Desserts-of-Hong-Kong
Hong Kong, Kuliner, Travelling

Sensasi Kuliner Hongkong di Musim Panas

Tahu nggak sih ternyata Hong Kong itu seru untuk  dikunjungi selain musim dingin? Musim lain yang seru untuk dikunjungi adalah Musim Panas. Di musim ini, Hongkong terasa sangat menyenangkan untuk berburu makanan yang dapat membuat lidah dan tenggorokan ingin terus diberi asupan.

Bagi pecinta kuliner, berburu makanan di Hong Kong itu wajib banget karena selain makanannya enak, beberapa di antaranya tercipta karena alkuturasi budaya timur dan barat, jadi kuliner ini hanya ada di Hong Kong.

Berikut kuliner Hong Kong penyejuk tenggorakan yang wajib untuk diburu saat musim panas.

  1. Es Kacang Merah Ala Cha Chaan Teng

Cha Chaan Teng itu seperti warung Tegalnya orang-orang Hongkong, biasanya menyediakan menu makanan lokal dan barat ala Hongkong. Alasanya, karena banyaknya minat warga lokal yang ingin menikmati makanan di restoran seperti orang asing.  Maka di era 80-an munculah resto terjangkau ala Hongkong yang menyajikan teh bening (清茶 cing1 caa4) sebagai sajian pembukanya, bukan teh hijau seperti yang  terdapat di resto biasanya.

Cha Chaan Teng ( sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Cha_chaan_teng)
Cha Chaan Teng ( foto:  en.wikipedia.org/wiki/Cha_chaan_teng )

Salah satu menu wajib yang selalu ada di Cha Chaan Chang adalah Es Kacang Merah. Sebuah minuman, berupa kacang azuki rebus yang dicampur dengan air gula dan santan kelapa untuk memberikan sensasi segar. Minuman ini disajikan bersama es sebagai sensasi pelengkap kesegarannya.

Es kacang merah Chan Chaan Teng (sumber : https://www.radiantrachels.com)
Es kacang merah Chan Chaan Teng ( foto : radiantrachels.com )

2. Es Krim & Potongan Buah

Siapa sih yang tidak suka mengudap es krim di musim panas? Wong udara dingin saja saya kadang masih nyemil es krim. Tapi es krim ala Hongkong ini enak banget lho gaes, teksturnya lebih lembut dan creamy. Dan endes-nya lagi disajikan dengan beragam topping potongan buah seperti kiwi, stroberi dan lychee.

Kalau sudah begini siapa yang mau melewatkan pengalaman kuliner menikmati es krim ala Hongkong yang lembut? Pasti penasaran kan bagaimana rasa dan sensasinya?

 

Es krim gelato dengan toping ( Sumber : DanielFoodDiary.com)
Es krim gelato dengan toping ( foto:  DanielFoodDiary.com )

3. Es Krim Softee

Gaes kalau kamu jalan-jalan ke Hongkong lalu melihat mobil Van jadul berwarna merah putih, kalian wajib mendekat karena itu adalah van es krim hits di Hongkong. Dikenal dengan merek dagang Mister Softee milik dari perusahaan the Ng Enterprises Ltd. Mobil Van ini sudah ada sejak tahun 1970 dan diimpor dari Inggris secara langsung.

Didukung dengan 14 armada, Mister Softee kini beroperasi di daerah Hongkong kota, Kowloon dan New Territories.

Dengan mempertahankan cita rasa es krim jaman dulu yang menyediakan empat varian seperti: es krim vanilla yang disajikan dengan cone, es krim stik, cup besar dan cup jumbo berwarna oranye.

  1. Puding Tahu Kung Wo

Pabrik kembang tahu Kung Wo memang rajanya olahan kedelai dan sudah dikenal sejak tahun 1960. Salah satu makanan yang wajib dicoba adalah puding tahu yang sudah banyak dikenal warga lokal dan turis. Bayangkan di udara panas menikmati semangkuk puding tahu dengan tekstur lembut, disertai dengan rasa dingin yang lumer di dalam mulut.

