Batu Mandi – Tempat Ngeceng Burung Camar

Batu Mandi Spot Snorkeling di Teluk Lampung
Batu Mandi Spot Snorkeling di Teluk Lampung

Lihatlah sebuah titik di jauh di Teluk Lampung…

Makin lama makin jelas bentuk rupanaya…

Itulah batu mandi tempat burung mandi…

Mari  sambangi nikmati keindahannya…

Sekian kalinya menyambangi Teluk Lampung dan ga pernah merasa bosan. Apalagi dengan spot snorkeling yang Batu Mandi. Terakhir kali ke sini sekitar  dua tahun lalu dan terumbu karangnya juara banget. Gugusan karang  hampir membentuk daratan tapi ga jadi, cuma ada tonjolan bebatuan tempat burung numpang ngeceng dan mandi.  Ada pulau gosong alias gundukan pasir di sisi lain.

pelabuhan Ketapang , Kabupaten Pesawaran
pelabuhan Ketapang , Kabupaten Pesawaran

Perjalanan dimulai dari pelabuhan Ketapang  kabupaten Pesawaran Lampung, kira-kira 1 jam perjalanan dari Bandar Lampung dengan kendaraan bermotor. Meski tak banyak berubah kampung nelayan di sini  menjadi lebih sadar wisata. Dahulu tidak banyak tempat penyewaan pelampung dan alat snorkeling.

Mobil berplat B mendominasi tanah kosong tepi  pantai. Karena lokasinya relatif dekat dari Jakarta , Lampung menjadi destinasi alternatif warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan.

Tak Banyak kapal di long weekend
Tak Banyak kapal di long weekend

Jelang long weekend seperti  sekarang ini hampir tak ada kapal sandar di pelabuhan.

“Wah Mas kalau liburan panjang kaya sekarang, kapal habis.” Petugas parkir menjelaskan. Hampir saja rencana hopping cantik hari ini gagal. Beruntung ada kapal pengangkut air ke bagan  tersisa. Meski sewanya sedikit mahal tapi lebih besar dan nyaman.

nakoda menurunkan sauh berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang
nakoda menurunkan sauh berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang

Dengan gagahnya kapal menembus lautan. Sambil memicingkan mata melihat kapal-kapal kecil lalu lalang, serasa bajak laut penguasa samudra. Tapi penguasa laut ini terlalu tambun untuk bermanufer di Batu Mandi, berkali-kali nakoda menurunkan lalu kembali menaikan sauh, meragu dengan keputusannya.

kedatangan disambut ikan buntal
kedatangan disambut ikan buntal

Byurrr. Sebuah lompatan menghempaskan jiwa dan raga ke dalam lautan. Teriknya matahari dan air garam menimbulkan rasa perih di kulit tapi tidak seperih dikhianati mantan. *curhat*

“Buang aja kakak kenangan mantan di laut.”

“Kenangan dan mantan sudah lama aku campakan di laut.”

“Ooo mantannya cewek matre.”

Abaikan percakapan nggak penting di atas, balik menyelami hatinya… Eh dunia bawah laut.

Seekor ikan buntal menyambut kehadiran saya di dunia bawah laut. Melenggak-lenggok lamban kaya males renang. Kasihan tuh ikan, perutnya besar siripnya kecil banget. Setidaknya gua harus bersyukur walaupun perut besar , itunya juga besar jadi bisa lincah renang kesana dan kemari.

“Itunya apa kak? “

“Fin alias kaki katak  :D”

Visibility sedang tidak bagus kapten tapi saya bisa melihat  terumbu karang rusak, bekas terinjak-injak. Kenapa sih kamu sudah pakai fin nggak fokus renang , malah pecicilan berdiri di karang. Kalau lelah gunakan pelampung untuk mengapung jangan karang dijadikan pijakan.

anemon tanpa clownfish
anemon tanpa clownfish

Jadi tidak heran kalau clownfish di bawah sana meninggalkan anemon, mereka terusik dengan kaki-kaki yang memporak porandakan rumah mereka. Snorkeling itu  hanya mengintip dari atas, bukan berjalan-jalan di atas air, apalagi ngesot.

bulu babi
mata bulu babi melotot mengawasi

“Kita maen-maen yuk ke batu itu, foto-foto di sana”

“Yuk!”

“Aw! Jalan ke sana banyak bulu babi.”

Mungkin ini cara alam melindungi diri, agar tidak banyak orang mengusik ketenangan burung camar dipasang ranjau alam. Bagai satpam di mall, mata bulu babi melotot memperhatikan siapapun melewati batas. Kalau nekat langsung ditusuk. Saya memilih mengurungkan niat daripada di pipisin rame-rame. Karena konon cara untuk menetralisir racun bulu babi disiram air seni.

pengunjung lain di Batu Mandi
pengunjung lain di Batu Mandi

Tuhan itu Maha Adil dan Penyayang. Tetiba rombongan cewek-cewek datang snorkeling di dekat kapal kita. Duh masih pada takut-takut, mereka snorkeling sambil saling gandengan tangan bikin lingkaran besar terus lingkaran kecil.

modus  di Batu Mandi
modus di Batu Mandi

“Hai… lagi pada maen apa?”

Cewek-cewek diem cuek.

“Main polisi-polisian ya?”

Tetep cuek

“Aku mau donk jadi malingnya di tengah.”

Tak ada jawaban

Menghilang sejenak masuk ke air. “Tada!”. Muncul dan sudah berada di lingkaran.

Cewek-cewek bubar naik kapal terus cabut.

Terumbu karang
Terumbu karang

Dunia tak seluas daun kelor teman, jangan galau ditolak cewek-cewek tadi. Buktikan bahwa dirimu kuat mengarungi lautan dan hati wanita. Mari kita kelilingi gugusan karang ini.

Man, ternyata gugusan ini ga seluas daun kelor, sudah berjam-jam berenang kok ga sampai-sampai.

pesona dunia bawah laut Batu Mandi
pesona dunia bawah laut Batu Mandi

“Suwit… suwit….” Melambai ke arah nakoda nun jauh di sana. Maksud hati agar kapal mendekat. Sauh diangkat dan kapal berputar menjauhi Batu Mandi.

“Waa… kita ditinggal” Panik melambai-lambai kembali. Sang nakoda tersenyum  sambil melirik dari buritan. Sumpah bikin gondok.

Berlahan kapal berputar kembali mendekati kami. Ah leganya…

21 pemikiran pada “Batu Mandi – Tempat Ngeceng Burung Camar

  1. Baca postingan ini malah ngakakkk, nggak konsen ma keindahan alamnya tapi malah fokus ma curcol sangat sangat terselubung mu bro 😀

    Suka

      1. Udehhh, kalo kesepian ntar nyebrang ke pulau sebelah buat cari yg baru. Tp jgn salah masuk geylang ya hahaha

        Suka

      2. Serius ada 300?? Woww banget kalo sejumlah itu asal blom dibeli konglomerat dari negeri singa hehe… Yukk kpn yukkk aku melu 😀

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.