Sang Merah Putih kukibarkan di bumi Anambas

Mimpi Tentang Anambas

Dia tidak kelihatan sedih tapi kekecewaan menaungi wajahnya . Videographer sekaligus travel blogger tampan harus menelan pil pahit, sudah berputar-putar di langit Anambas tapi gagal mendarat.

“Pesawat dua kali gagal mendarat karena angin yang tak bersahabat. Lalu pilot kembali ke Tanjung Pinang tak berani mengambil resiko pendaratan berikutnya, takut kehabisan bahan bakar.”

“Ngga naik kapal?”

“Rencananya, tapi Rabu ada undangan ke Padang.” Duh ngehits banget sih kakak ini, makin ngefans jadinya. *peluk perut ala Teletubies*.

Bermimpi Tentang Anambas

Buku-buku Tentang Anambas

De Ja Vu – Pulau Cantik Sulit Didekati

“Dua belas jam terombang-ambing di samudra Hindia. Nakoda bertutur cuaca sedang bagus dan ombak bersahabat tapi nyatanya saya terjungkal di balai-balai geladak tak mampu berdiri. Harapan saya hanya satu sampai daratan.

Masilok memang pulau yang elok . Daratan tak berpenghuni ini bagaikan surga, maaf surga dunia *takut diprotes*. Surga memang tempat indah di akhirat dan konon belum ada manusia hidup kesana. Tapi bagi saya surga bukan hanya tempat indah , tapi tempat yang membuat kita makin yakin akan kebesaran Tuhan.

Tahun 2012 CNN.com merilis artikel Pulau Bawah di kabupaten Anambas merupakan pulau terindah di Asia mengalahkan pulau tropis lainnya , seperti Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam) dan Similand (Thailand).

Sebelum hopping island ke Pulau Bawah pelancong singgah dulu di Tarempa, ibu kota kabupaten Anambas. Ada dua cara sampai ke Tarempa, jalur pertama dengan pesawat ke bandara Matak lalu melanjutkan pelayaran dua jam. Kedua dengan kapal dari pelabuhan Sri Bintan Pura , Tanjung Pinang , Kepulauan Riau.

“Numpang saja pesawat terbang Conoco Philips dari bandara Halim Perdanakusuma. Gampang kok temen aku bisa”, ujar rekan blogger paling tahu sedunia . Tapi nyatanya tak semudah itu. Jangankan tumpangan gratis, pesawat komersil pun harus berebut tempat duduk dengan pegawai pemerintah. Jadi pilihan bagi saya kapal laut dengan pelayaran 12-18 jam.

Pulau Bawah - Anambas (sumber: http://blog.deepbluescuba.sg)
Pulau Bawah – Anambas (sumber: http://blog.deepbluescuba.sg)

Keindahan Laguna Pulau Bawah memang menghipnotis banyak orang . Saat pasang terlihat pulau besar dengan laguna biru kehijuan. Namun saat surut gugusan pulau terlihat berpencar dengan ornamen gundukan pasir putih memanjang. Gugusan Pulau Bawah terdiri atas beberapa pulau yaitu : Bawah , Sanggah, Murbah, Lidi dan Elang.

Pulau Bawah bukanlah satu-satunya daya tarik Anambas. Pulau berparas elok lainnya siap dijelajah jika bertandang ke kabupatan paling utara Kepri. Namun butuh perjuangan sampai ke pulau yang kadang tak memiliki dermaga. Hanya dua jam pelayaran dari Tarempa dengan ombak menggoda iman dan keyakinan. Yakin kita akan sampai di sana?

Angan saya membumbung , selain cantik pastilah pulau-pulau itu punya rahasia tak terujar. Teringat perjalanan beberapa tahun lalu ke Mentawai. Siapa sangka salah satu pulau cantik di sana memiliki air terjun. Di desa Ulu Maras Kecamatan Jemaja Timur, Anambas terdapat air terjun berundak Temburun.

