Lampung, Travelling

Pengen Lagi , Kelagian

Biota Laut Pulau Kelagian Lunik
Biota Laut Pulau Kelagian Lunik

Matahari bersinar cerah, sinarnya menghangtakan semua mahluk hidup yang ada di muka bumi. Sepertinya sudah masuk musim panas, waktu yang tepat untuk melaut. Di awal bulan Mei (o6/05/2012) kembali snorkeling bareng komunitas Lampung Cinta Snorkling. Mumpung lagi libur di Lampung, menikmati keindahan pantai dan dunia bawah laut.

Tepat pukul 07:00 berangkat menuju Ketapang , sebuah perkampungan kecil di Padang Cermin menghadap ke Teluk Lampung. Perjalanan Bandar Lampung sampai ke Ketapang membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Sesampai di Ketapang kamipun langsung berlayar menuju arah timur. Perahu diarahkan ke sebelah kanan Pulau Kelagian Balak, menuju spot bernama Batu Mandi. Sebuah spot yang terdiri dari pulau gosong (pulau berpasir) dan batu karang mencuat dari dalam laut.

Cuaca hari ini benar-benar bersahabat, matahari tidak terlalu terik dan anginpun bertiup lembut. Gelombang yang tidak terlalu besar membuat visibility cukup nyaman untuk bermain-main di dalam laut. Terumbu karang cantik dan biota laut tampak indah berkilau ditimpa cahaya mentari. Tapi? Oppsss card reader kamera saya tertinggal. Nampaknya keindahan ini hanya bisa dinikmati , tidak bisa diabadikan.

Clown Fish (sumber: koleksi Boski)
Clown Fish (sumber: koleksi Boski)

Puas bersnorkeling di spot pertama kami bergerak menuju Pulau Kelagian Lunik. Sebuah pulau kecil di sebelah selatan Kelagian Balak.  Pantai berpasir putih menyambut kedatangan kami, mengingatkan saya sebuah pulau kecil di Karimunjawa. Ikan kecil berenang riang di pinggir pantai, mengisyratkan ekosistem di sini masih terjaga.

Pulau Kelagian Lunik
Pulau Kelagian Lunik

Setelah beristirahat dan makan siang di Pulau Kelagian Lunik perburuan “keindahan” dilanjutkan. Terombang ambing di kapal sekitar 15 menit, akhirnya sampailaj kami di sebuah spot “rahasia”. Jreng jreng hamparan batu karang dangkal menghampar , menyembul malu-malu terumbu karang menggoda. Semakin menuju lautan, terumbu karang semakin dalam namun biota laut semakin padat. Ikan warna-warni lalu lalang menari di antara soft coral. Tiba-tiba serombongan ikan kecil berenang lincah melewati saya.

Terumbu Karang
Terumbu Karang

Perasaan menyesal tidak membawa card reader semakin dalam. Apalagi melihat clown fish yang lebih besar dibandingkan spot pertama. Dengan sisa-sisa usaha menggunakan memory internal, sayapun mencoba mengabadikan beberapa gambar terbaik. Varian terumbu karang di sini cukup banyak, kerusakan pun nyaris tidak terlihat. Mungkin karena tempat ini belum dijamah orang.

ikan warna-warni
ikan warna-warni

Thanx God, atas kebaikan salah seorang teman jalan dan nyemplung. Akhirnya bisa mengabadikan gambar lebih banyak. Boski meminjamkan kartu memorynya kepada saya. Perburuan pun, dilanjutkan hingga menjelang sore hari.

Sore di Ketapang
Sore di Ketapang

Matahari tampak rendah di ujung barat membuat laut berpendar kekuningan. Kamipun kembali menuju Ketapang, merapatkan diri pada sebuah pelabuhan. Sambil mengenang keindahan di dekat Pulau Kelagian Lunik. Sumpah gue pengen lagi ke Kelagian….

5 tanggapan untuk “Pengen Lagi , Kelagian”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s