TIps Travelling

Tips Padu Padan Pakaian Pria Saat Traveling

Sebagai karyawan  yang tidak punya banyak waktu jalan-jalan, terkadang perjalanan dinas menjadi cara lain untuk curi-curi  piknik  dengan memperpanjang masa tinggal di luar kota dan menjadwal  ulang tiket pulang. Tapi tetap hotel bayar sendiri  dan  extend-nya di akhir pekan lalu kembali ke Batam hari Senin dengan pesawat pertama.

Maunya piknik dengan dengan casual tapi repot kalau harus bawa dua jenis pakaian (www.istock.com).
Maunya piknik dengan dengan casual tapi repot kalau harus bawa dua jenis pakaian (www.istock.com).

Tapi masalah timbul ketika acara kantor mengharuskan mengenakan  pakaian  formal dan  jalan-jalan  maunya mengenakan baju casual yang super nyaman. Sedangkan  membawa dua jenis baju pastinya akan merepotkan, jadi mau tak mau harus pandai-pandai memilih pakaian dan mempadupadankannya  . Berikut beberapa pakaian yang biasanya saya bawa saat dinas luar kota agar tampilan saat jalan-jalan tetap modis.

1. Celana Kain

Jenis celana ini wajib dibawa ketika perjalanan dinas. Potongan yang paling pas dipadupadankan dengan beragam atasan kemeja adalah model lurus dan berwarna gelap atau pastel. Saya pribadi suka warna abu-abu  karena lebih kelihatan trendy dan kekinian.

Celana bahan kain wajib dibawa saat dinas luar kota (www.istock.com).
Celana bahan kain wajib dibawa saat dinas luar kota (www.istock.com).

2. Kemeja polos

Kemeja polos warna terang dan gelap adalah salah satu outfit yang wajib dimiliki karena dapat digunakan untuk dalaman jas, jaket, atau outer lainnya. Untuk bahan saya memilih katun yang lebih mudah dibersihkan, kering dan tidak mudah kusut. Jika berencana membawa beberapa outer dapat membawa kemeja lengan pendek tapi jika ingin tampil tanpa outer dapat membawa lengan panjang.

Acara formal selalu mewajibkan kemeja sebagai dress code (www.istock.com).
Acara formal selalu mewajibkan kemeja sebagai dress code (www.istock.com).

3. Kaos Oblong & Berkerah

Kaos lengan pendek dan panjang item yang biasa dibawa ketika perjalanan. Selain untuk dikenakan ketika tidur , kaos  dapat digunakan  untuk  jalan-jalan santai. Dan kalau kamu tipe orang  berani dengan eksperimen warna, pilih warna-warna primer seperti merah, kuning dan biru. Dengan outer kemeja putih dan celana panjang kamu masih bisa menampilkan suasana semi formal namun tetap ceria.

Kaos warna-warni untuk traveling agar dikamera terlihat keren (www.istock.com).
Kaos warna-warni untuk traveling agar dikamera terlihat keren (www.istock.com).

4. Sweater Kerah V

Agar tampil modis dan formal sweater dapat dikenakan dengan kemeja warna polos yang sudah disematkan dasi. Saat jalan-jalan santai sweater dapat dikenakan juga dengan kemeja tanpa dasi dengan kancing kerah yang dibuka.

Untuk sweater saya tidak akan bermain dengan pola warna karena tidak pas dikenakan dalam acara formal tapi untuk memberikan aksen modis dapat memilih sweater dengan kombinasi pola tenun.

Sweater multingsi yang bisa dipakai saat nuansa formal dan non formal (www.istock.com).
Sweater multingsi yang bisa dipakai saat nuansa formal dan non formal (www.istock.com).

5. Jaket Kulit

Jika traveling ke tempat bersuhu dingin saya membawa jaket kulit karena bahan ini sangat fleksibel dapat melindungi diri dari suhu panas maupun  dingin.  Di pasaran banyak sekali pilihan model jaket kulit pria tapi pilihan saya jatuh pada model   semi formal  dengan potongan mirip jas. Hindari jaket kulit model penyanyi rock dengan beragam asesories. Pilih yang bagian lengannya bisa dibuka dengan retsleting atau kancing. Saat kamu jalan-jalan lengan jaket dapat digulung tiga per empat agar gayamu lebih santai.

Sebetulnya jaket kulit paling pas dikenakan dengan celana jeans tapi saya tidak merekomendasikan material ini untuk dibawa traveling. Selain berat, bahan jenis ini sulit kering jika dicuci.

Jaket kulit selain fashionabel mampu melindungi dari panas maupun dingin (www.istock.com).
Jaket kulit selain fashionabel mampu melindungi dari panas maupun dingin (www.istock.com).

6. Sepatu

Sepatu kulit dengan model semi formal menjadi pilihan agar bisa dipakai segala suasana. Untuk warna paling aman coklat atau warna gelap lainnya. Jangan lupa membawa beberapa kaos kaki sebagai pelengkap. Untuk acara formal pilih warna kaos kaki hitam dan jika traveling ingin bereksperimen dengan warna dapat mengenakan kaos kaki warna cerah seperti merah atau kuning yang dapat disenadakan dengan warna kaos.

Sepatu kulit yang nyaman untuk traveling (www.istock.com).
Sepatu kulit semi formal   nyaman untuk traveling (www.istock.com).

7. Celana Jogger

Sekarang saya lebih suka membawa celana jogger dibandingkan celana pendek  dengan retsleting. Selain lebih nyaman modelnya juga lebih kekinian, masih bisa dipadupadankan dengan jaket kulit dan sepatu semi formal dan kemeja. Pilih celana jogger yang tidak berbahan jeans termasuk soft.  Saya lebih suka celana jogger dengan pinggang tali dan bagian bawah yang dapat digulung tiga per empat.

Celana jogger untuk gaya kekinian dan nyaman (www.istock.com).
Celana jogger untuk gaya kekinian dan nyaman (www.istock.com).

8. Asesories

Pilihan asesories traveling yang wajib dibawa adalah kacamata hitam dan topi . Ini lebih ke fungsi daripada estetika . Untuk arloji saya lebih suka model smartwatch karena selain modelnya lebih kekinian, fungsinya juga lebih banyak dibandingkan arloji biasa.

Asesories selain fungsi juga membuat gaya jalan lebih maksimal (www.istock.com).
Asesories selain fungsi juga membuat gaya jalan lebih maksimal (www.istock.com).

Dan yang saya suka dari  smartwatch yang ada di pasaran, tali dan theme bisa diganti dengan mudah untuk disesuaikan dengan gaya traveling, mau formal atau santai. Biasanya saya membawa  sarung atau pasmina motif kotak-kotak   yang dapat dimodifikasi sebagai  slayer, syal dan tutup kepala (bandana) saat-saat tertentu.

Jalan tetap nyaman tapi tidak salah kostum di acara formal (www.istock.com).
Jalan tetap nyaman tapi tidak salah kostum di acara formal (www.istock.com).

Nah kalau sudah begini acara jalan-jalan lebih simple dan compact tanpa membawa banyak baju saya tetap bisa hadir berbagai suasana: formal, semi formal bahkan casual. Gaya pakaian setiap orang memang berbeda-beda tergantung kepribadian, namun sejogjanya kita bisa  berpakaian sesuai acara dan kepentingan agar tidak saltum alias salah kostum.

41 komentar

  1. Tips yang sangat bermanfaat ni Mas…. Walau judulnya acara jalan-jalan, tapi kalau kita datang ke kota-kota tertentu (di Eropa misalnya) terkadang ada momen yang tak terduga (misalnya konser musik klasik atau teater) yang mengharuskan berpakaian formal, jadi kudu siap-siap juga busana formal ya….

    Disukai oleh 1 orang

  2. Lelaki lebih senang tampil segak dengan padanan ringkas berbanding perempuan. Kalau perempuan mau penuh juga bagasi semata-mata nak nampak instacantik sewaktu bercuti.

    Suka

  3. tips yang bagus untuk mereka yang nak bercuti atau travel ke mana-mana.. blleh menjimatksn ruang beg dan membawa apa yang perlu sahaja.. tapi TB pula kalau boleh nak bawak semuanya termasuk katil.. hahahaha

    Suka

  4. Kalau untuk lelaki, cara pemilihan pakaian mungkin lebih simple dan ringkas. Tapi kalau perempuan, hai macam-macam jenis pakaian yang nak dibawa. Boleh kata satu beg pun mungkin tak cukup 😀 😀

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.