Air Terjun Temburun (sumber: http://awalinfo.blogspot.com)
Air Terjun Temburun (sumber: http://awalinfo.blogspot.com)

Air meluncur melalui batu berundah dari ketinggian 250 meter Pulau Siantan , berakhir di Selat Peniting. Pelancong bisa menyusuri dari hulu dan hilirnya, tentu saja sebuah perjalanan menantang.

peta kabupaten Anambas
peta kabupaten Anambas

Barusan seorang teman asal Tanjung Pinang berkisah bahwa sekarang tidak ada lagi pesawat komersil Tanjung Pinang-Matak. Hanya frekuensi kapal dari dua menjadi tiga kali seminggu. Sebuah ironi. Ketika semua orang terkagum dengan Anambas dan pemerintah mempromosikan habis-habisan melalui film (konon akan diproduksi film dengan lokasi pengambilan gambar di Anambas). Tapi biarlah mungkin ini takdir Tuhan untuk melindungi keindahannya.

Tanjung Pinang, 17 Agustus 2015
Terduduk di salah satu sudut pelabuhan Sri Bintan Pura menanti kapal Seven Star menuju Tarempa.

Tahun ini tak merayakan hari ulang tahun Ibu Pertiwi dengan upacara di lapangan terbuka. Namun dengan pelayaran mengarungi samudra 12 jam sebelum nanti sore dilanjutkan hopping island menuju Durai dan Pulau Bawah.

Jika takdir berjodoh mempertemukan saya dengan keindahan Anambas. Impian ini menjadi nyata, pastikan saya untuk berkisah. Karena sesungguhnya perjalanan bukan untuk mengejar keindahan dan mewujudkan ego pejalan.

Ini tentang iman. Keyakinan Tuhan selalu menuntun musafir ke jalan yang benar.

Sang Merah Putih kukibarkan di bumi Anambas
Sang Merah Putih kukibarkan di bumi Anambas
Pulau Tenggiling Anambas - Meski tak sepopuler Pulau Bawah , pulau di Anambas selalu indah
Pulau Tenggiling Anambas – Meski tak sepopuler Pulau Bawah , pulau di Anambas selalu indah
Air Terjun Temburun , Tarempa
Air Terjun Temburun , Tarempa
Pose nista tapi ngga saru
Pose nista tapi ngga saru

Inilah impian kami para pengkisah perjalanan yang teracuni mimpi tentang Indonesia.
1| Indri Juwono – Anambas, Mimpi Indonesiaku
2| Parahita Satiti – Dream Indonesia: Kembali ke Pulau Lombok
3| Rudi Hartoyo – Jelajahi Indonesia, Akankah Ku Lakukan?
4| Sabrina Koeswologito – Give Back for Indonesia
5| Rembulan Indira – Mimpi Indonesia Desa Adat Wae Rebo
6| Rico Sinaga – Ingin ke Misool
7| Edy Masrur – Berbagi Ilmu dan Menimba Kearifan di Wae Rebo
8| Fahmi Anhar – Destinasi Impian Nusantara 
9| Ari Okta Friyanto – Banda Aceh, Impian Dalam Mimpi
10| Hartadi Putro – Banda Neira, Ku Akan Datang
11| Firsta Yunida – A Story from Banda Neira
12| Putri Normalita – Kepulauan Anambas, Surga Tropis di Ujung Negeri
13| Danan Wahyu Sumirat – Mimpi Tentang Anambas
14| Tracy Chong – Papua: A Dream Destination Where I Meet This Inspiring Lady
15| Olive Bendon – Gemu Fa Mi Re untuk Negeriku
16| Leonard Anthony – Di Timur Menyongsong
17| Albert Ghana – Jelajah Laut Negeri Menjaga Titik Luar Indonesia
18| Wira Nurmansyah – 5 Destinasi ‘Impian’ di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi
19| Citra Rahman – Aceh: Destinasi Impian Orang-Orang
20| Atrasina Adlina – Merawat Pagar Nusantara di Perbatasan 
21| Eka Situmorang Sir – Pantai Impian
22| Indah Purnama – Indonesia Bikin Rindu
23| Karnadi Lim – Kaldera Toba for UNESCO
24| Liza Fathia – Berkisah tentang Sabang di Hari Kemerdekaan
25| Matius Nugroho – 5 Destinasi Impian Indonesia 
26| Titiw Akmar – Pancaran Nasionalisme dalam Taman Nasional Indonesia
27| Ridwan SK – Tobelo Destined To Be Love
28| Dea Sihotang – Tanah Papua, Kamulah My Drea30|m Indonesia
29| Imama Insani – Kapan ke Kakaban?
30| Astin Soekanto – Inginku Boven Digul : Belajar dari Bung Hatta
31| Vika Octavia – Tidak mau mati sebelum..

