Why We Love Padangnesse Food

Kenapa Kita Suka Makanan Padang?
Kenapa Kita Suka Makanan Padang?

Ketika kecil saya selalu excited ketika diajak makan rumah makan Padang. Bagi anak umur lima tahun restoran Padang bukan tempat  menuntaskan rasa lapar tapi  menyaksikan atraksi luar biasa. Melihat hebatnya pelayan membawa belasan piring dengan dua tangan. Wow sulap!

Meski  kedua orang tua saya berdarah Jawa masakan pedas bersantan  bukanlah hal tabu . Mereka mengenalkan ragam jenis kuliner kepada anak-anaknya. Katanya agar lidah gampang beradaptasi jadi kalau besok kuliah – merantau – tidak sulit.

Ternyata kegemaran mengulik kuliner berlanjut hingga sekarang dan uniknya ketika menyambangi kota di nusantara selalu menemukan rumah makan Padang. Meskiterkadang cita rasanya disesuaikan dengan selera lokal namun masakan Minang tidak kehilangan identitasnya. Kira-kira apa sih membuat masakan ini begitu digemari masyarakat Indonesia.

Kalau ini Ratu makan
ratu kuliner sedang makan

Served  Like King
Memasuki rumah makan Padang kita akan dijamu layaknya raja. Beragam jenis masakan terhampar di meja makan, terkadang harus bertumpuk-tumpuk karena tidak muat. Di beberapa rumah makan Minang moderen, juice dan puding turut hadir menyemarakan  sajian. Dengan sigap pelayan akan memenuhi keinginan konsumen. Memang tidak ada yang gratis untuk semua ini  tapi mereka tahu bagaimana memuaskan  pelanggan. Ternyata istilah pembeli  adalah Raja, memang benar.

rempah rempah membuat masakan padang kaya rasa
rempah membuat masakan padang kaya rasa

Rich Flavor
Kelezatan masakan Padang sudah tidak diragukan lagi, buktinya rendang diakui  sebagai salah satu kuliner  lezat dunia. Coba cecap sesendok kuah kalio, apa yang kamu rasakan. Pendar rasa gurih, manis, asin, pedas hingga asam menjadi satu. Terkadang ada rasa yang tidak terdefiniskan oleh lidah. Ssst itu rasa nusantara, iya rasa yang hanya ada di Indonesia . Rasa yang berasal dari kekayaan rempah Indonesia , ada kapulaga, cengkeh, adas, kayu manis, jinten , jahe dan lainnya.

warna merah cabai menambah nafsu makan
warna cerah ayam balado bersambal merah

Colorfull
Daya tarik kuliner tidak hanya dari rasa tapi juga visual dan orang Minang sangat tahu itu. Jadi jangan heran jika melihat masakan Padang  berwarna cerah menggoda. Warna merah cerah biasanya memiliki cita rasa pedas, berasal dari cabai dipotong kasar atau dihaluskan. Lihat betapa  lezat menggoda indra pengelihatan, sepiring ayam balado bersambal merah.

Warna kuning kuah kari berasal dari kunyit, merupakan rempah asli Indonesia. Ada juga ketumbar dan kemiri yang menghasilkan warna kuning terang pada masakan.

Beberapa masakan menyertakan potongan  peterseli  berwarna hijau pada sentuhan akhir untuk memperkaya rasa dan aroma. Tapi perhatikan baik-baik dengan peterseli cincang bukankah tampilannya menjadi lebih keren dan terlihat lezat.

Large Portion
Makan siang favorit saya ketika kuliah adalah nasi bungkus Padang. Pasti sudah tahu alasannya, porsinya besar dan lezat. Dulu ada warung  nasi Padang di belakang kampus , menjadi langganan saya dan teman-teman. Sangking besarnya porsi satu bungkus bias dimakan berdua, jadi dapat berhemat. Kalau lauknya kurang bias membeli lauk tambahan seperti  tahu atau tempe goreng.

kalau ini bukan atraksi membawa piring tapi narsis
kalau ini bukan atraksi membawa piring tapi narsis

Atraction Plus
Hingga kini saya masih kagum akan  atraksi mengangkat piring para pelayan rumah makan Padang. Seandainya saya piawai melakukannya , pasti ketika menghadiri pesta tidak harus mondar-mandir ke meja makan dan tempat duduk. Dan  langsung dapat julukan kapal keruk. 😀

Idealnya menikmati makanan Padang di rumah makan dengan interior khas  Sumtra Barat , sambil mendengarkan alunan suara saluang dan melihat Uni yang cantik-cantik. *Modus*. Tapi bagaimana kalau lagi kejar deadline. Boss berkali-kali menelepon menanyakan pekerjaan yang belum selesai,  sedangkan perut meronta minta diisi. Mau keluar makan aku tidak paham jalan di Jakarta.  *Nasib orang daerah dines di Jakarta*.  Daripada nyasar mending diem aja deh. Hiks aku lapar kakak.

“Jangan khawatir Adek.” Suara maya menggema.

“Aku punya solusi buat kamu. Tring!!!” Dari Ipad muncul Panda.

pandafood - jasa layanan pesan makanan via online
foodpanda – aplikasi pesan makanan online

Foodpanda maksudnya , aplikasi  jasa layanan  antar makanan online. Di sini kamu bias memesan makanan  di 300 restaurant di  Indonesia. Termasuk rumah makan Padang favorite kamu , Restoran Sederhana. Selain aplikasi iOS dan android, layanan food delivery online ini bisa langsung kamu akses melalui internet di www.foodpanda.co.id.

Oke sambil nunggu makanan aku kembali kerja dulu ya kak.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

28 pemikiran pada “Why We Love Padangnesse Food

  1. Aku pernah dapat vouchernya food panda banyak banget, akhirnya berakhir di tempat sampah karena rempong pakai minimal berapa puluh ribu gitu. Akhirnya kepalaku mengasosiasikan food panda dengan rempong dan gak niat ngasih voucher. *curhat*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s