Sisi Lain Pacu Kude – Si Putih Resah

Si Putih Resah Gelisah
Si Putih Resah Gelisah

Si putih kuda peranakan Arab berlari resah kakinya berjinjit tinggi sambil menggoyangkan ekornya. Padahal hari ini harus bertanding di arena pacuan. Serati – pengurus kuda – melatih di lapangan parkir belakang stadion Lapangan Haji Muhammad Hasan Gayo. Tali kekang menjuntai mengontrol laju si Putih, namun arahnya tak menentu. 

Ringkikian kesakitan terdengar jelas tapi seolah tak terlihat oleh figur gagahnya. Tungkai belakang hewan perkasa ini terluka parah akibat terantuk di kapal  ketika menyebrang ke Sumatra.  Ya,  hewan ini sengaja didatangkan dari pulau Jawa untuk acara Pacu Kuda di Aceh Tengah, ujar pemiliknya.

Jangan heran , jika menyaksikan jika lebih banyak kuda peranakan Arab dan Australia  berlaga di Pacu Kuda tradisional Gayo. Kuda Takengon berbadan bulat dengan kaki pendek tidak terlihat di ajang ini. Melihat kuda-kuda import berlari cepat dengan kaki jenjang tentu sangat mengasikan. Tapi rasanya ada yang hilang, melihat tradisi unik tergerus moderdnisasi kapitalisme. Pelaku dan pecinta Pacu Kuda menomorsatukan kemenangan dibandingkan mempertahankan esensi sebuah tradisi.

Sebetulnya akan unik dan lucu ketika kuda-kuda pendek asli Takengon ditunggangi joki-joki cilik . Pasti lebih aman, jika sang joki terjatuh karena tidak terlalu tinggi. Bukan rahasia lagi, kalau bangsa kita lebih suka segala sesuatu yang berbau luar negeri. Bahkan untuk sebuah acara tradisonal skala lokal harus menggunakan kuda impor.

Si Putih bukanlah satu-satunya, kuda pacu yang dibawa dari luar kota. Banyak kuda lain sengaja  didatangkan untuk ajang ini. Setelah melewati perjalanan panjang, terkadang mereka harus bertanding tanpa istirahat cukup memenuhi ambisi pemiliknya.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

4 pemikiran pada “Sisi Lain Pacu Kude – Si Putih Resah

  1. Iya bangsa ini emang suka produk impor termasuk lelaki impor, lho aku dong?

    Kasihan banget kud-kuda ini, apa nggak stress berat ya perjalanan panjang gitu. Saya sendiri kalau bisa nggak Nonton pertunjukkan yang melibatkan hewan nggak mau Norton.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.