TIps Travelling

Puas Menikmati Liburan Sesuai Rencana

Di sela padatnya rutinitas sehari-hari, liburan sama melegakannya dengan sebuah oase di gurun pasir yang gersang. Ya, liburan sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita untuk merilekskan pikiran dan mengembalikan semangat.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan bersama keluarga atau teman-teman, salah satunya adalah travelling. Namun, meski tujuannya adalah untuk bersantai dan merilekskan pikiran, ada baiknya jika travelling tersebut kita rencanakan dengan matang agar sesuai dengan yang kita harapkan dan tidak berujung dengan kekecewaan.

Nah, ini dia hal-hal yang dapat Anda jadikan panduan saat berencana mengisi liburan dengan travelling:

  1. Cek komentar atau ulasan traveller lain saat memilih destinasi

 

Sumber: Freepik.com
Sumber: Freepik.com

Pengalaman traveller lain yang tertuang dalam sebuah ulasan atau komentar di suatu situs bisa Anda jadikan referensi untuk memilih destinasi wisata. Melalui pengalaman-pengalaman para traveller lain, sedikitnya anda akan mendapat bayangan mengenai seperti apa tempat yang akan anda kunjungi itu, sesuai atau tidaknya tempat itu dengan keinginan Anda, pakaian seperti apa yang cocok dengan suhu atau suasana di sana, dan perlengkapan tambahan apa saja yang perlu anda siapkan.

2. Pilih yang paling hemat

Sumber: Freepik.com
Sumber: Freepik.com

Liburan tidak perlu sampai membuat kantong kering. Ada banyak penawaran paket liburan hemat atau situs layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel yang bisa Anda check dan bandingkan penawaran harganya di media online. Situs-situs ini tidak hanya menawarkan harga yang lebih murah, tapi juga mencantumkan informasi seperti fasilitas hotel, promo, dll. yang pastinya Anda butuhkan.

Meski selisih harga yang ditawarkan antara satu situs dengan situs lainnya ini terbilang tipis, tapi selisih harga itu cukup penting jika Anda ingin berhemat, terutama ketika Anda ingin berhemat saat membawa serta “rombongan” keluarga atau teman-teman. Jangan lupa, teliti dan pilih layanan situs pemesanan tiket dan hotel yang terpercaya seperti Agoda, Pegipegi, Tiket.com, Traveloka, dll. Sebab, tanpa meneliti terlebih dahulu, bisa-bisa Anda malah melayangkan pundi-pundi rupiah Anda ke kantong orang yang tidak bertanggungjawab dan batal berlibur.

3. Hindari hal-hal yang mengikis waktu liburan

Sumber: Freepik.com
Sumber: Freepik.com

Berniat melakukan travelling secara serba dadakan dengan harapan segalanya berjalan mulus sesuai bayangan? Sebaiknya Anda pikirkan ulang niat tersebut. Mengacu pada pengalaman sejumlah traveller, kurangnya informasi yang mereka gali sebelum melakukan travelling, entah karena mendadak atau kurang pengalaman, membuat mereka rugi waktu dan biaya. Ini hal-hal pengikis waktu liburan yang perlu Anda ketahui (jika Anda pemula):

  • Risiko tertinggal pesawat saat transit jika menggunakan Maskapai berbeda yang jadwal keberangkatannya berdekatan.
  • Kesulitan mencari hotel yang fasilitasnya sesuai keinginan atau yang tarifnya sesuai budget begitu tiba di tempat.
  • Hotel yang diincar penuh.

Waktu liburan adalah waktu yang berharga. Sayang sekali jika waktu yang berharga itu terbuang karena Anda harus menunggu jadwal penerbangan berikutnya karena tertinggal pesawat atau berputar-putar mencari hotel yang sesuai keinginan.

4. Siapkan anggaran untuk pengeluaran tak terduga

Sumber: gadflyonthewallblog.files.wordpress.com
Sumber: gadflyonthewallblog.files.wordpress.com

Rencana liburan sebaiknya meliputi anggaran untuk pengeluaran tak terduga, sebab saat sedang berlibur ada saja pengeluaran tambahan yang perlu kita keluarkan seperti uang tip, makanan di pesawat, oleh-oleh atau snack dan minuman yang harganya lebih mahal di bandara atau di tempat wisata yang kita kunjungi, kelebihan berat bagasi, dll. Dengan menyiapkan anggaran pengeluaran tak terduga, Anda akan terhindar dari kekurangan dana saat sedang berlibur.

Demikian empat tips agar liburan Anda memuaskan dan sesuai rencana. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk kelancaran liburan Anda.

#HappyTrip, all.. 🙂

 

 

6 komentar

  1. Saya sering lupa dengan point 4. Karena saya pikir, budget yang di siapkan akan cukup. Ternyata ada hal-hal yang di luar dugaan. Seperti waktu saya liburan ke bromo, paling dari bromo mobil yang saya tumpangi menabrak pengendara motor. Mau tidak mau, kita harus bayar biaya pengobatan orang tersebut.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.