Best Western Premier La Grande – Motif Kawung Tengah Kota Bandung

Tak ada yang pernah  menyadari bahwa ornamen dinding luar  Hotel  Best Western Premier La Grande Bandung (HBWPLGB) terinspirasi motif batik kawung. Sekilas bentuknya mirip dengan kupu-kupu atau bunga berkelopak empat.

Namun melangkahlah masuk lebih jauh ke hotel paling strategis di pusat kota Bandung. Kamu akan tahu betapa konsisten ornamen batik menjadi unsur elemen interior dan eksterior.

1

Awalnya saya  tidak terlalu antusias memasuki hotel yang lobinya terletak di samping bangunan. Seharusnya pintu masuk menghadap jalan besar. Tapi sudahlah mungkin ini demi kenyaman tamu dan kemudahan akses yang ternyata ada jalan alternatif  menuju  Apartemen Best Western Premier La Grande.

Lobi hotelnya tidak terlalu besar tapi tapi tata   ruangnya  cukup efektif  dengan  dua set kursi  terpisah serta  pojok komputer dengan dua PC  keluaran Apple Inc. Tapi favorit saya meja bundar di tengah dengan dua toples cookies manis 😀 , kudapan gratis bagi tamu.

2

Kamar dan Fasilitas

Pilihan kamar standar ada tiga dengan luasan 29 sampai 35 meter persegi. Sedangkan kamar premium dengan ruang tamu atau beberapa kamar tidur ada tiga jenis yaitu: Junior Suite, Executive Suite dan Premier Suite.

Dan kali ini saya menginap di Deluxe room seluas 32 meter persegi dengan dua ranjang. Jangan tanya saya sekamar dengan siapa. Sendirian 😦 . Padahal satu tempat tidur nyaman untuk berdua dan  kekepan. 😦

DSC_0012_Fotor

Fasilitas kamar seperti  hotel bintang pada  umumnya seperti televisi layar 32 inchi , 62 channel televisi, deposit box, wifi kencang, kamar mandi lega untuk berdua. Tapi sayang tidak ada bathtub, padahal asik banget berendam air hangat sambil maenan gadget

Balik lagi ke motif kawung ternyata beberapa motif batik yang sudah ada sejak abad ke 13 ini menjadi ornamen dekorasi. Lukisan kanvas di atas ranjang dan ukiran berbingkai dekat jendela menggunakan motif kawung. Semuanya terasa pas di dalam kamar yang didominasi warna coklat kayu.

O iya, yang saya suka dari hotel ini jendela kacanya lebar dan bisa memandang ke luar dengan leluasa. Maunya sih duduk berlama-lama di sana sambil menghadap notebook dan ngeblog. Tapi maaf kali ini sedang dinas kantor , jadi tak ada waktu bersantai apalagi bengong mencari inspirasi.

penampakan kamar mandinya
penampakan kamar mandinya

Kamar mandinya dilengkapi hair dryer dan cermin pembesar. Iya cermin bulat yang gagangnya fleksibel menempel  dinding dengan penerangan  cukup. Fungsinya pasti untuk ngaca, tapi lebih detail.

Kalau buat saya kaum lelaki untuk memeriksa kerapihan jenggot dan kumis. Nah kalau untuk perempuan pasti banyak banget fusngsinya, dari memencet   komedo, memeriksa apakah foundation sudah rata, pasang bulu mata, menggaris alis  rapih sampai aktivitas ajaib lainnya.

DSC_0023_Fotor

Ruang Rapat dan Konferensi

Karena niatan stay di sini untuk meeting , jadi mau tidak mengamati tempat “nongkrong” 8 jam lebih setiap harinya. HBWPLGB memiliki beberapa ruang rapat di lantai 3 dan 4 dengan nama-nama kota di Paris .  Semua  ruang meeting  aksesnya dari lantai 3 yang melewati resto.

Ruang rapat memiliki pencahayaan yang bagus siang dan malam. Kalau siang memanfaatkan pencahayaan sinar matahari. Agar tak silau, dinding kaca dilengkapi gorden. Ketika rapat berlangsung seorang staf akan berjaga  di luar ruangan sehingga tak repot jika membutuhkan sesuatu.

motif batik kawung di ruang rapat
motif batik kawung di ruang rapat

Lagi-lagi ornamen batik menjadi elemen interior. Tak hanya motif batik, tapi stempel tembaga batik menjadi unsur dekorasi yang membuat dahi tamu berkerynit. Di sepanjang koridor penghubung resto dan area ruang rapat, tergantung tembaga ukir yang sudah dibingkai apik.

