Hotel Lampung Travelling

Mengunjungi 5 Pulau Cantik Teluk Lampung

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang

Teluk Lampung memiliki pulau-pulau kecil dengan pemandangan alam dan dunia bawah laut memukau. Berikut lima pulau paling sering di kunjungi wisatawan.


Pulau Tangkil
Pulau ini tepat berada di seberang pantai wisata Mutun, kecamatan Padang Cermin , kabupaten Pasawaran. Tarif  menyebrang kapal pulang-pergi  10 ribu rupiah dengan waktu tempuh 15 menit sekali jalan. Tidak mengherankan pulau ini kerap ramai karena dekat dari  kota Bandar Lampung , yaitu 25 kilometer ke arah barat daya. Sarana pulau cukup memadai, pengunjung bisa menyewa canoe, snorkel bahkan jetski.

Pulau Tegal
Awalnya pulau ini tempat penelitian mahasiswa FMIPA Biologi Universitas Lampung. Tidak mengherankan biota lautdan terumbu karang sangat terjaga. Dengan mudah bisa menemukan anemon, clown fish, ular laut bahkan penyu hijau. Untuk sampai di Pulau Tegal pengunjung menyebrang dari pelabuhan Ringgung , desa Gebang Kecamatan Padang Cermin. Dari  kota Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Pulau Kelagian
Siapapun yang berkunjung ke pulau Kelagian Lunik  akan ketagihan. Hamparan pulau pasir putih tanpa penghuni membuat saya betah berlama-lama. Belum lagi dunia bawah lautnya, rasanya tidak percaya ada beberapa spot terumbu karang dengan kerusakan minim. Soft coral masih terjaga tempat tinggal ikan besar warna-warni.

Pulau Pahawang
Melintasi pulau ini terlihat cottage kayu bergaya rumah tradisional Lampung,  milik orang Jerman. Dahulu siapa saja  bisa menambatkan perahu di dermaganya, tapi sekarang tidak. Pengunjung harus merapat ke sisi utara pulau dengan luas 4 hektar. Tepat di depannya terdapat Pulau Pahawang Lunik yang dihubungkan sebuah gosong (pasir putih). Dari atas perahu terumbu karang terlihat jelas bagai aquarium, jernih. Dari Pelabuhan Ketapang menuju Pulau ini membutuhkan waktu 45 menit menumpang perahu tradisional , ketinting.

Pulau Tanjung Putus
Jika dilihat dari peta, bentuk pulau  seperti sebuah tanjung yang terpisah. Tahun 80-an pernah disewa perusahaan Jepang sebagai tempat pembudidayaan mutiara. Tidak mengherankan ekosistem di sini sangat terjaga. Ikan-ikan jinak berenang di sepanjang dermaga menanti pengunjung. Keragaman species biota laut di sini paling tinggi dibandingkan empat pulau di atas. Karena masih dalam satu lintas pelayaran, pengunjung biasa menyambangi Pulau Kelagian, Pahawang dan Tanjung Putus  dalam satu hari trip. Perjalanan dimulai dari Bandar Lampung , 35 km menuju Pelabuhan Ketapang, Teluk Ratai, Kabupaten Pasawaran. Pengunjung  bisa langsung menyewa kapal di pelabuhan atau bergabung dengan operator snorkeling lokal : Wisata Bahari atau Lampung Cinta Snorkeling.

Akomodasi dan Transportasi
Karena letaknya tidak jauh dari kota Bandar Lampung, wisatwan lebih suka menginap di kota Tapis Berseri. Setelah seharian bersnorkeling , malam hari berwisata kuliner seafood di Pasar Mambo, Teluk Betung. Pecinta Cafe dan Resto  bisa berkunjung  Diggers, Kafe dengan pemadangan Teluk Lampung. Jangan lupa singgah sejenak di Toko Manisan Yen Yen berbelanja oleh-oleh makanan khas Lampung.

Transportasi dari Jakarta ke Bandar Lampung  menggunakan bus Damri bertarif 175 ribu rupiah. Biasanya pelancong asal Jakarta menggunakan bus malam di hari Jumat. Sabtu pagi, operator snorkeling langsung menjemput di stasiun kereta api Tanjungkarang lalu mengantar ke spot wisata bahari, Teluk Lampung. Menjelang sore hari wisatawan diantar ke hotel. Keesokan harinya , sebelum kembali ke Jakarta bisa keliling kota Bandar Lampung mengunjungi objek wisata. Jika ingin melihat hewan khas Lampung Gajah dapat mengunjungi Taman Bumi Kedaton atau Lembah Hijau. Pecinta sejarah dapat mengunjungi Museum Lampung dan Taman Dwi Pangga sambil berkeliling kota menggunakan Trans Bandar Lampung.

Bagi Sophaholic ada beberapa pusat perbelanjaan menjadi alternatif seperti: Central Plasa, Mall Kartini dan Simpur Center. Ingin merasakan sensasi pasar tradisional dan mencari kerajinan khas Lampung , kain tapis dan kebaya sulam usus. Langsung saja menuju pasar Bambu Kuning.

Penginapan
Kamar hotel full booked merupakan salah satu kendala berwisata di akhir pekan. Solusinya memesannya jauh-jauh hari. Selain  memberi rasa aman dan nyaman, harganya  lebih murah. Selain harga faktor kenyamanan menjadi prioritas memilih hotel. Rasanya tidak mungkin  mencari informasi hotel satu persatu di internet. Tapi tenang,  VoucherHotel.com telah merangkum semua informasi hotel dengan detail dan lengkap berdasarkan kota. Di sini kita juga langsung dapat memesan kamar dengan harga spesial. Soal pembayaran tidak usah bingung, transaksi bisa dilakukan transfer rekening bank tanpa kartu kredit.

Selain langsung memesan di situs VoucherHotel.com,  bisa juga dipesan melalui Blackberry Mesenger, WhatsApp, Yahoo Messenger ataupun E-mail. Jadi tidak usah bingung kalau tidak ada internet atau paket data smartphone kamu tidak full service.

Pokoknya kalau  berwisata  atau melakukan perjalanan luar kota , ingat lima langkah mudah memesan hotel via VoucherHotel.com:

  1. Klik http://www.voucherhotel.com/
  2. Isi tempat yang ingin dikunjungi, tanggal cek-in/cek-out, dan jumlah kamar. Klik “Cari”
  3. Pilih dan klik nama hotel yang diinginkan
  4. Pilih kamar yang diinginkan dan klik “Pesan Sekarang”
  5. Masukkan informasi Anda dan klik “Kirim”

Setelah proses transasksi selesai, voucher hotel akan dikirim melalui E-mail. Jangan lupa voucher harus dicetak sebagai alat pembayaran ketika check-in. Jadi tunggu apalagi jalan-jalan yuk ke Bandar Lampung melihat keindahan 5 pulau cantik di Teluk Lampung.

http://www.voucherhotel.com/travel/kontes/
(Tulisan ini disertakan dalam “travel blog contest”)

foto dan video milik dananwahyu.com

8 komentar

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.