudah mendapat sentuhan moderen, saya masih bisa melihat identitas tradisional di sana. Batik, songket dan tenun menjadi material busana yang didesain oleh desainer lokal Batam.

Keindahan dan kekayaan budaya nusantara tidak bisa diceritakan dalam semalam, namun kita bisa merangkumnya menjadi atraksi yang menarik. Memadukan semua unsur budaya seni , sepert tari, kuliner dan fashion menjadi tontonan sekaligus media promosi pariwisasta Indonesia.

Selamat hari jadi ke 26 , Turi Beach Resort!

 

nongsa-carnival-2-langs

11 pemikiran pada “Atraksi Nusantara di 2nd Nongsa Carnival

  1. Resort juga hebring yak perayaan ultahnya. Dan itu yang dapat penghargaan fotografi..sampai usia sepuh masih semangat foto foto yak. Salut! patut dijadikan contoh buat yg muda supaya tetap berkarya..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s