( sumber : food fight - WordPress.com)
Lezatnya puding tahu ( foto:  food fight – WordPress.com)

Kalau kamu tak mampu membayangkannya di musim panas ini, langsung saja bergegas ke jalan Pei Ho nomor 118 daerah Sham Shui Po, Kowloon.

  1. Es Krim & Egg Waffle

Salah satu cara menikmati es krim yang berbeda di kota Hongkong adalah dengan Egg Wafflle atau eggettes. Makanan in sejenis kue waffle yang teksturnya berbentuk bulatan-bulatan besar mirip telur. Es krim rasa jahe diselipkan ke dalam egg waffle dan sebagai pelengkap rasa madu dan gula karamel dicampurkan ke dalamnya.

egg wafle,wafle bertekstur mirip telur
egg waffle bertekstur mirip telur ( foto:  easykitchenappliances.com)

Kebayang dong sensasi rasa dingin dan semeriwing jahe nya kaya apa? Apalagi ketika egg waffle digigit dengan tekstur crispy dan lembutnya es krim yang berpadu.

es krim dengan kuli egg wafle (sumber : easykitchenappliances.com)
es krim dengan kuli egg waffle ( foto:  easykitchenappliances.com)

Semua sensasi rasa ini bisa kamu dapatkan di Oddies Foodies  yang berada di jalan Gough  nomor 45,  Hongkong Pusat.

  1. Parfait Buah

Parfait itu sejenis makanan yang dibuat dari perpaduan potongan buah, yoghurt, jelly, biji-bijian dan oatmeal. Biasanya tanpa dimasak, tetapi langsung dimasukan ke dalam gelas atau botol kecil lalu didinginkan sebelum disajikan.

Parfait buah (sumber : Glitzmedia.co)
Parfait buah ( foto:  Glitzmedia.co)

Di Hongkong ada Parfait buah paling ngehits berasal dari Kyoto Jepang, konon salah satu parfait premium karena topping-nya menggunakan es krim emas. Iya es krim emas yang bisa dimakan. Kalau penasaran kamu langsung saja ke I Cremeria yang memiliki dua cabang di Hongkong

  • i Cremeria (Tsim Sha Tsui)  Shop OTG03A, G/F, Ocean Terminal, Harbour City, Tsim Sha Tsui
  • i Cremeria (Causeway Bay)  Shop F-9, 1/F, 11-19 Great George Street, Fashion Walk, Causeway Bay
  1. Atum Desserant

Kuliner itu berbeda dengan makan, ia tak hanya memenuhi rasa lapar tapi juga memuaskan berbagai panca indra. Jadi tidak mengherankan jika beragam bisnis kuliner menawarkan live cooking bagi konsumennya.

Seperti di Atum Desserent ini, konsumen bisa melihat proses pembuatan makanan penutup warna-warni di atas pan besar. Saya bilang ini bukan sekadar restoran biasa tapi seperti sebuah galeri.

Ketika kuliner tak hanya tentang rasa di lidah tapi sebuah karya seni (sumber : h**p://www.thatfoodcray.com)
Ketika kuliner tak hanya tentang rasa di lidah tapi sebuah karya seni (foto :  thatfoodcray.com)

Bagi yang memiliki budget lebih dan ingin menikmati dessert dingin bernuansa warna-warni yang menggoda, langsung saja menuju 16/F, The L. Square, No. 459-461 Lockhart Road Causeway Bay, Hongkong.

  1. Emack & Bolio’s Hongkong

Es krim di sini tuh seperti es krim ala Amerika , satu cone dipenuhi dengan es krim beraneka rasa dan bermacam-macam topping hingga bertumpuk-tumpuk.

Ingin merasakan sensasi makan es krim yang sangat menggugah selera? coba yuk jajanan seru Emack & Bolio’s Hongkong yang tersebar di kota Hongkong.