Dan sekali lagi motif kawung hadir dengan gaya kontemporer di karpet ruang rapat  dengan aksen  kembang. Grup Best Western memang bukan asal Indonesia, namun keputusan menempatkan ciri khas budaya Indonesia dalam konsep interior dan eksterior perlu diacungi jempol.

cetakan tembaga batik
stempel tembaga batik menjadi hiasan dinding

Breakfast, Lunch & Dinner

Saya jarang sekali  memotret makanan atau ruangan di acara formal kantor. Biarkanlah aktivitas ngeblog dan kerjaan menjadi dua aktivitas yang berbeda. Ada saatnya bekerja keras mencari uang dan bersesenang-senang dengan  ngeblog yang kadang juga menghasilkan uang. Tapi tetap saat tertentu keinginan mengabadikan kuliner cantik tak terbendung.

resto dengan desain minimalis moderen
resto dengan desain minimalis moderen

Saat desert cantik dan manis hadir memenuhi pinggan saya sayang jika tak diabadikan teman. Sekali jepretan dari ponsel  masih bisa dimaafkan bukan? Mungkin kamu sudah melihatnya di akun instagram saya.

Terkadang kesibukan pekerjaan tak memberikan banyak waktu untuk melenggang santai keluar hotel dan kulineran di pinggir jalan. Ini Bandung Man, banyak makanan enak pastinya, wajib dicoba :D.

DSC_0031_Fotor

Dugaan makan di tempat yang sama selama 2×24 jam akan membosankan adalah hal salah. Tidak teman, BWPLGB hotel berbintang dan pasti memiliki koki piawai. Hari  pertama kami dimanjakan dengan menu nusantara dalam jamuan formal bukan buffe. Di hari kedua makan siang ala buffe dengan pilihan menu lebih banyak dan menggoda tapi malam harinya  varian menu Thailand menutup jamuan terakhir dengan sempurna. Seolah nikmatnya Tom Yum dan ketan mangga masih tersisa di lidah jika melihat gambar di bawah.

This is you Call diet ? #lovefood @bwplagrande #lunch

A post shared by Danan Wahyu Sumirat (@dananwahyu) on

Penutup malam ini ketan mangga dan puding stroberi . #dessert #iphone #manggo @bwplagrande

A post shared by Danan Wahyu Sumirat (@dananwahyu) on

 Recharge Yourself

Sudah tahu kalau sebetulnya jiwa dan raga ini butuh di recharge setelah bekerja. Tapi tetap kalau dinas kantor, nggak sempat olahraga padahal  fasilitasnya ada.  Maunya sih ikutan Aqua Zumba di kolam renang tapi rapat selesai pukul tujuh malam. Mungkin lain kali kalau menginap di sini bakal memaksimalkan diri untuk menikmatisemua fasilitas yang ada.

ruang fitnes
ruang fitnes
kolam renang tempat aqua zumba
kolam renang tempat aqua zumba

Dan yang nggak boleh lupa spa dan pijat cantik (bukan dipijat mbak-mbak cantik) . Tapi pijat yang benar-benar untuk relaksasi dan kesehatan. Kebayang dong  seharian habis keliling belanja di Pasar Baru dan BIP lalu spa. Duh bakal bahagia  hidup ini, sudahlah hasrat  belanja terpenuhi, badan sehat dan bugar.

DSC_0044_Fotor DSC_0048_Fotor

Usai  menginap tiga hari dua malam di Hotel  Best Western Premier La Grande , saya berkesimpulan bahwa ini adalah tempat yang tepat jika anda ke Bandung untuk berlibur ceria dan belanja. Pusat perbelanjaan jaraknya hanya sepelemparan mata. Dengan beragam pilihan kuliner , dari pedagang kaki lima sampai restoran di sepanjang jalan Merdeka.

Dan rasanya tak berdosa juga, jika anda memutuskan untuk tetap tinggal di hotel agar bisa fasilitas layanan hotel berbintang dengan maksimal.

Sebelum pergi meninggalkan hotel , sekali lagi saya memandang ke langit. Melihat ornamen kawung , motif geometri yang terinspirasi dari buah kolang-kaling dan pohon aren.

Pohon  aren memiliki arti filosofi mulai dari ujung daun hingga akar bermanfaat bagi banyak orang. Begitulah seharusnya hidup manusia , bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan juga negara. Seperti pitutur jawa  ” ajining diri ana ing lathi, ajining raga ana ing busana , agama ageming diri”.

Best Western Premier La Grande
Jl. Merdeka No. 25-29 Bandung, 40117, West Java, Indonesia
Tel  : +62 4269 0555
Fax   : +62 4269 0550
Email : info@bwpremierlagrande.com
Website : http://www.bwpremierlagrande.com

 

 

 

20 pemikiran pada “Best Western Premier La Grande – Motif Kawung Tengah Kota Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s