80 pemikiran pada “Mimpi Tentang Anambas

  1. ih pass banget, hari senin kemarin aku baru baca lliputan tentang Anambas, iyah kapal yg ke sana dari Tj, Pinang cuma 3x seminggu, potensi wisatanya padahal besar banget, jadi inget waktu itu lihat foto-fotonya di Instagramnya kak DIna

    Suka

  2. Pe ernya memang transportasi ya. Eh tapi kalau nggak salah pelni kan mau buka tur ke anambas, pake kapal? Cukup menarik sih paketnya, cuma sampe sekarang kok nggak terlalu terdengar gaungnya, apalagi travel agent yang jualan paket perjalanan kesini.

    Suka

    1. Aku udah tanya kak cuma kata pelni ngga jadi , kalau mau info lebih jelas pantai d medos. Jawaban cs via email ngga jelas. Lagian kalau kapal pelni sepertinya ngga bisa hopping ke pulau kecil. Karena beberapa spot memang dangkal banget.

      Suka

  3. Kalau baca di haluan kepri si oktober 2015 ini pesawat transnusa batam-matak udah mulai operasi tu mas,,tapi paling biayanya 1 jutaan sekali jalan sperti pesawat komersil yg udah2. Kalau mau coba yg gratisan dari halim numpang pesawat perusahaan ke matak,tapi harus siap berjuang jam 3 pagi udah standby di bandara+pasang muka ke dispatcher nya wakaka. Dua tahun tinggal di sana ternyata ga sempet saya mengeksplorasi semua pulau. Ada juga yg kece abis dan terngiang2 di otak,pulau Penjalin namanya,yahud banget buat snorkling+diving itu mas.

    Suka

    1. hahahah alhamdulilah dah ada pesawat, kmrn aku agsutus belum ada jadi naik boar harga tiket 430 ribu…
      katanya kalo conoco philips ya gitu hoki2an…

      aku udah ke penjalin, bener2 paradise , tapi sayang ngga sampe pulau bawah… salah musim kmrn ombak mau ke bawah udah 3 meter ajah

      Suka

      1. Belum tau tapi tu pesawat komersil jadi landing apa ngga di sana. Wong di sana aja jg masi kena kabut asep dari riau sampe sekarang hehehe. Iyaa,klo mau musim yg benar2 tenang itu bulan 3-6 awal,,bulan 7 itu dah musim angin selatan,kadang tenang,kadang kenceng (tiap kali mudik lebaran 2 taun pake feri ke pinang ampun kena angin kenceng terus). Trus bulan 12-1 itu puncaknya musim angin utara,yg angin+gelombangnya yassalaam. Transport mau keluar/masuk anambas aja susahnya minta ampun di bulan itu. Yaa,selamat merasakan gelombang laut cina selatan ya mas haha. Mau nebeng pesawat perusahaan (conoco,star,premier) itu gampang2 susyee,paling susye klo saingannya mahasiswa anambas,pasti mereka yg diduluin. Sayangnya emang anambas blm terkenal macam pulau2 di indonesia timur,kurang diiklankan+transport ke sana susah+mehong. Padahal pulau2 kecil nya aja yg kaya pulau semut,lango,atau pulau ayam di jemaja itu juga bagus banget loh.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s