Berani mencoba es krim aneka rasa dengan toping melimpah (Sumber : h**ps://www.hkfoodstories.com)
Berani mencoba es krim aneka rasa dengan topping melimpah (foto :  hkfoodstories.com)
  • GF, 26 Cochrane Street, Central (Tel: +852 2505 6626)
  • Shop G38, GF, Mira Place One, 132 Nathan Road, Tsim Sha Tsui (Tel: +852 2780 2680)
  • Shop UG19, Citywalk, 1 Yeung Uk Road, Tsuen Wan Shops (Tel: +852 2386 7100)
  • G09 & G10, Lee Tung Avenue, 200 Queen’s Road East, Wanchai(Tel: +852 2952 3883)
  1. Dessert Kitchen

Salah satu resto yang mendedikasikan pada makanan penutup adalah Dessert Kitchen. Tak hanya menu-menu lama yang tampilannya menggoda tapi menu kreatif makanan penutup juga tercipta di sini.

Bentuk dessert yang lucu dan unik kadang bikin nggak tega untuk memakannya. Ya sudah kalau nggak tega, dilihat saja aneka makanan penutup Dessert Kitchen-nya yang terletak di Jalan Hau Fook Blok  G/F,No.12-12A, Hongkong.

Desert unyu yang membuat hatimu tak tega ( Sumber https://www.narcity.com)
Desert unyu yang membuat hatimu tak tega (foto :  narcity.com)
  1. Chung So Dessert

Kamu pecinta mangga dan durian? Ada tempat seru di Hongkong yang bisa memuaskan hasrat kuliner mu gaes.

Chung So Dessert menyediakan makanan penutup dari buah, yang jadi jawaranya adalah mangga dan durian.  Salah satu yang khas dari kedai ini adalah keotentikan rasa dessert tradisional Hongkong tempo dulu.

Penasaran dengan dessert tradisional berbahan dasar buah langsung saja ke Chung So Dessert.

Dessert tradsional Hong Kong berbahan dasar buah ( Sumber http://www.metrocity1.com)
Dessert tradsional Hong Kong berbahan dasar buah (foto:  metrocity1.com)

  1. Yee Shun Dairy Company

Salah satu olahan susu yang terkenal dan wajib dicoba adalah puding susu dari Yee Shun Dairy Company.

Salah satu keunikan puding susu ini adalah lapisan bertekstur lembut di atasnya. Setelah lapisan atasnya diambil, kemudian kamu akan menemukan puding super lembut di dalamnya.

Rasa puding susu yang dibuat dengan cara diuapkan ini pun beragam mulai dari rasa orisinil, jahe, hingga yang memiliki topping kacang merah.

Puding susu jawara di Yen Shun Milk Company ( (Sumber : http://danielfooddiary.com )
Puding susu jawara di Yen Shun Milk Company (foto:  danielfooddiary.com)

Yee Shun Milk Company , G/F, 506 Lockhart Road, Causeway Bay, Hong Kong

  1. Tei Mou Koon

Tei Mou Koon di Kowloon City terkenal dengan makanan penutup  tradisional China  seperti  puding tahu, puding mangga, sup sagu pomelo mangga, sup wijen  dan sup kenari.

Kudapan tradisional China Sumber https://www.openrice.com
Kudapan tradisional China (foto:  openrice.com)

Penasaran dengan aneka makanan penutup tempo dulu di Kowloon? Langsung saja ke jalan Fuk Lo Tsun Road Nomor 45.

Kira-kira 12 kuliner dingin di atas cukup untuk menggoda hasrat kuliner dan minatmu dalam menikmati musim panas di Hongkong. Kalau berniat untuk pergi ke Hongkong tahun ini, jangan lupa untuk dapetin harga tiket pesawat terbaik hanya di Wego.

Happy summer day!

16 tanggapan untuk “Sensasi Kuliner Hongkong di Musim Panas”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar